10 Tips Merawat Baterai Handphone Supaya Tetap Awet

10 Tips Merawat Baterai Handphone Supaya Tetap Awet

10 Tips Merawat Baterai Handphone Supaya Tetap Awet
Assalamu'alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.

Hai, Sobat Edukasit.
Apa kabar Anda hari ini ?
Semoga masih dalam keadaan sehat dan dalam perlindungan Tuhan. Amiin.

Handphone adalah salah satu perangkat elektronik yang paling setia menemani Anda, benar kan? Setiap hari pasti gadget yang satu ini selalu hadir menemani keseharian Anda, baik di saat senang maupun saat sedih. Handphone seakan menjadi kekasih terbaik Anda dan harus menemani di manapun Anda berada. Tapi kadang Anda terlalu asyik memainkan handphone, sampai baterainya habis. Tentu hal ini sangat mengganggu Anda bukan? Tapi jangan khawatir, Saya ada beberapa tips agar baterai handphone Anda tetap awet seharian.

Berikut ini adalah Tips Merawat Baterai Handphone Supaya Awet :

1. Menggunakan Handphone Jika Baterai Sudah Terisi Penuh

Bagi Anda yang sudah kecanduan gadget, jangan sampai kehabisan baterai saat Anda sedang asyik bermain atau merekam kegiatan Anda dengan handphone kesayangan Anda. Pastikan Anda menggunakan hanphone jika baterainya sudah benar-benar penuh. Dengan begitu Anda bisa memakainya lebih lama dan tidak perlu berulang kali mengecas handphone Anda.

2. Menyetel Mode On Pada Penyimpanan Baterai

Untuk menghemat penggunaaan daya baterai, Anda bisa menyetel penyimpanan baterai ke mode on pada menu pengaturan di hanphone Anda. Dengan mengatur penyimpanan baterai, maka penggunaan daya baterai akan lebih terkontrol dan efisien. Anda bisa menggunakan handphone Anda lebih lama setelah mengatur ke mode tersebut.

3. Mengecas Dengan Mode Pesawat

Salah satu cara agar baterai Anda cepat terisi penuh adalah dengan menggunakan mode pesawat. Dengan menggunakan mode pesawat tidak ada aktivitas yang cukup besar, sehingga pengisian jauh lebih cepat. Baterai akan lebih awet dan tahan lama pastinya.

4. Jangan Bermain Handphone Sambil Mengecas

Hal ini yang menyebabkan baterai boros, karena pada saat mengecas daya akan terkuras kembali ketika Anda menjalankan aplikasi pada handphone Anda. Pastikan Anda menjauhkan tangan Anda dari handphone Anda yang sedang dicas. Bersabarlah sampai handphone benar-benar terisi penuh. Dengan begitu Anda bisa menggunakan lebih lama ketika baterai handphone Anda sudah penuh. Jika ada telepon berdering sebaiknya cabut handphone dari charger, jangan menelepon sambil mengecas, karena sangat berbahaya kalau baterai handphone menjadi sangat panas(overheat).

5. Memasang Alarm Saat Handphone Dicas

Bagi Anda yang sering lupa kalau sedang mengecas handphone, sebaiknya memasang alarm sebagai pengingat saat baterai handphone sudah terisi penuh. Meskipun handphone sudah dilengkapi fitur otomatis saat baterai sudah terisi penuh, setidaknya Anda bisa membuat charger Anda lebih awet. Karena setelah baterai penuh, sebaiknya charger juga harus dicabut dari sumber listrik utama untuk menghindari korsleting pada listrik.

6. Menggunakan Charger Dan Baterai Asli Berkualitas

Sebaiknya menggunakan charger asli bawaan handphone Anda untuk menghindari hal-hal buruk yang mungkin terjadi pada gadget Anda. Dengan menggunakan charger asli, akan membuat baterai Anda juga lebih awet karena memang sudah porsinya yang sepadan. Jika Anda menggunakan charger yang lain mungkin bisa mengisi tapi kalau dalam pemakaian jangka lama akan berdampak pada baterai dan handphone Anda. Selain charger, jangan sekali-kali mengganti baterai bawaan dengan baterai yang abal-abal, karena kadang baterai yang bukan asli akan cenderung lebih boros dan cepat rusak, karena kualitasnya tidak sesuai dengan porsi handphone Anda.

7. Membatasi Streaming  Video

Bagi Anda yang hobi menonton video, sebaiknya membatasi streaming dengan membuat jadwal harian. Kalau Anda biasa menonton seharian, cobalah untuk mengurangi waktu menonton Anda. Hal ini bisa menghemat baterai dan kuota internet Anda agar tidak cepat habis. Bagi yang suka menonton film yang berjam-jam, sebaiknya bisa membuat jadwal yang efektif. Misalnya film berdurasi 2 jam, Anda bisa membagi menjadi 4 waktu menonton, sehingga masing-masing setengah jam. Gunakan waktu luang Anda untuk menonton dan pastikan streaming saat baterai handphone masih terisi penuh. 

8. Menghapus Dan Menonaktifkan Aplikasi Yang Tidak Digunakan

Untuk lebih menghemat pemakaian baterai , sebaiknya menghapus aplikasi yang tidak penting bagi Anda. Anda juga bisa menonaktifkan aplikasi yang jarang digunakan di latar belakang handphone Anda. Hal ini bisa membuat baterai Anda lebih awet dan tahan seharian.

9. Mematikan Handphone Saat Tidur

Hal ini bisa menghemat baterai handphone Anda dan juga bisa membiuat tidur Anda tidak terganggu oleh aktivitas di handphone Anda. Dengan begitu Anda bisa menggunakan handphone untuk keesokan harinya tanpa harus mengecas baterai lagi, karena dengan menonaktifkan handphone akan menghemat daya baterai handphone.

10. Jangan Meletakkan Handphone Di Tempat Panas Atau Basah

Jika Anda adalah seorang yang aktif diluar rumah, jangan teledor menaruh handphone kesayangan Anda. Jangan meletakkan di tempat yang terkena panas berlebih dan jangan pula menaruhnya ditempat yang basah, karena itu akan membuat baterai Anda cepat rusak dan kemungkinan harus diganti baru. Jadi sayangilah handphone Anda seperti Anda menyayangi kekasih Anda, agar baterai handphone Anda lebih awet dan tahan lama. 

Nah, itulah beberapa Tips Merawat Baterai Handphone Supaya Awet yang bisa saya bagikan. Semoga artikel ini bermanfaat bagi Anda semua. Terimakasih sudah membaca artikel ini. Sampai jumpa di artikel selanjutnya.

Wassalamu'alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.

Related Posts

Posting Komentar

Subscribe Our Newsletter