Kapolda Metro: Situasi Jakarta Aman, Tak Ada Kerumunan

Kapolda Metro Jaya Fadli Imran mengungkapkan tidak ada kerumunan warga jelang pergantian tahun baru 2021 berkat penerapan crowd free night dan car free night.

Kapolda Metro Jaya Inspektur Jenderal (Irjen) Mohammad Fadil Imran mengatakan situasi DKI Jakarta menjelang pergantian tahun aman terkendali. Ia menyampaikan tak ada kerumunan yang terjadi setidaknya sampai pukul 23.00 WIB.


"Saya bersama pak Pangdam Jaya [Mayjen TNI Dudung Abdurachman] dan pak Wakil Gubernur [Ahmad Riza Patria] berkeliling melihat situasi malam pergantian tahun. Sampai saat ini mendekati jarum 23.00 situasi ibu kota terkendali, aman, tidak ada kejadian menonjol dan tidak ada kerumunan" kata Fadil kepada wartawan di Bundaran Hotel Indonesia, Kamis (31/12) malam.


Fadil berujar tempat sentral yang biasa merayakan pergantian tahun dan berpotensi menimbulkan kerumunan seperti tempat hiburan, hotel hingga restoran juga sudah bisa dikondisikan dengan tidak ditemukan pelanggaran protokol kesehatan.



Ia mengatakan hal itu merupakan keberhasilan program car free night dan crowd free night yang telah disadari oleh warga DKI Jakarta.


"Mudah-mudahan model pencegahan kerumunan, akan kita evaluasi ke depan, sehingga bermanfaat dalam memutus mata rantai penularan Covid-19 sekaligus bermanfaat bagi masyarakat DKI Jakarta," imbuhnya.


Sementara itu, Wakil Gubernur DKI Jakarta, Ahmad Riza Patria menyampaikan terima kasih terhadap adanya gagasan car free night dan crowd free night.


Ia bilang kebijakan tersebut selaras dengan upaya pemerintah provinsi DKI Jakarta dalam mencegah kerumunan di malam pergantian tahun yang berpotensi menimbulkan klaster corona baru. Salah satu kebijakan itu adalah meniadakan berbagai macam perayaan.



"Pak Gubernur [Anies Baswedan] telah mengeluarkan Ingub [Instruksi Gubernur], seruan gubernur dan berbagai kebijakan dinas terkait dengan memasuki malam tahun baru dan libur panjang. Kami telah membatasi berbagai aktivitas, kapasitas dan jam operasional dalam rangka mengurangi dan memutus mata rantai penyebaran Covid-19," ucap Riza.


Sebagai informasi, car free night berarti jalan tersebut dilarang dilalui oleh kendaraan. Sementara crowd free night, berarti jalan tersebut tidak boleh dilalui oleh pejalan kaki, pesepeda dan sebagainya. Penyekatan dilakukan di sejumlah titik.


Pelaksanaan car free night dan crowd free night dimulai pukul 20.00 WIB hingga pukul 03.00 WIB. 


Selain Sudirman-Thamrin, car free night dan crowd free night juga diberlakukan di Banjir Kanal Timur (BKT).


Related Posts

Posting Komentar

Subscribe Our Newsletter