Tugas Modul 2 Kegiatan Belajar 1.1 Analisis Vidio Kompetensi Guru

Tugas Modul 2 Kegiatan Belajar 1.1 Analisis Vidio Kompetensi Guru
Nama : I Made Sartawan
Prodi : Bahasa Bali
Unit : SMK Teknologi Wira Bhakti Denpasar

Setelah saya menonton vidio Kompetensi Guru dapat saya analisis guru harus berani melakukan perubahan dalam melaksanakan pembelajaran kepada peserta didik dimana era abad 21 ini guru diwajibkan menguasai atau memanfaatkan media teknologi dan media informasi. Terbukti dalam vidio tersebut bagaimana aktivitas siswa dari bangun pagi sudah bisa melihat jadwal pelajaran dengan menggunakan tablet dan orang tua pun bisa memantau dan menemani anaknya sarapan sambil melihat apa yang akan dipelajari. begitu pula dalam proses pembelajaran disekolah guru menggunakan media teknologi dalam mempresentasikan materi, sehingga peserta didik lebih besar antusiasnya untuk memperhatikan apa yang di sampikan oleh guru. Dalam proses pembelajaran seperti ini peserta didik lebih aktif dan inovatif dalam setiap pemecahan masalah yang diberikan oleh guru, baik secara kelompok maupun secara individu. Guru juga didalam mengajar tidak mesti didalam kelas sekali - kali ajak peserta didiknya untuk belajar diuar seperti ke kebun raya disana peserta didik selain dapat refresing juga bisa praktek langsung. (yening orang Bali nikang : "melali sambil melajah").

Sehingga dapak terhadap kompetensi pedagogi guru abad 21 adalah : (a) Guru akan termotifasi untuk menguasai teknologi dan selau berinovatif, (b) Guru bisa menguasai karakteristik peserta didik dari aspek fisik, moral, sosial, kultur, emosional, dan intelektual, (c) Guru menguasai teori belajar dan prinsip-prinsip pembelajaran yang mendidik, (d) Guru mengembangkan kurikulum yang terkait dengan dengan mata pelajaran/bidang pengembangan yang diampu, (e) Guru menyelenggarakan pembelajaran yang mendidik, (f) guru memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi untuk kepentingan pembelajaran, (g) Guru memfasilitasi pengembangan potensi peserta didik untuk mengaktualisasi berbagai potensi yang dimiliki, (h) Guru berkomunikasi seara efektif, empatik, dan santun dengan peserta didik, (i) Guru menyelenggaraka penilaian dan evaluasi proses dan hasil belajar, (j) guru memanfaatkan hasil penilaian dan evaluasi untuk kepentingan pembelajaran, (k) guru melakukan tindakan refleksi untuk peningkatan kualitas pembelajaran

Related Posts

There is no other posts in this category.

Posting Komentar

Subscribe Our Newsletter