Hai Komputer, Mau Tahu Dong Asal Mula Nama Kamu Darimana ?

Hai Komputer, Mau Tahu Dong Asal Mula Nama Kamu Darimana ?

Hai Komputer, Mau Tahu Dong Asal Mula Nama Kamu Darimana ?
Hai Komputer, Mau Tahu Dong Asal Mula Nama Kamu Darimana ?
edukasit.blogspot.com | image by : Heri Cahyono

Assalamu'alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

Hai Sobat Edukasit , pernahkah Anda berpikir tentang asal usul nama Komputer ?
Atau mungkin Anda sudah mencari tahu sekarang.

Baiklah disini saya akan menjelaskan secara singkat tentang asal mula nama Komputer
Setuju kan Sobat?

Komputer adalah alat elektronik yang dapat diprogram yang berfungsi untuk menyelesaikan berbagai macam masalah komputasi dan manipulasi data.
Kata komputer berasal dari bahasa Latin yaitu computare yang berarti memperhitungkan atau menggabungkan. Kata com berarti menggabungkan dalam pikiran atau secara mental, sedangkan kata putare berarti memikirkan perhitungan atau penggabungan. Dalam bahasa Inggris to compute yang artinya menghitung.

Pada masa sebelum Masehi, penggunaan kata computare digunakan sebagai panggilan untuk orang - orang yang berprofesi sebagai ahli dalam perhitungan aritmatika baik dengan menggunakan alat bantu hitung konvensional maupun tidak.

Menurut Barnhart Concise Dictionary of Etimology, kata computer mulai digunakan dalam bahasa Inggris pada tahun 1646 sebagai sebutan untuk "orang yang menghitung" atau "orang yang bertugas sebagai penghitung". Kemudian pada tahun 1897 digunakan sebagai "alat hitung mekanis", karena sangat erat kaitannya dengan hal-hal yang berhubungan dengan aritmatika. Selama Perang Dunia II, kata tersebut menunjuk kepada para pekerja wanita di Amerika Serikat dan Inggris yang pekerjaannya menghitung jalan artileri perang dengan mesin hitung.

Seiring perkembangan jaman , kata computer tidak lagi digunakan sebagai nama panggilan untuk sebuah profesi dan mulai dialihkan sebagai sebutan untuk sebuah perangkat mesin yang digunakan sebagai alat bantu untuk menghitung. Sampai saat ini, kata computer yang dulu sebagai alat hitung mekanis pada akhirnya masih terus dipakai meskipun jaman sudah berubah dan sudah berkembang lebih canggih dari segi fungsional. Dalam arti lain, tidak hanya sebagai alat hitung saja melainkan juga fungsi yang lain, namun nama computer masih melekat sampai sekarang.

Di negara Indonesia, kata computer dialih bahasa menjadi kata komputer. Hal ini terjadi karena, bahasa Indonesia memang sering mengadopsi beberapa ungkapan modern dan bahasa asing dengan beberapa perubahan yang disesuaikan dengan intonasi dan gaya bicara masyarakat Indonesia sendiri. Sehingga kata yang lebih akrab sampai sekarang adalah kata komputer.

Dari sejarah singkat di atas dapat disimpulkan bahwa kata computer yang dulu sebagai sebutan untuk sebuah profesi , saat ini sudah berubah menjadi sebuah perangkat mesin yang digunakan sebagai alat bantu menghitung dengan fungsi yang lebih canggih.

Mungkin sekarang Anda sudah jatuh cinta dengan komputer, karena hampir setiap hari pekerjaan dan aktivitas Anda menggunakan komputer.  Bahkan tidak bisa move on dari komputer.

Demikianlah yang bisa saya sampaikan tentang asal mula nama komputer.
Semoga apa yang saya tulis ini bermanfaat dan bisa dijadikan motivasi Anda semua untuk terus belajar dan mengembangkan dunia informasi dan teknologi, terutama komputer.
Terimakasih telah meluangkan waktu untuk membaca.

Wassalamu'alaikum Warahmatullahi Wabarokatuh

Related Posts

Posting Komentar

Subscribe Our Newsletter