Tugas Modul 2 Kegiatan Belajar 1.2 Kompetensi Guru

Tugas Modul 2 Kegiatan Belajar 1.2  Kompetensi Guru

Nama : I Made Sartawan
Prodi : Bahasa Bali
Unit : SMK Teknologi Wira Bhakti Denpasar


1. Empat (4)  Kompetensi guru yaitu:
a. Kompetensi pedogogik
Kompetensi pedagogik merupakan kemampuan guru yang berkenaan dengan pemahaman terhadap peserta didik dan pengelolaan pembelajaran mulai dari merencanakan, melaksanakan sampai dengan mengevaluasi dimana kompetensi ini menyangkut kecakapan guru mengenai analisa karakter siswa, mengelola kelas, merancang pembelajaran mulai dari perencanaan pelaksanaan evaluasi dan refleksi terhadap pembelajaran.
b. Kompetensi sosial
Berkenaan dengan kemampuan pendidik sebagai bagian dari masyarakat untuk berkomunikasi dan bergaul secara efektif dengan peserta didik, sesama pendidik, tenaga kependidian, orang tua     siswa, dan masyarakat sekitar. Dalam kompetensi ini menunjukanan karakter guru dimata masyarakat, siswa dan juga rekan seprofesi.
c. Kompetensi kepribadian
merupakan personal yang mencerminkan kepribadian yang mantap, stabil, dewasa, arif dan berwibawa menjadi teladan bagi peserta didik dan berakhak mulia dimana disini dituntut kepribadian guru yang harus memiliki etika yang baik , dewasa ,bijaksana, dan berwibawa sehingga bisa menjadi teladan bagi siswa.
d. Kompetensi professional.
Merupakan kemampuan yang berkenaan dengan penguasaan materi pembelajaran secara luas dan mendalam yang mencakup penguasaan  substansi  isi  materi  pembelajaran,  dan  substansi  keilmuan  yang menaungi materi dalam kurikulum, serta menambah wawasan keilmuan. Dimana disini guru harus selalu uptudate mengenai mata pelajaran yang di empu serta mampu kreatif dalam merancang pembelajaran agar pembelajaran berjalan dengan baik. 
2. Mengapa guru perlu memahami kompetensi pedagogik ? Karena Kompetensi pedagogik merupakan kemampuan guru yang berkenaan dengan pemahaman terhadap peserta didik dan pengelolaan pembelajaran mulai dari merencanakan, melaksanakan sampai dengan mengevaluasi kegiatan pembelajaran tak hanya itu pedagogik juga mengharapkan guru mampu melakukan tindakan reflektif terhadap hasil penilaian dengan demikian pedagogik ini merupakan dasar dari pendidik maka pedagogi ini penting dipahami sebagai pengetahuan dasar seorang guru dapat menjalankan tugas guru dengan baik

3. Mengapa guru perlu memahami kompetensi pedaogik guru abas 21 : Guru perlu memahami  pedagogik guru abad 21 karena di Abad 21 ditandai dengan kehadiran teknologi baru, memiliki karakteristik yang sangat berbeda dengan era sebelumnya, baik itu karateristik siswa, media, metode maupun evaluasi pembelajaran selain itu kemajuan teknologi yang pesat ini harus diimbangi oleh kemampuan memanfaatkan teknologi oleh guru  sehingga pemahaman pedagogi guru abad 21 perlu dipahami agar bisa menjalankan tugas sebagai guru abad 21. Dengan memiliki pemahaman tersebut guru bisa mentranformasi diri ke arah guru abad 21.

4. Bentuk kegiatan yang dapat diikuti oleh guru untuk megembangkan kompetensi seperti seminar, workshop, dan pelatihan-pelatihan yang diselenggrakan oleh lembaga profesi guru, forum guru (MGMP), konsorsium, perguruan tinggi, swasta maupun pemerintah dalam hal ini dinas pendidikan dan bisa juga mengikuti kuliah di perguruantinggi sesuai dengan profesi yang dimiliki/dibutuhkan untuk peningkatan kompetensi. Termasuk juga mengikuti pendidikan profesi guru.

Related Posts

There is no other posts in this category.

Posting Komentar

Subscribe Our Newsletter