Inspirasi Jalanan


tutlenc.blogspot.com - Hi sobat semua, di hari libur panjang ini, membuat otak kita begitu berimajinasi.
Begitu juga dengan diriku. kali ini aku mau bagikan imajinasi liarku dengan kalian semua, siapa tahu dari sebuah keliaran membuat kita menjadi jinak menjalani hidup ini.
aku beri judul

Inspirasi Jalanan

kenapa sih disebut inspirasi jalanan? ini penjelasannya

1. Lobang kecil dijalan besar yang mulus

pernah gak kamu melintasi jalanan anggaplah lebarnya 4 meteran, lalu ada lubang kecil didalamnya. dan kamu melintasi lobang itu, padahal sisi mulusnya jauh lebih banyak, kok bisa malah melintasi lobang kecilnya itu dan parahnya lagi kamu bisa melintasinya sekian kali, kebayang gak sih keselnya.
Ini membuatku berimajinasi.
Jalanan ibarat kehidupan ini. Tidak ada orang yang ingin jatuh kedalam lobang hidup yang bikin dia bersedih, dan menyesal sekecil apapun itu. Namun entah kenapa begitu banyak sisi baik yang bisa dilintasi tapi kenapa malah lobang yang kecil tadi malah dilalui. kalau dikatakan kelalaian, emang sedikit lalai. Tapi kamu harus sadar bahwa tidak ada orang yang ingin jatuh dalam penyesala, kesedihan dan lain-lain. yang perlu kita terima adalah lalui saja jalanan itu, karena pada dasarkan kita sudah ingin menghindarinya, namun tetap saja kita terjatuh ke dalamnya.

2. jalan kecil pinggir kiri kanan adalah jurang

Kemarin saat mengantar kakakku kerumahnya, diperjalanan aku melewati sebuah jalanan kecil dan kiri-kananya adalah sungai. aku jadi mikir nih. kalau aku pelan aku bisa jatuh nih, karena keseimbangan ku kurang bagus. lalu aku mikir agak cepat plus focus aja ah, kayaknya ini lebih berpeluang aku sampe tujuan dengan persentase 80% dibanding gagalnya.
imajinasiku muncul saat sudah selesai melintasi jalanan tadi.
jadi saat kita menemui sebuah pilihan dalam hidup  yang dihadapkan pada jalanan yang memiliki peluang terjatuh dan terluka lebih besar dibanding sampai tujuan. maka kita harus mengambil keputusan dengan cermat. lihat peluang selamat yang bisa kita capai dibandingkan dengan peluang gagalnya. yang perlu kita pertimbangkan adalah peluang jatuhnya pasti ada. jadi gak usah dipikirin akan jatuhnya, cuma pikirkan rasa sakit karena jatuhnya. Kejadian jatuhnya akan membuat gangguan pada keadaan psikologi kita sedangkan Rasa karena jatuhnya membuat gangguan pada fisik kita. Inilah mengapa kita harus melepaskan beban kejadian jatuhnya, agar kalau jatuh tidak melukai psikologi kita. lalu kenapa rasanya kita pikirkan. manusia pada umumnya lebih dominan mencintai fisiknya, ketika dia membayangkan fisiknya terluka maka keinginan untuk melindunginya akan meningkat.

3. dibelakang kendaraan lebih besar saat malam hari

Pasti kamu semua sudah pernah melewati jalanan saat malam hari. Ketika kita berpapasan dengan kendaraan lain, lampu kendaraan dari jalur berlawanan akan membuat mata kita silau, dan bisa saja akan membuat kita celaka karena tidak bisa melihat jalan dengan jelas. Suatu hari aku lewat jalanan dimalam hari, tapi didepanku ada mobil box besar, pas ada kendaraan dari jalur lain lewat, mataku gak silau.
sampai rumah aku mikir
didalam kehidupan ini kita diberikan kesempatan untuk melintasi jalur kiri atau jalur kanan, dan tentunya kedua jalur ini akan membuat kita selalu berpapasan satu sama lainnya. Ketika kita memiliki kemampuan lebih kecil atau sama dengan mereka yang memilih jalur lain dengan kita, maka besar kemungkinan mereka akan membuat kita silau atau terjatuh karena perbuatan mereka. Tapi disatu sisi kita juga berpeluang membuat mereka jatuh. Jika mereka tidak menyinari jalan mereka dengan caranya, maka mereka akan terjatuh dijalannya, begitu juga kita. Lalu muncullah solusinya, jika disebuah perjalanan kamu sudah yakin kamu adalah termasuk golongan yang masih kecil, berlindunglah dibalik mereka yang besar, karena dengan itu peluang kamu untuk berjalan lebih nyaman lebih tinggi, walaupun tantangannya kamu harus mengikuti kecepatan perkembangan mereka tempat kamu berlindung.

4. Ngebut sampai tujuan, tidak ngebut sampai ditujuan

Aku dalam perjalanan menuju tokoku untuk berjualan. Tiba-tiba ada yang nyalip "wuzzzzz...." aku jadi mikir ni orang ngapaen ngebut ya? ternyata jawabannya adalah hubungan antara metode, waktu dan mencapai tujuan.
ini membuatku berimajinasi
setiap orang pasti memiliki tujuan yang mana tentunya membutuhkan waktu dan metode untuk mencapainya. Apakah metode yang mereka gunakan salah dan metode yang kita gunakan benar. jawabannya pasti "yang aku gunakan adalah kebenaran". Mengapa??? jawabannya sederhana, jika itu menurutku salah kenapa aku lakukan, ya jelas secara natural aku ingin memilih yang benar (aku yang dimaksud adalah setiap aku dalam diri manusia) Mengapa sih manusia ingin memilih yang benar?? karena manusia itu ingin bahagia. 
rumusnya: bahagia = sudah hidup dengan benar
#benar {berpikir:true; berkata;true; berlaksana:true;}
jika kamu berpikir aku sudah melakukan yang benar namun gak bahagia. you need check again, something wrong.
kembali lagi, kita semua sudah melakukan yang benar, cuma kita belum tahu itu memang benar apa tidak (jika belum bahagia)
sekedar info, ini alamat tokoku ya. klik saja kalau ingin melihat lokasinya

5. Traffic light

Fungsi traffic light adalah mengatur lalu lintas disebuah persimpangan jalan. Tiba-tiba nih ada seorang kakek dan cucunya nyelonong saat lamu merah sudah menyala. Entah kenapa dari arah jalan yang lampunya hijau, tidak ada kendaraan yang narik gasnya, termasuk saya. dalam hati saya mikir "tu orang manusia gak ya?"
apa sih yang aku dapat?
dalam kehidupan ini kita membuat sebuah kesepakatan sebagai aturan untuk mengatur hidup kita agar tetap bisa hidup berdampingan dengan mereka yang memilih jalur berbeda dengan kita. tetap terus bisa berjalan hingga mencapai tujuan masing-masing. dan setiap orang tentunya ingin mencapai tujuan dengan mengikuti aturan tersebut. terkadang memang ada saja yang melanggar yang berakibat terjadinya gesekan antara pelaku kehidupan. Namun siapa sangka kadang terjadi hal-hal unik dalam hidup, padahal dia tidak dijalan yang benar kok dia tidak beregesakan dengan yang lainnya. "coba kalau aku pasti udah bergesekan tuh." menurutku mungkin ini takdir berupa kebetulan. takdir itu seperti jalur utama dan kebetulan adalah jalur spesial yang ada dijalan utama itu.

jadi mengapa disebut Inspirasi Jalanan, karena inspirasinya muncul karena jalanan
rasanya cuma itu imajinasiku yang bisa aku bagikan saat ini
semoga bermanfaat

Related Posts

Posting Komentar

Subscribe Our Newsletter