Tugas Modul 1 Kegiatan Belajar 1.2 Analisis Karakter Siswa Abad 21

Tugas Modul 1 Kegiatan Belajar 1.2 Analisis Karakter Siswa Abad 21
Nama                   : I Made Sartawan
Prodi                    : Bahasa Bali

Karakter utama masyarakat abad 21 menurut analisis saya dimana masyarakat dihadapkan saat ini dengan moderenisasi yang berbasis (TI) Teknologi Informasi, masyarakat diharuskan mengikuti berbagai sistem yang bersifat digital seperti penggunaan internet.  Perubahan ke arah era revolusi masyarakat digital itu juga terjadi dalam dunia pendidikan. Perubahan menuju masyarakat berpengetahuan (knowledge society), menuntut masyarakat untuk menguasai keterampilan abad 21 yaitu mampu memahami dan memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi (ICT Literacy Skills). Pendidikan memegang peranan sangat penting dan strategis dalam membangun masyarakat berpengetahuan yang memiliki keterampilan: (1) melek teknologi dan media; (2) melakukan komunikasi efektif; (3) berpikir kritis; (4) memecahkan masalah; dan (5) berkolaborasi. Akan tetapi persoalan ICT Literacy ini dalam masyarakat kita masih masalah mendasar bagi upaya menuju masyarakat informasi. Rendahnya tingkat ICT Literacy, terutama pada masyarakat pedesaan menjadi faktor signifikan terhadap menetapnya fenomena kesenjangan informasi di masyarakat. Menurut Manuel Castell kemunculan masyarakat informasional itu ditandai dengan lima karateristik dasar: Pertama, ada teknologi-teknologi yang bertindak berdasarkan informasi. Kedua, karena informasi adalah bagian dari seluruh kegiatan manusia, teknologi-teknologi itu mempunyai efek yang meresap. Ketiga, semua sistem yang menggunakan teknologi informasi didefinisikan oleh ‘logika jaringan’ yang memungkinkan mereka memengaruhi suatu varietas luas proses-proses dan organisasi-organisasi. Keempat, teknologi-teknologi baru sangat fleksibel, memungkinkan mereka beradaptasi dan berubah secara terus-menerus. Akhirnya, teknologi-teknologi spesifik yang diasosiasikan dengan informasi sedang bergabung menjadi suatu sistem yang sangat terintegrasi.


Bagaimana konsekuensinya terhadap karakteristik guru abad 21 ? menurut saya guru abad 21 harus mampu menguasai Teknologi dalam menstranformasikan pembelajaran pada era digital abad 21 sekarang ini. Dimana guru saat ini dituntut harus bisa menjadi fasilitator, juga harus menjadi motivator dan inspirator. Guru harus rajin membaca dan rajin menulis, Guru juga dituntut memiliki kreatifitas dan inovatif dalam mengembangkan materi pembelajaran berbasis pemanfaatan ICT agar mampu memenuhi perkembangan dunia yang ke arah pengembangan teknologi. Selain itu guru juga harus mampu mengembangkan diri ke arah kecakapan ICT.

Bagaimana konsekuensinya terhadap karakteristik siswa ? menurut saya di abad 21 siswatidak akan bisa dilepas dengan peranan teknologi dimana siswa dituntut memiliki pemikiran kritis Kemampuan ini menuntut kebebasan berpikir dalam suatu proses pembelajaran. Juga dalam mencari refrensi pembelajaran, maka siswa akan dituntut menjadi siswa yang mandiri, kreatif dan inovatif. Menurut Bernie Trilling dan Charles Fadel (2009)  keterampilan dan kecakapan abad 21 mencangkup tiga katagori utama yaitu : Pertama, keterampilan belajar dan inovasi : berpikir kristis dan pemecahan masalahdalam komunikai dan kreativitas kolaboratif dan inovatif. Kedua, keahlian literasi digital : literasi media baru dan leterasi ICT. Dan ketiga, kecakapan hidup dan karir : memiliki kemampuan inisiatif yang fleksibel dan inisiatif adaptif dan kecakapan diri secara sosial dalam interaksi antar budaya, kecakapan kepemimpinan produktif dan akuntabel, serta bertanggungjawab.

Profil guru ideal sepertiapa menurut Anda guru yang sesuai dengankarakteristik guru abad 21 ? menurut saya guru yang ideal pada abad 21 adalah guru yang tidak hanya pintar tetapi harus cerdas kreatif dan inovatif dan harus mampu memanfaatkan teknologi digital yang ada untuk mendesain pembelajaran kreatif yang memampukan siswa aktif dan berpikir kritis. Dan memiliki lima kreteria guru abad 21 yaitu: Pertama : guru disamping sebagai fasilitator, juga harus menjadi motivator dan inspiratory. Kedua : salah satu prasyarat paling penting agar guru mampu mentrasfomasikan diri dalam era pedagogi siber atau era digital, adalah tingginya minat baca. Ketiga : guru pada abad 21 harus memiliki kemampuan untuk menulis. Keempat : guru abad 21 harus kreatif dan inovatif dalam mengembangkan metode belajar atau mencari pemcahan masalah-masalah belajar, sehingga meningkatkan kualitas pembelajaran TIK. Dan kelima : karakteristik guru abad 21 di tengah pesatnya perkembangan era teknologi digital, bagaimanapun harus mampu melakukan transfomasikultural.


 Analisa saya mengenaikarekteristik siswa abad 21yang saya temui secara riil ditempat saya mengajar adalah dimana siswa dituntutmemahami dan menguasai ICT/TIK dalam melakukan proses pembelajaran. dimana siswa sebagai pusat belajar memungkinkan siswa untuk mengembangkan kemampuan berpikir kritis, mengasah kreativitas, belajar berkomunikasi, serta berkolaborasi dan mampu mencari informasi, solusi yang lebih luas dalam pemecahan masalah yang muncul. Namun selama ini yang saya hadapi karakteristik siswa sudah menguasai teknologi digital namun kurang dimanfaatkan secarakreatif, dan inovatif , siswa pun masih kurang aktif dan kurang memilikikeberanian dalam menghadapi masalah pada saat proses pembelajaran. Walaupun guru sudah berusaha mengkondisikan pembelajaan dengan menyampaikan materi secara digital .

Related Posts

There is no other posts in this category.

Posting Komentar

Subscribe Our Newsletter