Dampak Penggunaan Gadget Bagi Anak

Dampak Penggunaan Gadget Bagi Anak

Gadget adalah sebuah istilah dalam bahasa Inggris yang berarti perangkat elektronik kecil yang memiliki fungsi khusus. Dalam bahasa Indonesia, gadget disebut sebagai “acang”. Salah satu hal yang membedakan gadget dengan perangkat elektronik lainnya adalah unsur “kebaruan”. Artinya, dari hari ke hari gadget selalu muncul dengan menyajikan teknologi terbaru yang membuat hidup manusia menjadi lebih praktis. Barang-barang yang termasuk gadget misalnya tablet, smartphone, netbook, dan sebagainya. Meski gadget bukan interaksi sosial tapi fitur menarik yang ditawarkan seringkali membuat anak-anak cepat akrab dengannya. Tak jarang, gadget dianggap sebagai momok bagi anak.
            Dengan adanya gadget, dapat memberikan dampak-dampak positif terhadap anak-anak. Dengan menggunakan gadget yang berteknologi canggih, anak-anak dapat dengan mudah dan cepat untuk mendapatkan informasi mengenai tugas mereka disekolah. Gadget juga dapat memperluas jaringan persahabatan anak karena dapat dengan mudah dan cepat bergabung ke sosial media. Selain itu, gadget merupakan salah satu alat yang memiliki tekonologi yang canggih. Jadi semua orang dapat dengan mudah berkomunikasi dengan orang lain dari seluruh penjuru dunia.
            Walau memberi begitu banyak keuntungan bagi pemakainya, jika tidak bijak dalam menggunakannya, gadget bisa memberi dampak negatif.Teknologi memang memudahkan kita. Tapi jangan biarkan teknologi membuat kita menjadi malas. Pengenalan teknologi yang terlalu dini bisa menyebabkan anak menjadi pribadi yang pemalas. Mereka akan lebih banyak menghabiskan waktu di sofa bermain video games. Ini akan membuat anak kehilangan kontak dengan teman mereka yang nantinya akan berpengaruh di kehidupannya. Selain itu, Banyak jenis video games yang menunjukkan adegan kekerasan, sehingga anak bisa belajar meniru dan mempraktekannya di kehidupan sehari-hari.
Untuk mengatasi hal tersebut, kita sebagai manusia yang berpendidikan, harus bisa memanfaatkan gadget dengan sebaik-baiknya. Gadget hanyalah suatu alat yang memudahkan kita dalam melakukan sesuatu. Kita harus bisa memilah-milah mana kebutuhan yang paling penting bagi kita. Kita juga harus menilai suatu hal berdasarkan fungsinya. Kita sebagai manusia harus tahu bagaimana menyikapi perkembangan gadget yang ada. Sehingga dampak positif dari gadget tersebut akan lebih menonjol daripada dampak negatifnya. Gadget memang bisa memudahkan hidup kita, namun kita perlu membatasi waktu penggunaannya sehingga tidak mengganggu waktu berharga bersama keluarga dan sahabat. Selain itu, akseslah situs-situs yang memang bermanfaat dan membuat kita semakin cerdas.





Related Posts

There is no other posts in this category.

Posting Komentar

Subscribe Our Newsletter