7 Teknologi Yang Bisa Mengubah Dunia

7 Teknologi Yang Bisa Mengubah Dunia

7 Teknologi Yang Bisa Mengubah Dunia
Assalamu'alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

Hai, Sobat Edukasit.
Apa kabar Anda hari ini ?
Semoga masih diberikan kesehatan dan keberkahan oleh Tuhan. Amiin.

Pada saat ini teknologi sudah sangat canggih dan sudah merubah tatanan dunia. Banyak teknologi yang berkembang untuk memudahkan manusia dalam hidup. Semakin berkembangnya teknologi semakin berkembang pula pola hidup manusia.

Berikut ini ada 7 Teknologi Yang Bisa Mengubah Dunia

1. Komputasi Pervasif

Pervasive Computing

Komputasi pervasif dikenal juga dengan nama komputasi dimana-mana (ubiquitous computing) merupakan sebuah konsep rekayasa perangkat lunak dan ilmu komputer yang dibuat supaya bisa berada kapan saja dan dimana saja. Komputasi pervasif dapat menggunakan perangkat apa saja dan dalam format apa pun.

Pengguna berinteraksi dengan komputer yang dapat berkembang dalam berbagai bentuk, termasuk laptop, komputer, tablet, kulkas dan kacamata. Komputasi pervasif didukung dengan teknologi, seperti internet, middleware canggih, sistem operasi, kode seluler, sensor, mikroprosesor, I/O baru dan antarmuka pengguna, jaringan komputer, protokol seluler, lokasi dan posisi dan bahan-bahan baru.

Komputasi pervasif telah mengembangkan visi dimana komputer tidak lagi dikaitkan dengan konsep perangkat tunggal atau jaringan perangkat, melainkan seluruh layanan situatif yang berasal dari dunia digital, yang dirasakan melalui dunia fisik.

Sifat dan tampilan perangkat komputasi akan berunbah menjadi tersembunyi dalam kehidupan sehari-hari, jaringan tidak terlihat, dan ada dimana-mana. Aplikasi dan layanan sangat didasarkan pada pengertian konteks dan pengetahuan, dan harus menghadapi lingkungan yang sangat dinamis dan perubahan sumber daya. Konteks mengacu pada informasi apapun yang menggambarkan situasi suatu entitas, seperti orang, benda atau tempat.

Komputasi pervasif adalah hasil dari teknologi komputer yang maju dengan kecepatan eksponensial, tren terhadap semua produk buatan manusia dan beberapa produk alami yang memiliki perangkat keras dan lunak. Komputasi pervasif adalah gagasan bahwa hampir semua perangkat, mulai dari pakaian, mobil, rumah, tubuh manusia hingga cangkir kopi dapat dihubungkan dengan chip ke perangkat tanpa batas.

Tujuan dari komputasi pervasif yang menggabungkan teknologi jaringan saat ini dengan komputasi nirkabel, pengenalan suara, kemampuan internet dan kecerdasan buatan, adalah untuk menciptakan lingkungan dimana konektivitas perangkat tertanam sedemikian rupa sehingga konektivitas tidak mengganggu dan selalu tersedia.

2. Jaringan Mesh Nirkabel

Wireless Mesh Network

Jaringan mesh nirkabel adalah jaringan komunikasi yang terdiri dari node radio yang diatur dalam topologi mesh yang juga merupakan ad hoc nirkabel. Jaringan mesh nirkabel terdiri dari klien mesh, router mesh, dan gateway. Mobilitas node lebih jarang, jika node terus atau sering bergerak, mesh menghabiskan lebih banyak waktu untuk memperbarui rute daripada mengirimkan data.

Jaringan mesh nirkabel efektif dalam berbagi konektivitas Internet karena semakin banyak node yang dipasang, semakin jauh sinyal dapat berjalan. Dan semakin banyak node yang Anda miliki, semakin kuat dan semakin cepat koneksi Internet untuk pengguna.

Dengan jaringan nirkabel, kota dapat menghubungkan warga dan layanan publik melalui koneksi nirkabel berkecepatan tinggi yang tersebar luas. Semakin banyak daerah pusat kota yang menginstal hotspot WiFi publik. Jaringan Mesh memungkinkan kota-kota untuk tidak mahal dan hanya menghubungkan semua hotspot itu bersama-sama untuk mencakup seluruh kota.

Jaringan mesh nirkabel berguna di negara-negara tanpa infrastruktur kabel yang tersebar luas, seperti layanan telepon atau bahkan listrik. Node bertenaga surya dapat dihubungkan ke satu koneksi internet seluler atau satelit, yang dapat membuat seluruh desa tetap online.

Di negara-negara maju, ada lokasi kasar terlalu jauh dari jaringan untuk penyedia layanan Internet kecepatan tinggi tradisional. Jaringan mesh nirkabel sedang dipertimbangkan untuk area ini. Serangkaian node akan dipasang dari titik akses kabel terdekat yang tersedia ke area yang sulit dijangkau.

Banyak perguruan tinggi, universitas, dan sekolah menengah mengubah seluruh kampus mereka menjadi jaringan nirkabel. Solusi ini menghilangkan kebutuhan untuk mengubur kabel di gedung-gedung tua dan di kampus-kampus. Dengan puluhan node indoor dan outdoor yang ditempatkan dengan baik, semua orang akan terhubung setiap saat. Jaringan Mesh juga memiliki kapasitas untuk menangani kebutuhan bandwidth tinggi yang dibutuhkan oleh siswa yang perlu mengunduh file besar. Sekolah juga dapat memasang seluruh sistem keselamatan publik mereka ke jaringan, memantau kamera keamanan dan menjaga semua personel dalam komunikasi yang konstan dalam situasi darurat.

Banyak rumah sakit tersebar melalui kelompok-kelompok bangunan padat yang tidak dibangun dengan mempertimbangkan jaringan komputer. Wireless mesh node dapat menyelinap di sudut-sudut dan mengirim sinyal jarak pendek melalui kaca tebal untuk memastikan akses di setiap ruang operasi, lab, dan kantor. Kemampuan untuk terhubung ke jaringan sangat penting karena lebih banyak dokter dan perawat merawat dan memperbarui informasi pasien, hasil tes, riwayat medis, bahkan informasi asuransi pada perangkat elektronik portabel yang dibawa dari kamar ke kamar.

Konektivitas internet berkecepatan tinggi di hotel dan resor telah menjadi aturan, tidak terkecuali. Jaringan mesh nirkabel cepat dan mudah dipasang di dalam dan di luar rumah tanpa harus merombak struktur yang ada atau mengganggu bisnis.

Situs konstruksi dapat memanfaatkan kemudahan pemasangan dan penghapusan jaringan mesh nirkabel. Arsitek dan insinyur dapat tetap terhubung dengan kabel ke kantor, dan kamera pengintai bertenaga Ethernet dapat mengurangi pencurian dan perusakan. Node mesh dapat dipindahkan dan ditambah saat proyek konstruksi berlangsung.

Dengan adanya jaringan mesh nirkabel banyak sekali perubahan disekitar kita. Semakin berkembang pula perangkat yang menggunakan jaringan mesh nirkabel, sehingga hampir semua pekerjaan manusia menjadi lebih efisien dan mudah.

3. Bioteknologi

Biotechnology

Bioteknologi adalah teknologi yang memanfaatkan sistem biologis, organisme hidup atau bagiannya untuk mengembangkan atau menciptakan produk yang berbeda.

Pembuatan tape dan tempe adalah contoh proses yang termasuk dalam konsep bioteknologi , sedangkan bentuk bioteknologi yang lebih modern umumnya akan melibatkan modifikasi sistem atau organisme biologis yang lebih maju.

Bioteknologi membantu menyembuhkan dunia dengan memanfaatkan kotak peralatan alam sendiri dan menggunakan susunan genetika kita sendiri untuk menyembuhkan dan memandu jalur penelitian dengan
  • Mengurangi tingkat penyakit menular,
  • Menyimpan jutaan nyawa anak-anak,
  • Mengubah kemungkinan kondisi serius dan mengancam jiwa yang mempengaruhi jutaan orang di seluruh dunia,
  • Menyesuaikan perawatan dengan individu untuk meminimalkan risiko kesehatan dan efek samping,
  • Membuat alat yang lebih tepat untuk deteksi penyakit, dan
  • Memerangi penyakit serius dan ancaman sehari-hari yang dihadapi dunia berkembang
Bioteknologi menggunakan proses biologis seperti fermentasi dan memanfaatkan biokatalis seperti enzim, ragi, dan mikroba lain untuk menjadi pabrik pembuatan mikroskopis. Bioteknologi membantu mendorong dunia dengan
  • Memperlancar langkah-langkah dalam proses pembuatan bahan kimia hingga 80% atau lebih,
  • Menurunkan suhu untuk membersihkan pakaian dan berpotensi menghemat 4,1 miliar dollar per tahun,
  • Meningkatkan efisiensi proses manufaktur untuk menghemat 50% atau lebih pada biaya operasi,
  • Mengurangi penggunaan dan ketergantungan pada petrokimia,
  • Menggunakan biofuel untuk mengurangi emisi gas rumah kaca hingga 52% atau lebih,
  • Mengurangi penggunaan air dan timbulan limbah, dan
  • Memanfaatkan potensi penuh dari produk limbah biomassa tradisional
Bioteknologi meningkatkan ketahanan serangga tanaman, meningkatkan toleransi herbisida tanaman dan memfasilitasi penggunaan praktik pertanian yang lebih ramah lingkungan. Bioteknologi membantu memberi makan dunia dengan:
  • Menghasilkan hasil panen yang lebih tinggi dengan input yang lebih sedikit,
  • Menurunkan volume bahan kimia pertanian yang dibutuhkan oleh tanaman-membatasi limpasan produk-produk ini ke lingkungan,
  • Menggunakan tanaman bioteknologi yang membutuhkan lebih sedikit aplikasi pestisida dan memungkinkan petani mengurangi lahan pertanian,
  • Mengembangkan tanaman dengan profil nutrisi yang ditingkatkan yang mengatasi kekurangan vitamin dan nutrisi,
  • Memproduksi makanan yang bebas dari alergen dan racun seperti mikotoksin, dan
  • Memperbaiki kandungan makanan dan minyak tanaman untuk membantu meningkatkan kesehatan jantung
Bioteknologi sangat mempengaruhi perkembangan dunia, karena bioteknologi sudah berpartisipasi di berbagai bidang yang ada di dunia.

4. 3D Printing / Percetakan Tiga Dimensi

3D Printing

3D Printing atau manufaktur aditif, adalah konstruksi objek tiga dimensi dari model CAD atau model 3D digital. Istilah 3D printing dapat merujuk ke berbagai proses di mana bahan bergabung atau dipadatkan di bawah kontrol komputer untuk membuat objek tiga dimensi, dengan bahan yang ditambahkan bersama-sama (seperti molekul cair atau butiran bubuk yang menyatu bersama), biasanya lapis demi lapis.

Saat ini banyak sekali jenis, tipe dan proses pembuatan dari 3D printing yang ada di dunia. Semakin berkembangnya jaman semakin berkembang pula teknologi 3D printing ini. Istilah 3D printing mencakup beberapa teknologi manufaktur yang membangun komponen lapis demi lapis. Masing-masing bervariasi dalam cara mereka membentuk bagian plastik dan logam dan dapat berbeda dalam pemilihan bahan, permukaan akhir, daya tahan, dan kecepatan dan biaya pembuatan.

Ada beberapa jenis pencetakan 3D, yang meliputi:
  • Stereolithography (SLA)
Adalah proses pencetakan 3D industri asli. Printer SLA unggul dalam memproduksi komponen dengan detail tingkat tinggi, permukaan halus, dan toleransi ketat. 
  • Selective Laser Sintering (SLS)
Melebur serbuk berbasis nilon menjadi plastik padat. Karena bagian SLS terbuat dari bahan termoplastik nyata, komponen ini tahan lama, cocok untuk pengujian fungsional, dan dapat mendukung engsel dan snap-fit ​​yang hidup.
  • Fused Deposition Modeling (FDM)
Adalah teknologi pencetakan 3D desktop umum untuk komponen plastik. Printer FDM berfungsi dengan mengekstrusi filamen lapis demi lapis ke platform build. Ini adalah metode yang hemat biaya dan cepat untuk menghasilkan model fisik.
  • Digital Light Process (DLP)
Mirip dengan SLA dalam menyembuhkan resin cair menggunakan cahaya. Perbedaan utama antara kedua teknologi adalah bahwa DLP menggunakan layar proyektor cahaya digital sedangkan SLA menggunakan laser UV.
  • Multi Jet Fusion (MJF)
Mirip dengan SLS, Multi Jet Fusion juga membangun komponen fungsional dari bubuk nilon. Untuk memisahkan bubuk, MJF menggunakan array inkjet untuk menerapkan agen sekering ke lapisan bubuk nilon.
  • PolyJet
Adalah proses pencetakan 3D plastik lain, tetapi ada twist yang dapat membuat bagian-bagian dengan beberapa sifat seperti warna dan bahan.
  • Direct Metal Laser Sintering (DMLS)
Pencetakan 3D logam membuka kemungkinan baru untuk desain bagian logam. Proses yang digunakan untuk mencetak bagian logam 3D adalah direct metal laser sintering (DMLS). Ini sering digunakan untuk mereduksi logam, rakitan multi-bagian menjadi satu komponen atau komponen ringan dengan saluran internal atau fitur berlubang.
  • Electron Beam Melting (EBM)
Adalah teknologi pencetakan logam 3D lainnya yang menggunakan berkas elektron yang dikendalikan oleh kumparan elektromagnetik untuk melelehkan bubuk logam. 

Memilih proses 3D printing yang tepat untuk aplikasi membutuhkan pemahaman tentang kekuatan dan kelemahan setiap proses dan memetakan atribut untuk kebutuhan pengembangan produk Anda. Semakin canggih peralatan yang Anda gunakan, semakin baik pula hasil cetaknya. Sampai saat ini 3D printing sudah berkembang di berbagai belahan dunia dan akan semakin berkembang dengan peralatan yang semakin canggih.

5. Machine Learning

Machine Learning

Machine Learning adalah cabang aplikasi dari kecerdasan buatan (Artificial Inteligence) yang fokus pada pengembangan sebuah sistem yang mampu belajar sendiri tanpa harus di program berulang kali oleh manusia. Aplikasi machine learning memerlukan data sebagai bahan belajar sebelum mengeluarkan sebuah output. Aplikasi sejenis ini biasanya berada dalam domain spesifik sehingga tidak bisa diterapkan secara general untuk semua permasalahan.

Contoh machine learning yang sering kita temukan dalam kehidupan sehari-hari, seperti : aplikasi asisten pribadi dari Google, Chat Bot, Pengenalan Wajah, dan masih banyak lagi. Seiring perkembangan jaman semakin canggih pula aplikasi yang dikembangan oleh banyak developer dunia. Machine Learning sangat berpengaruh dalam perkembangan teknologi di dunia sampai saat ini dan hingga periode berikutnya akan semakin banyak yang bermunculan di dunia ini.

6. Nanoteknologi

Nanotechnology

Nanoteknologi merupakan teknologi yang menggunakan skala nano atau seper milyar dengan sifat material pada ukuran nano atau atom. Jika suatu material dibuat dalam ukuran nano , maka akan memungkinkan untuk terciptanya material dengan sifat-sifat baru yang luar biasa.

Manfaat nanoteknologi bagi kehidupan manusia sangatlah banyak. Bahkan, untuk saat ini sudah banyak contoh penerapannya mulai dari bidang kesehatan hingga dalam menciptakan material yang superkuat namun ringan. Dengan adanya nanoteknologi akan memudahkan pekerjaan manusia baik yang ringan maupun pekerjaan berat sekalipun. Sampai saat ini nanoteknologi terus dikembangkan diberbagai belahan dunia dan akan menjadi salah satu teknologi yang ikut serta dalam perubahan dunia.

7. Robotika

Robotics

Robotika adalah perpaduan dari berbagai disiplin ilmu , khususnya mekanik, elektronik, dan komputer. Robotika termasuk teknologi yang berkembang dengan pesat, banyak negara yang berlomba-lomba menggunakan robotika untuk otomisasi dalam berbagai bidang kehidupan. 

Sekarang ini banyak sekali jenis robot yang dikembangkan dengan berbagai bentuk dan fungsi yang memudahkan manusia dalam kehidupan. Sebagian besar pekerjaan sudah menggunakan alat bantu robot, dan semakin berkembangnya jaman semakin berkembang pula teknologi robot yang diciptakan. Mungkin beberapa pekerjaan manusia sudah ada yang digantikan dengan robot dan akan terus berkembang , sehingga robot bisa mengambil alih pekerjaan manusia di masa depan.

Robotika sangat berpengaruh dalam perkembangan dan perubahan dunia dan menjadi salah satu faktor yang menentukan kemajuan suatu negara. Sehingga manusia akan semakin ringan tugasnya di masa depan karena adanya bantuan robot.

Nah itulah beberapa teknologi yang bisa mengubah dunia. Semoga artikel ini bermanfaat. Terimakasih sudah membaca. Sampai jumpa di artikel selanjutnya.

Wassalamu'alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.

Related Posts

Posting Komentar

Subscribe Our Newsletter