Cara Menggunakan Kuota Internet Secara Efisien Agar Hemat Biaya

Cara Menggunakan Kuota Internet Secara Efisien Agar Hemat Biaya

Cara Menggunakan Kuota Internet Secara Efisien Agar Hemat Biaya
Cara Menggunakan Kuota Internet Secara Efisien Agar Hemat Biaya

Assalamu'alaikum Warohmatullohi Wabarokatuh

Hai, Sobat Edukasit.
Apa kabar Anda hari ini ?
Semoga selalu mendapatkan keberkahan dan kelancaran dalam setiap perjalanan hidup Anda. Amiin.

Baru saja beli kuota internet. Kok sudah habis ya?
Buat apa saja kuotanya ?
Padahal belum ada sebulan, bingung, kesal, atau tidak tahu mau ngapain.
Yuk simak beberapa tips Cara Menggunakan Kuota Internet Secara Efisien Agar Hemat Biaya.

Saat pandemi Covid-19 sekarang ini, hampir semua pekerjaan dan belajar dilakukan secara online dan tetap berada di rumah untuk mencegah penularan Covid-19. Dengan adanya Work From Home menyebabkan peningkatan konsumsi internet di seluruh dunia. Sehingga meningkatkan pula penggunaan kuota data internet masyarakat.

Baca Juga :


Menggunakan internet ketika rapat atau belajar online menjadi salah satu alasan pemakaian kuota menjadi sangat boros, padahal penghasilan belum tentu sebanding dengan pekerjaan yang Anda kerjakan saat ini, kecuali Anda sudah memiliki banyak tabungan dan investasi. Hal ini justru menjadi penyebab keresahan masyarakat, khususnya pengguna internet yang harus setiap hari bekerja dan belajar dari internet.

Pemberian koneksi tambahan di seluruh daerah pun tidak membuat tingkat konsumsi internet menjadi berkurang. Maka dari itu, sebagai pengguna Anda harus bisa mencari solusi atau cara untuk menghemat pemakaian kuota internet.

Berikut ini ada beberapa tips Cara Menggunakan Kuota Internet Secara Efisien Agar Hemat Biaya :


1. Membatasi Penggunaan Data Internet

Dengan membatasi penggunaan data internet, bisa menmbuat pemakaian kuota Anda jadi lebih sedikit. Anda bisa melakukan pengaturan pada Smartphone Anda melalui layanan Pengaturan. Kemudian pilih Penggunaan Data dan Anda bisa mengatur batas pengeluaran data internet Anda. Lakukan hal ini setiap hari sesuai dengan konsumsi kegiatan Anda agar lebih menghemat kuota internet Anda. Mudah bukan ?


2. Melakukan Update Saat Terkoneksi Wifi

Hal ini bisa membantu agar kuota internet Anda tidak cepat habis. Anda bisa melakukan pengaturan pada sistem aplikasi yang tersedia di Play Store atau App Store. Ketika  ada update aplikasi hanya saat terkoneksi Wifi saja. Dengan begitu akan membatasi pemakaian kuota utama Anda saat berselancar di internet. Sangat penting untuk melakukan cara ini agar pemakaian kuota Anda bisa lebih terkontrol.


3. Melakukan Pengaturan Situs Pencarian Ke Mode Lite

Jika Anda sering menggunakan situs pencarian seperti Google Chrome , hal ini bisa Anda coba sekarang. Pertama, buka aplikasi Chrome, kemudian pilih dan klik tanda titik tiga di sebelah kanan atas. Setelah itu pilih menu Setelan / Pengaturan yang berada di bagian bawah.  Kemudian menuju ke tab Lite Mode atau Mode Ringan dan aktifkan dengan menyentuh tombol bulat di layar Smartphone Anda. 


4. Menggunakan Aplikasi Lite

Mungkin sekarang ini Anda sering menggunakan aplikasi bawaan dengan ukuran yang besar. Hal ini bisa menyebabkan kuota internet Anda lebih cepat terkuras. Untuk mengatasi hal ini ada baiknya Anda menggunakan aplikasi Lite yang lebih ringan di Smartphone Anda. Seperti beberapa aplikasi media sosial Facebook, Twitter, Instagram dan Line. Sebaiknya Anda menggunakan yang versi Lite agar lebih menghemat penggunaan kuota internet Anda. Mudah bukan?

Nah, itulah beberapa tips Cara Menggunakan Kuota Internet Secara Efisien Agar Hemat Biaya. Semoga ini bisa membantu Anda berhemat ditengah pandemi Covid-19 ini. Semoga artikel ini  bermanfaat bagi Anda.
Terimakasih sudah membaca.


Wassalamu'alaikum Warohmatullohi Wabarokatuh




Related Posts

Posting Komentar

Subscribe Our Newsletter