Full Day School


Belakangan ini media sosial dan berita berita di dalam negeri, banyak yang mengulas mengenai full day school. Muhadjir Effendy selaku Mendikbud baru menggagas sistem full day school ini untuk diterapkan pada jenjang SD dan SMP. Secara umum full day school adalah program sekolah yang menyelenggarakan proses belajar mengajar seharian penuh. Umunya proses belajar mengajar di tiap sekolah akan diadakan dimulai dari pukul 07.00 sampai 17.00.
            Pemerintah yang mengagas sistem full day school menjelaskan bahwa, meskipun disebut sebagai full day school, murid murid tidak akan belajar selama seharian penuh di sekolah, akan tetapi, setelah kegiatan belajar mengajar usai, para murid akan diberikan kegiatan ekstra kurikuler seperti olahraga kegemaran, penanaman nilai nilai kearifan local, mencintai sastra dan budaya, dll. Dengan demikian, kemungkinan siswa ikut arus pergaulan negatif akan sangat kecil karena berada di bawah pengawasan sekolah. Misalnya, penyalahgunaan narkoba, tawuran, pergaulan bebas, dan sebagainya. Pertimbangan lainnya adalah faktor hubungan antara orangtua dan anak. Biasanya siswa sudah bisa pulang pukul 13:00 sedangkan di daerah perkotaan, umumnya para orangtua bekerja hingga pukul 5 sore.  Maka, antara jam 1 sampai jam 5 kita tidak akan tahu siapa yang akan bertanggung jawab pada anak, karena sekolah juga sudah melepas, sementara keluarga belum ada. Jika, siswa tetap berada di sekolah, mereka bisa  menyelesaikan tugas sekolah sampai orang tuanya menjemput sepulang kerja. Setelahnya, siswa bisa pulang bersama orangtua, dan selanjutnya aman di bawah pengawasan orangtua. Menyinggung pentingnya peran orang tua dalam program ini maka, apabila program ini diterapkan, Hari Sabtu akan menjadi hari libur untuk keluarga sehingga ikatan emosional dengan orang tua tetap terjaga dengan baik.

            Jadi, program full day school adalah program yang bersifat membangun Negara yang memiliki banyak manfaat dan keunggulan baik bagi siswa maupun bagi orang tua. Oleh karena itu, marilah kita mendukung program ini agar kedepannya program ini dapat terlaksana dengan baik.


Related Posts

There is no other posts in this category.

Posting Komentar

Subscribe Our Newsletter