10 Tips Agar Mata Tetap Sehat Saat Bekerja Di Depan Komputer

10 Tips Agar Mata Tetap Sehat Saat Bekerja Di Depan Komputer

10 Tips Agar Mata Tetap Sehat Saat Bekerja Di Depan Komputer
Assalamu'alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.

Hai, Sobat Edukasit.
Apa kabar Anda Hari ini ?
Semoga masih diberikan kesehatan dan keberkahan oleh Tuhan. Amiin.

Pada kesempatan kali ini, Saya akan berbagi Tips Agar Mata Tetap Sehat Saat Bekerja Di Depan Komputer. 

Bagi Anda yang setiap hari bekerja online di depan komputer, laptop atau smartphone mungkin sering mengalami mata lelah akibat tertalu lama menatap layar monitor komputer Anda. Hal ini bisa mengakibatkan gangguan pada mata, seperti mata berair dan berkurangnya fokus pada mata. Kalau dilakukan secara terus-menerus dan dalam waktu yang lama akan membuat mata Anda menjadi tidak sehat. Maka dari itu, Anda harus bisa menjaga kesehatan mata Anda dengan pola hidup sehat dan mengatur waktu kerja saat di depan monitor komputer Anda.

Artikel Menarik : Mengenal Web Developer, Web Designer dan WebMaster

Berikut ini ada beberapa Tips Agar Mata Tetap Sehat Saat Bekerja Di Depan Komputer :

1. Mengatur Kecerahan Layar Monitor

Hal ini yang perlu Anda perhatikan saat bekerja di depan komputer. Tingkat kecerahan monitor Anda bisa berpengaruh pada mata Anda. Usahakan mengatur layar monitor komputer sesuai dengan kenyamanan mata Anda. Saat monitor terlalu menyilaukan mata, maka sebaiknya Anda mulai mengatur ulang kecerahan monitor dengan menguranginya supaya mata Anda nyaman saat menatapnya.

2. Menggunakan Lampu Temaram Di Ruang Kerja

Saat bekerja biasanya Anda memerlukan lampu tambahan untuk menambah kecerahan di ruangan Anda. Sebaiknya Anda menggunakan lampu yang temaram saat bekerja di depan komputer. Karena lampu yang terlalu terang akan mengganggu fokus Anda dan menyebabkan mata Anda merasa cepat lelah. Jika Anda menggunakan lampu duduk, sebaiknya memilih yang temaram agar suasana kerja Anda semakin nyaman.

3. Memasang Pelindung Layar Anti Radiasi

Sebaiknya Anda menggunakan pelindung layar (filter) pada komputer Anda untuk mengurangi radiasi. Radiasi yang di pancarkan dari komputer bisa menyebabkan mata berair. Untuk mencegah hal tersebut maka memasang pelindung layar sangatlah penting.

4. Memakai Kacamata Anti Radiasi

Bagi Anda yang mulai terganggu dengan kesehatan mata karena bekerja di depan komputer bisa memakai kacamata anti radiasi. Selain mencegah hal buruk pada mata Anda, kacamata juga menmbah penampilan Anda terlihat keren. Sebaiknya memilih kacamata yang sesuai dengan keluhan mata Anda dan yang penting bisa menmbah rasa percaya diri Anda saat bekerja. Anda bisa menggunakan kacamata normal yang menggunakan anti radiasi.

5. Mengatur Jarak Pandang

Saat Anda bekerja di depan komputer janganlah terlalu dekat, sebaiknya posisikan pandangan Anda sejajar dengan layar komputer Anda. Jangan terlalu dekat dan jangan pula terlalu jauh agar mata Anda lebih fokus pada apa yang Anda kerjakan di depan komputer.

6. Menggunakan Meja Fleksibel

Jika Anda adalah orang yang selalu berhadapan dengan komputer, maka cobalah untuk menggunakan meja yang fleksibel. Jika Anda sering duduk dalam bekerja, maka dengan meja fleksibel Anda bisa mencoba berdiri dengan mengatur ketinggiannya. Hal ini akan membvuat tubuh Anda tidak mudah lelah dan penglihatan Anda juga akan lebih sehat, karena variasi kerja Anda yang berbeda

7. Memperbanyak Minum Air Putih

Air Putih juga sangat berpengaruh pada kesehatan mata Anda. Jika tubuh Anda mulai lelah, maka minumlah air putih minimal 2 liter setiap hari. Hal ini bisa meningkatkan metabolisme tubuh dan menambahsemangat dalam bekerja.

8. Mengkonsumsi Buah-buahan Dan Sayuran

Kandungan vitamin dan mineral pada buah dan sayur bisa meningkatkan ketajaman mata Anda. Sebaiknya memilih buah dan sayur yang mengandung banyak vitamin A untuk menjaga kesehatan mata Anda, seperti : pepaya, semangka, melon, paprika merah, bayam, labu, seledri, selada.

9. Sering Mencuci Wajah

Ternyata mencuci wajah juga bisa menyehatkan mata Anda, hal ini dikarenakan air yang mengenai mata Anda akan membersihkan kotoran di sekitar mata dan membuatnya terasa lebih segar. Maka dari itu, Anda harus sering mencuci wajah Anda jika sering bekerja di depan komputer agar semakin bersemangat dan wajah Anda semakin segar. Sebaiknya menggunakan air bersih yang mengalir untuk memudahkan mencuci wajah Anda.

10. Istirahat Yang Cukup

Cobalah untuk beristirahat selama 15 menit setiap 1 jam Anda bekerja. Hal ini bisa membuat mata Anda tidak mudah lelah dan lebih sehat. Dengan mengatur jadwal Anda bekerja akan membuat penglihatan Anda lebih fokus dan terasa nyaman.

Baca Juga : 5 Alasan Mengapa Programmer Memakai Linux

Nah, itulah beberapa Tips Agar Mata Tetap Sehat Saat Bekerja Di Depan Komputer. Semoga artikel ini bermanfaat bagi Anda. Terimakasih sudah membaca artikel ini. Sampai jumpa di artikel selanjutnya.

Wassalamu'alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.

Related Posts

Posting Komentar

Subscribe Our Newsletter