Cara Membuat Donat (Torus) Yang Berputar Menggunakan OpenGL

Cara Membuat Donat (Torus) Yang Berputar Menggunakan OpenGL

Cara Membuat Donat (Torus) Yang Berputar Menggunakan OpenGL

Bismillah. . . 

Assalamu'alaikum Wr. Wb.

Halo, Sobat Edukasit. 
Apa kabar hari ini? Semoga selalu diberikan kebahagiaan dalam hidup Anda.

Kalau makan kue donat, pasti sudah pernah, kan? Tapi kalau buat desain donat di komputer, sudah pernah belum ? Wah pasti menarik bukan?
Baiklah berikut ini saya akan membagikan source code untuk membuat torus donat menggunakan openGL pada Ms. Visual Studio.

Source Code Pada Microsoft Visual Studio

Berikut ini adalah koding program membuat donat (torus) yang berputar menggunakan OpenGL
 
#include "stdafx.h"
#include <stdlib.h>
#include <gl/glut.h>
#include <math.h>

GLfloat xRotated, yRotated, zRotated;
GLdouble innerRaidus=0.5;
GLdouble outterRaidus=1;
GLint sides =100;
GLint rings =30;
int i=0;
int a=0;
float j=0;
float k=0;
bool ket = true;

void display(void)
{

    glMatrixMode(GL_MODELVIEW);
    glClear(GL_COLOR_BUFFER_BIT);
    glLoadIdentity();
    glTranslatef(0.0,0.0,-4.5);
    glColor3f(0.4, 0.6, 0.8);
    glRotatef(xRotated,1.0,0.0,0.0);
    glRotatef(yRotated,0.0,1.0,0.0);
    glRotatef(zRotated,0.0,0.0,1.0);
    glScalef(1.0,1.0,1.0);

    glutSolidTorus(innerRaidus,outterRaidus,sides,rings);
    glFlush();   
}

void reshape(int x, int y)
{
    if (y == 0 || x == 0) return;
    glMatrixMode(GL_PROJECTION); 
    glLoadIdentity();
    glViewport(0,0,x,y);
}

void idleTorus(){
     glPushMatrix();
        glRotated(i, 8, 1, 0);

        display();
      
      i = i + 0.1;
    a = a + 0.1;
     yRotated += 0.08;
}


void rotate(){
glPushMatrix();
    glRotated(90,1,0,0);
    //glTranslated(k,0,0);
    display();
    glPopMatrix();
}


int main (int argc, char **argv)
{
    glutInit(&argc, argv);
    glutInitDisplayMode(GLUT_SINGLE | GLUT_RGB | GLUT_DEPTH); 
    glutInitWindowSize(400,350);
    glutCreateWindow("DONAT BERPUTAR");
    glPolygonMode(GL_FRONT_AND_BACK,GL_LINE);
    xRotated = yRotated = zRotated = 10.0;
    xRotated=33;
    yRotated=40;
    glClearColor(0.0,0.0,0.0,0.0);

    glutDisplayFunc(display);
    glutReshapeFunc(reshape);
    glutIdleFunc(idleTorus);

    glutMainLoop();
    return 0;
}



Terimakasih sudah berkunjung di blog ini. Semoga artikel ini bermanfaat untuk Anda.
Jangan ragu untuk berkunjung ke artikel lain di blig ini ya Sobat. Salam Sukses Luar Biasa untuk kita semua.

Wassalamu'alaikum Wr. Wb.



Related Posts

Posting Komentar

Subscribe Our Newsletter