Tempat Kamping untuk pemula di Bali

 photo by : idntimes.com
Untuk kamu anak petualang pasti sudah terbiasa tidur beralaskan tanah beratapkan langit. Karena memang terlahir sebagai seorang petualang maka kamu akan mendapatkan kenikmatan hidup dengan melakukan hal tersebut. Banyak tantangan yang dilalui untuk mereka yang hobi berpetualang di alam bebas, banyak ilmu yang harus mereka timba dulu sebelum berangkat ke alam bebas, banyak perlengkapan yang wajib mereka pahami untuk digunakan. Mungkin bagi yang belum terbiasa dan tidak suka sedikit ribet, maka akan mencari alternatif agar bisa kamping namun dengan cara yang lebih mudah dengan mendapatkan sensasi kamping di alam terbuka. Di Pulau Bali sebenarnya tidak sedikit menawarkan objek-objek seperti demikian, dan sudah difasilitasi dengan berbagai perlengkapan wisata yang dikemas sehingga menjadi seperti natural.
Nah kali ini aku akan sedikit membahas mengenai tempat-tempat tersebut.

  1. Bukit Nampo (hill of heaven / bukit surga)  Berlokasi di kaki gunung Agung, tepatnya di Jungutan Bebandem, Karangasem. Untuk sampai kesini sebaiknya melalui pura Pasar Agung sibetan, setelah sampai baru kalian tanyakan lokasi bukit surga kepada masyrakat setempat. Jalan menuju lokasi sempit dan menanjak, namun bisa dilalui oleh mobil yang memiliki ketaguhan yang lumayan. Pemandangan di area perkemahan sangat indah dan alami, dari tempat perkemahan kita bisa melihat laut di lombok, nusa penida dan klungkung dan juga pada malam hari bisa melihat indahnya bintang dilangit serta lampu-lampu di permukiman penduduk di bawahnya, saat pagi hari akan bisa melihat indahnya matahari terbit. Untuk kamu yang ingin kemah disini cukup bayar 25k untuk sewa lokasinya saja, kalau kamu tidak punya tenda, tikar bisa sewa juga disini. Fasilitas yang ditawarkan adalah wifi, Parking yang luas, toilet, sumber listrik, lampu. Apabila lapar dan tidak bawa bekal, jangan kawatir, disediakan pula makanan dan jajan, harga normal, tidak ada harga dinaikkan. pagi hari kita akan dikasih kopi sama pisang goreng sambil nikmati indahnya sunrise, udara sejuk dan fresh dan hijaunya pemandangan.Pengelola I Ketut Latra bersama warga mengmbangkan wisata trekking diseputaran bukit, kebetulan masyarakat juga berkebun salak, maka juga akan di kemas oleh-oleh yang bersumber dari buah salak tersebut. Seperti kripik salak, salak wine, dan kopi salak.
    photo by : tiket.com
  2. Kampoeng Peneng Camping camp, Berlokasi di Baturiti Tabanan, yang terbilang daerahnya sejuk, namun tidak di pegunungan. Akses menuju perkemahan ini sangat mudah, karena dekat dengan jalan. Perkemahan ini bisa dibilang perkemahan yang cocok untuk bersama baik keluarga, sekolah ataupun sekolah. Untuk kamu yang tinggal di kota, dan lumayan jarang bertemu dengan alam pedesaan wajib ajak anak-anaknya kesini, karena disini mereka bisa melihat dan melakukan bagaimana menanam dan memanen hasil kebun. dan kamu juga bisa mengajak mereka trekking atau pun bersepeda mengelilingi desa. Alam dilingkungan perkemahan masih sangat hijau dan datar. pemandangan yang indah akan memuaskan mata ketika melihat perpaduan pegunungan dan hamparan lahan hijau didepan mata. Banyak package yang ditawarkan di perkemahan ini, seperti; ATV mini, Yoga, belajar tentang tanaman obat herbal, belajar panen hasil bumi, Bertani, Tenda (untuk makan dan bersantai), kemah (BBQ, api unggun), bersepeda, trekking, outbound untuk perusaha, dan tematik sekolah. Tenda yang disediakan disini juga beragam; tenda dome, tenda indian, tenda family. 
    photo credit: trivadvisor.com
  3. Keramas Beach Camping Ground, Berlokasi di Desa Medahan Kecamatan Blahbatuh Gianyar. Perkemahan disini memiliki karakteristik yaitu memiliki view laut dengan pasir hitam. Perkemahan ini sangat cocok untuk keluarga, ingat bawa obat anti nyamuk kesini, karena malamnya lumayan banyak nyamuk. di Tempat ini juga sering di adakan event perusaha. Untuk akses menuju lokasi sangat mudah dekat bypass ida bagus mantra. Fasilitasnya sudah tersedia; toilet, tenda, restaurant dan wifi. Harga sewa tenda 150k
    photo credit: airbnb.co.id
  4. Bukit Asah, Perkemahan ini belum lama di buka, berlokasi di Desa Sengkidu Kecamatan Manggis Karangasem. Dari perkemahan ini kita bisa melihat indahnya laut di karangasem, indahnya gunung agung, dan persawahan di Desa Bugbug. Yang menarik dari tempat ini adalah kita kemah di atas tebing tapi datar (kalau ajak anak selalu awasi, karena tebingnya belum dipagari), pokoknya pemandangan yang ditawarkan pasti bikin kamu puas, untuk suhunya pada malam hari sangat dingin dan siangnya lumayan menyengat. Fasilitas di tempat ini sudah lengkap, parkir, warung, penginapan, toilet, wifi, tenda dan api unggun. boleh juga membawa tenda.Tiket masuknya 5k, tenda yang besar disewakan 300k/malam muat 4 orang dan yang sedang 150k/malam. Akses menuju tempat ini sangat gampang, bisa di akses dengan mobil ataupun motor. 
    photo credit: youtube
  5. Camping D'Agro Berlokasi di Pelaga Petang badung. Perkemahan ini bisa dibilanga perkemahan ala class, berdiri di atas lahan seluas 18 hektare dan 17 hektar adalah perkebunan dan budidaya tanaman obat, buah dan sayuran. untuk kamu yang ingin menginap disini disediakan Superior Farm room, Country style Deluxe farm room, Luxury Farm Villas, kolam renang dan 2 bedroom pool Villas. Dan Tentunya untuk kamu yang suka dekat dengan alam juga disediakan perkemahan. dengan harga paket perkemahannya 1,495k/malam. dalam paket ini  kita sudah mendapatkan, tenda, matras, bantal, sarapan pagi menu indonesia untuk 2 orang. hari pertama BBQ dinner, hari ke dua boleh ikut belajar berkebun dan memasak kopi, bersepeda, trekking, belajar memasak, mengeliling desa dan lunch. 
    poto credit: bagus agro
    poto credit: bagus agro pelaga
itulah beberapa pilihan tempat kamping yang bisa kamu pilih untuk kamu yang masih belajar untuk bertualang di alam. Mungkin setelah selesai melakukan perkemahan di tempat-tempat tersebut kamu bisa ikut teman-temanmu yang udah terbiasa hidup di alam berbekal kemapuan tanpa ada yang menyediakan fasilitas perkemahan di lokasi.
semoga bermanfaat.

Related Posts

Posting Komentar

Subscribe Our Newsletter