Pedagogi Tugas Modul 1 Kegiatan Belajar 1.1 Analisis Vidio Pembelajaran Karakteristik Guru dan Siswa Abad 21


Tugas Modul 1 Kegiatan Belajar 1.1 Analisis vidio

Setelah saya menonton dan mengamati vidio proses pembelajaran abad 21 ini,  ada beberapa hal yang bisa saya tangkap yang pertama :
1. Karakteristik guru yang mencerminkan guru abad 21, dimana guru dalam persiapan materi sangat tergantung dengan teknologi. begitu juga dalam penyampaian materi dan tugas pembelajaran sangat inovatif dan kreatif. Guru juga mampu menjadi motivator, fasilitator bagi siswa dalam proses pembelajaran dan dalam memecahkan suatu masalah serta mampu menjalin kedekatan emosional antara guru dengan siswa begitu juga sebaliknya. Dalam video tersebut proses pembelajaran terpusat pada siswa (student center) dimana siswa tidak akan merasa bosan belajar didalam kelas. Selain itu guru juga mampu memberikan solusi dan arahan bagi siswa yang mengalami kesulitan belajar. Selanjutnya guru menguasai materi dan kelas dengan baik, memiliki kecakapan teknologi dan guru juga mampu menciptakan suasana belajar yang begitu menyenangkan dengan pemanfaatan teknologi digital dan langsung mempraktik kan apa yang sudah dipelajari. Guru juga melakukan Evaluasi disetiap akhir proses pembelajaran.

2. Karakteristik siswa dalam video tersebut mencerminkan karakter siswa abad 21, dimana dalam mengikuti proses pembelajaran siswa mampu mengikuti dengan baik saat guru menjelaskan materi dan tugas di depan kelas sehinga bisa dipahami dengan baik. Kemudian dalam mengerjakan materi dan tugas siswa mampu memanfaatkan teknologi dan informasi (sumber belajar) dengan baik, serta mampu melakukan diskusi kelompok, mencari pemecahan masalah dalam peroses pembelajaran atau tugas yang diberikan oleh guru. Didalam proses tersebut juga siswa mampu mempraktikan dan pengujian terhadap tugas yang diberikan, berpikir kritis dalam mencari solusi terhadap masalah yang yang ada, mengumpulkan informasi dari berbagai sumber, serta memanfaatkan ruang atau kesempatan belajar tidak hanya disekolah tapi dimana saja. dan dalam proses tersebut siswa melakukan proses kegiatan belajar mengajar secara aktif berani bertanya dan trampil dalam menaggapi permasalahan yang timbul sehingga mampu menemukan solusi atas masalah yang ada.

Related Posts

There is no other posts in this category.

Posting Komentar

Subscribe Our Newsletter