Mengenal Seputar Tampilan Kulit Freckles Wajah Hingga Menjadi Trend Kecantikan

Mengenal Seputar Tampilan Kulit Freckles Wajah Hingga Menjadi Tren Kecantikan - Pernahkah Anda mendengar istilah freckles yang kerap dihubung-hubungkan dengan tren kecantikan saat ini? Ya, akhir-akhir ini freckles kerap dijadikan tampilan wajah terbaru. Tampilan yang muncul adalah berupa bintik-bintik atau flek hitam.

Padahal seperti yang kita tahu, munculnya flek hitam pada kulit bisa jadi dianggap merusak kecantikan. Beberapa di antaranya juga menjadi tanda penuaan dini yang dialami. Tapi tahukah Anda apa sebenarnya freckles itu sendiri? Agar lebih jelas tentang freckles, sebaiknya simak penjelasan di bawah ini.

Mengenal Seputar Tampilan Kulit Freckles Wajah Hingga Menjadi Trend Kecantikan
Photo by: https://www.allure.com/story/faux-freckles

Apa itu Freckles?

Freckles wajah merupakan bagian atau bentuk terkecil dengan warna yang nampak kecokelatan pada permukaan kulit. Terutamanya pada bagian kulit di area wajah, leher, dada, serta bagian kulit lengan. Penyebabnya adalah masalah kesehatan dan biasa ditemukan ketika musim panas.

Kondisi ini sering kali dialami oleh mereka sebagai pemilik kulit terang, rambut pirang, maupun rambut merah. Nyatanya, kondisi ini justru menjadi tren kecantikan saat ini yang umumnya digandrungi oleh kaum hawa. Terutamafreckles pada wajah. Lantas apa yang sebenarnya menimbulkan frecklesdi area wajah ini?

Ada banyak faktor yang menyebabkannya. Bisa jadi freckles wajahmuncul karena adanya pengaruh genetik dari paparan sinar UV terik matahari. Kondisi berupa bintik di kulit tersebut kerap muncul sebagai bentuk pertahanan dari kulit akibat terlalu sering dan lama terpapar sinar matahari secara langsung.

Bagi beberapa orang, freckles juga bisa menjadi pertanda jika kulit tersebut adalah tipe yang sensitif terhadap sinar matahari berlebihan. Jika sudah begini, tentu Anda harus mencegah dan mengatasinya. Ada pun beberapa jenis freckles yang kerap dialami. Berikut jenisnya.

Jenis Freckles

Kondisi kulit dengan bintik freckles wajah dibagi menjadi 2 jenis. Yang pertama adalah ephelidesdan menjadi jenis yang muncul pada wanita Kaukasian yang punya warna kulit terang dan rambut merah. Sedangkan jenis freckles yang kedua adalah lentigoyang tampak dengan bintik warna cenderung lebih gelap dan keberadaannya permanen atau tidak akan hilang.

Bahkan saat tidak terpapar sinar matahari sekalipun, tampilan freckles ini tidak akan menghilang. Seperti yang sudah dijelaskan di atas, kemunculan bintik di kulit ini bisa jadi salah satu indikator tingkat sensitivitas kulit. Yaitu seberapa sentisif kulitmu terhadap sinar matahari. Perlu diperhatikan, jika di bawah paparan sinar matahari kulitmu memunculkan freckles hal ini harus diatasi.

Ada baiknya Anda segera mengaplikasikan tabir surya untuk melindungi kulit dari paparan sinar matahari yang berlebihan. Meski begitu, bintik yang muncul di kulit tersebut sebenarnya bisa berubah secara alami meski tanpa dilakukan perawatan. Hal ini dikarenakan faktor cuaca, seperti halnya freckleswajah ketika musim panas.

Dalam kondisi seperti ini, freckles dapat lebih terlihat dibanding saat berada di musim dingin. Namun jika membahas mengenai faktor yang menyebabkan frecklesmuncul terkait pengaruh genetik, hal ini memunculkan pro dan kontra. Karena faktor penyebab kemunculannya berbeda-beda pada setiap orang.

Bisa saja kemunculan bintik freckles wajah tersebut terlihat di umur 1 - 2 tahun yang disebabkan faktor genetik. Tak jarang pula, ditemukan kemunculan freckles akibat konsumsi obat-obatan hormonal, terpaparan sinar matahari yang terlalu lama, dan beberapa faktor lainnya. Jadi bisa disimpulkan bahwa kehadiran freckles bisa dialami oleh siapa pun dengan banyak faktor yang melatar belakanginya.

Mencegah dan Mengatasi Freckles Muncul

Sebagian orang mungkin mengalami kemunculan freckles pada wajah dan menimbulkan rasa kurang percaya diri. Kondisi ini lebih sering terjadi pada kulit putih karena rendahnya melanin pada kulit. Pada wanita Indonesia, hal ini jarang sekali terjadi. Umumnya, bintik atau flek muncul karena paparan matahari.

Mengingat Indonesia memiliki cuaca yang tergolong tropis atau panas. Bagi mereka yang kurang percaya diri dengan adanya bintik hitam freckles wajah ini, cara mencegahnya adalah dengan rutin menggunakan tabir surya. Pastikan Anda menggunakan produk tabir surya pelindung dengan kandungan minimal SPF 30 saat beraktivitas di luar ruangan.

Anda juga harus berusaha untuk menghindari paparan terik sinar matahari. Terutamanya panas matahari pada jam 10.00 - 16.00 agar kemunculan freckles bisa dicegah dan tidak muncul banyak bintik di wajah. Bagi Anda yang terpaksa harus beraktivitas secara langsung di bawah terik sinar matahari, ada baiknya melindungi wajah dengan topi atau masker.

Tujuannya adalah untuk meminimalisir bagian kulit yang terkena sinar matahari langsung. Tapi bila Anda merasa keberadaan bintik freckles wajah sangatlah mengganggu, Anda tetap bisa menutupinya dengan makeup yang tepat agar noda tersamarkan.

Selain itu, Anda pun bisa menjalani berbagai macam terapi maupun perawatan. Contohnya saja dengan melakukan perawatan laser, cairan nitrogen, ataupun perawatan untuk pengelupasan kulit secara kimiawi melalui tenaga ahli atau dokter yang terpercaya.

Berbagai cara perawatan tersebut bisa dijadikan solusi bagi Anda yang merasa tidak percaya diri dengan kehadiran freckles wajah. Dan yang terpenting, pastikan kebutuhan nutrisi kulit Anda senantiasa tercukupi agar tidak mudah mengalami gangguan kulit.

Meski banyak orang terganggu dan merasa tidak percaya diri dengan adanya bintik freckles,namun tidak demikian bagi beberapa orang. Bagi sebagian orang lainnya, nyatanya bintik-bintik di wajah ini sempat menjadi tren makeup yang bernama faux freckles.

Tren Make Up Faux Freckles

Dahulu, bintik freckles wajah sering dianggap sebagai suatu kekurangan yang haruslah ditutupi dari segi kecantikan. Karena bintik ini muncul di sekitar wajah dan bisa membuat wanita yang dipandang menjadi tidak cantik. Tapi lain halnya dengan saat ini.

Justru sekarang, banyak pakar kecantikan yang menganggap freckles sebagai bentuk kecantikan natural bagi seorang wanita. Keberadaannya bisa menjadi kecantikan setiap wanita yang tak harus ditutupi, di mana tidak ada standar fisik khusus atau kecantikan. Seperti penjelasan di atas, beberapa orang justru tertarik dengan bintik hitam kecoklatan di wajah tersebut.

Mereka lantas menghadirkan freckles palsu pada wajah, bahkan ada pula tatofreckles bagi yang enggan menambahkan riasan tersebut. Tato freckleswajah dijadikan sebagai salah satu cara mendapat efek bintik-bintik pada wajah yang bertahan cukup lama.

Karena pada dasarnya, kemunculan freckles ini bukanlah merupakan sesuatu yang berisiko membahayakan kulit atau mengancam jiwa. Tren kecantikan dengan adanya frecklesini sukses membuat banyak orang berlomba-lomba menunjukkan kecantikan alami mereka. Meski hal tersebut harus menampilkan freckles mereka.

Tak jarang pula kita jumpai para beauty vlogger atau artis yang juga turut menerapkan make up ala ala freckles wajah tersebut. Mereka menampilkan freckles palsu melalui efek riasan. Bahkan sudah banyak yang mengunggah tips dan tutorial dalam membuat fake freckles di area wajah ini.

Jadi bagi Anda yang saat ini memiliki bintik atau flek hitam di wajah tidak lagi harus khawatir. Anda bisa menjadikannya sebagai standar kecantikan diri tanpa harus mengikuti standar kecantikan orang lain. Tidak ada salahnya menampilkan freckles wajah untuk tampilan yang lebih cantik secara natural.

Baca Juga : Manfaat Meditasi Bagi Kesehatan dan Kehidupan Seseorang

Related Posts

Posting Komentar

Subscribe Our Newsletter