Meningkatkan Nafsu Makan Anak Dengan Resep Masakan Ini

Hai sobat Hallosehat, kali ini kita membahas soal masakan. Wah kalau kita membahas soal ini, pikiran kita jadi ikut lapar juga ya, hehehe. Oke pada kesempatan ini, penulis ingin menyampaikan sebuah trik bagus, yang patut dicoba terutama bagi ibu-ibu yang merasa susah memberikan makanan anak. 

Cara Membuat Resep Masakan Pembuka Selera Makan Bagi Anak.

Meningkatkan Nafsu Makan Anak Dengan Resep Masakan Ini
Foto oleh cottonbro dari Pexels

Ada trik yang disampaikan, bukan sebuah resep masakan khusus tapi sekedar bagaimana cara kita menambah nafsu makan anak walaupun menu makanan yang disajikan itu biasa saja. Eh bukan berarti penulis bilang masakan sobat semua itu biasa saja ya, maksudnya menu masakan harian kita, hehehe. Nah dengan trik ini menjadikan menu harian yang kita makan, bisa terlihat luar biasa. Mari kita simak bersama ya sobat Hallosehat.

Lalu Resep Masakan Seperti Apa Ya Yang Di Sukai Anak?

Oke sobat Hallosehat, apakah kalian pernah mendengar metode pembuatan garnish makanan? Nah garnish makanan yaitu hiasan untuk makanan. Hiasan ini sebenarnya umumnya dapat dimakan yang kemudian diberikan sentuhan seni hias dan indah, sehingga menambah keindahan makanan yang disajikan serta dapat menambah selera makan seseorang. Umumnya garnish ini berasal dari bahan sayur dan buah-buahan dan jenis lauk tertentu dan juga garnish ini biasa diposisikan di dalam alat saji atau di atas makanan tersebut sehingga dengan menggunakan metode ini, perlu diperhatikan hygiene nya (kebersihan dan keamanan makanan).

Penggunaan metode ini, bukan harus dari seseorang ahli seni ya, tapi kita semua bisa mempelajari ini serta meningkatkan keterampilan kita dalam menyajikan makanan. Yang terpenting dalam menggunakan metode ini yaitu sabar, tekun serta keinginan yang besar untuk selalu belajar walaupun sempat mengalami kegagalan. Setelah melewati tahap ini, penulis yakin hasilnya sangat memuaskan.

Cara Pemilihan Bahan Untuk Garnish

Perlu diperhatikan ya sobat Halosehat, jika memilih bahan dari buah dan sayuran. Bahan tersebut harus dalam kondisi segar, tidak matang, dan juga tidak ada cacat/busuk. Kenapa harus memilih bahan yang segar? Karena bahan yang segar itu memiliki aroma yang sedap dan tidak lembek sehingga mudah dibentuk. Dan juga pada saat memilih warna bahan garnish tidak samar dengan warna makanan, pilihlah warna bahan garnish yang kontras sehingga hidangan yang disajikan memiliki daya tarik serta dapat menggugah selera makan.

Alat-alat Untuk Membuat Garnish

Alat-alat yang digunakan dalam membuat garnish adalah sebagai berikut :
  1. Pisau tajam berukuran sedang, ujung lancip dan melengkung.
  2. Gunting kecil, tusuk gigi, tusuk sate.
  3. Talenan, piring ceper, mangkok perendam.

Perlakuan Khusus Pada Garnish

Berikut adalah beberapa perlakuan khusus agar hasil garnish makanan yang dibuat mendapatkan hasil yang maksimal, yaitu :

Perendaman

Kebanyakan garnish yang telah dibentuk harus direndam dalam air es untuk mendapatkan bentuk yang sempurna. Pada saat direndam di dalam air es, garnish yang baru dibentuk akan mengisap air sehingga akan mengembang menjadi bentuk yang sempurna contohnya seperti bunga cabai, bunga ketimun, bunga daun prei dan lain-lain.

Penggaraman

Tujuan dari cara ini yaitu untuk membuat buah dan sayuran menjadi lunak supaya mudah dibentuk kemudian direndam di dalam air es agar dapat mengembang dengan sempurna.

Penyimpanan

Bungkuslah garnish yang sudah selesai dibuat dalam plastik, simpan di dalam lemari es/pendingin agar garnish tetap terlihat segar sampai saat mau digunakan.

Berikut adalah salah satu contoh gambar garnish makanan yang pernah dibuat oleh penulis, garnish makanan ini diperuntukkan untuk anak kecil yang bertujuan untuk meningkatkan selera makan anak

Meningkatkan Nafsu Makan Anak Dengan Resep Masakan Ini

Dari gambar tersebut, dapat dilihat bahwa sajian menu makanan dari menu harian yang kita makan yang kemudian di desain/dibentuk sesuai kreasi sendiri. Dan perlu diperhatikan ya sobat Halosehat, dalam membuat garnish makanan, bentuklah sesuai dengan porsi anak sehingga makanan bisa dihabiskan oleh anak.

Sekian dari saya, semoga trik/cara yang penulis sampaikan kepada sobat Halosehat dapat bermanfaat. Dengan mengetahui cara ini, bisa meningkatkan kreatifitas serta keahlian kita dalam menyajikan makanan baik untuk anak serta keluarga di rumah. Jika sobat Halosehat ingin bertanya atau beri masukan, silahkan tinggalkan di komentar ya. Sekian terima kasih banyak dan semoga kita semua selalu diberikan sehat, aamiin ^^.



Related Posts

Posting Komentar

Subscribe Our Newsletter