Mengenal Web Developer, Web Designer, dan WebMaster

Mengenal Web Developer, Web Designer, dan WebMaster

Mengenal Web Developer, Web Designer, dan WebMaster
Assalamu'alaikum Warahmatullohi Wabarakatuh

Hai, Sobat Edukasit.
Apa kabar Anda hari ini?
Semoga tetap diberikan limpahan kesehatan dan kelancaran rezeki oleh Tuhan. Amiin...

Bagi Anda yang saat ini sedang belajar di dunia komputer dan internet, mungkin sudah pernah mendengar tentang Web Developer, Web Designer, dan WebMaster. Tetapi sebagian dari Anda mungkin ada yang belum memahami apa saja pekerjaan mereka dan apa perbedaan antara ketiga profesi tersebut. Untuk mengenal lebih dekat tentang ketiga profesi tersebut, maka Saya akan memberikan penjelasan tentang Web Developer, Web Designer, dan WebMaster. Simak artikel ini sampai habis agar Anda bisa lebih memahaminya.

Artikel Menarik : 5 Alasan Mengapa Programmer Memakai Linux

Banyak orang yang menganggap bahwa Web Developer, Web Designer, dan Web Master adalah sama, tetapi sebenarnya ada perbedaan antara ketiga profesi tersebut. Berikut ini adalah pengertian dan perbedaan antara Web Developer, Web Designer, dan WebMaster.

1. Web Developer

Web Developer  adalah seseorang yang membangun atau membuat fitur dan aplikasi pada sebuah website dengan menggunakan bahasa pemrograman. Web Developer berperan sebagai penghubung semua sumber daya yang akan digunakan pada sebuah website. Mulai dari pemanggilan database, membuat halaman website yang dinamis, hingga mengatur cara pengunjung untuk berinteraksi dengan elemen pada website tersebut. Web Developer sudah menguasai banyak bahasa pemrograman yang menunjang pekerjaannya, baik itu di sisi server maupun sisi client dan database. Sehingga mereka sudah ahli dalam membangun sebuah website yang bagus. Seorang Web Developer membutuhkan kemampuan logis untuk mengatur alur sebuah aplikasi website yang dibangunnya.

2. Web Designer

Web Designer adalah seseorang yang bekerja dengan menggunakan unsur visual yang membuat tampilan website begitu indah dan menarik. Web Designer mengisi halaman website dengan konten yang menarik, seperti gambar dan file multimedia lainnya untuk memberikan kesan tersendiri kepada pengguna website yang mereka desain. Web Designer menguasai beberapa bahasa pemrograman,  juga manipulasi image dan animasi. Web Designer biasa bekerja dengan tim, sehingga sebuah website dapat bekerja dengan baik. Selain itu para Web Designer juga ahli dalam berkomunikasi dengan baik. Seorang Web Designer membutuhkan kemampuan artistik dan kreatifitas yang baik untuk membuat tampilan desain sebuah website menjadi sangat menarik.

3. WebMaster

WebMaster adalah gabungan dari Web Developer dan Web Designer yang bertugas memelihara aplikasi web yang digunakan, bertanggungjawab untuk optimasi mesin pencari (SEO), mengisi konten pada website hingga proses pemasaran website tersebut. Seorang WebMaster bisa juga menjadi seorang manager apabila mereka bekerja pada kelompok atau organisasi yang lebih besar. Mereka bertugas mengatur pekerjaan Web Developer dan Web Designer, hingga menguji terhadap kegunaan dan aplikasi pada sebuah website. Seorang WebMaster membutuhkan kemampuan logis, artistik dan kreatifitas serta pengalaman yang banyak di bidang yang mereka tekuni.

Baca Juga : Rekomendasi Laptop Yang Cocok Untuk Desain Grafis

Baiklah, itulah pengenalan dan perbedaan tentang Web Developer, Web Designer, dan WebMaster. Apakah dari Anda ada yang tertarik untuk menjadi salah satu profesi diatas ? Jika Anda ingin menggeluti dunia web, maka Anda harus belajar banyak bahasa pemrograman dan selalu yakin bahwa Anda adalah orang yang hebat jika mau berusaha untuk menjadi apa yang Anda inginkan. Semoga artikel ini bermanfaat bagi Anda. Terimakasih sudah membaca artikel ini. Sampai jumpa di artikel selanjutnya.

Wassalamu'alaikum Warahmatullohi Wabarakatuh.

Silakan Kunjungi Artikel Lainnya :



Related Posts

Posting Komentar

Subscribe Our Newsletter