5 Alasan Mengapa Programmer Memakai Linux

5 Alasan Mengapa Programmer Memakai Linux

5 Alasan Mengapa Programmer Memakai Linux


Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

Hai, Sobat Edukasit
Apa kabar Anda hari ini ?
Semoga tetap dalam keadaan sehat dan selalu mendapatkan keberkahan dari Tuhan. Amiin.

Sistem operasi adalah perangkat lunak sistem yang mengubungkan perangkat keras, perangkat lunak komputer dan pengguna. Sistem operasi bertanggungjawab mengatur dan mengontrol kerja perangkat keras dan menjalankan aplikasi perangkat lunak di dalam suatu sistem komputer. 

Sekarang ini banyak dikenal berbagai sistem operasi, seperti Linux, Window, MacOS dan lain sebagainya.
Untuk itu, Saya akan membahas salah satu sistem operasi yang dipakai seorang programmer, yaitu Linux. Mengapa para programmer memilih Linux dan apa alasannya? 

Linux merupakan salah satu sistem operasi yang populer dan banyak digunakan di dunia, terutama di kalangan para programmer. Selain sistem operasinya yang tidak bajakan dan aplikasinya tidak memerlukan crack, ada beberapa alasan lain Mengapa Programmer Memakai Linux.

Artikel Menarik : Rekomendasi Laptop Yang Cocok Untuk Desain Grafis

Berikut ini ada 5 Alasan Mengapa Programmer Memakai Linux :

1. Gratis dan Open Source

Sekarang ini banyak yang berbayar, tetapi Linux ini masih setia menemani Anda para pencari gratisan. Linux bisa Anda unduh secara gratis tanpa mengeluarkan biaya yang mahal untuk mendapatkan sistem operasi ini, karena Anda hanya memerlukan kuota data atau Wi-Fi untuk terkoneksi dengan internet agar bisa mengunduhnya.  Selain itu, Anda juga bisa mengubah source code dari Linux sesuai kebutuhan Anda dan banyak aplikasi yang bisa Anda dapatkan secara gratis.

2. Ringan

Sistem operasi Linux tidak membutuhkan resources yang cukup besar saat di-install. Bagi Anda yang memiliki komputer atau laptop dengan spesifikasi yang standar, Linux ini sangat cocok untuk Anda gunakan.

3. Aman Dari Virus

Jika laptop atau komputer Anda sering terinfeksi virus, maka Anda bisa mencoba menggunakan Linux. Karena virus jarang atau bahkan tidak pernah menginfeksi komputer yang terpasang sistem operasi Linux. Linux merupakan sebuah sistem operasi yang didesain khusus untuk keamanan. Jadi, bagi Anda yang sekarang harus setiap hari memindai virus, bisa beralih ke Linux agar Anda bisa menggunakan waktu Anda secara efisien tidak setiap hari bergelut dengan virus di komputer Anda.

4. Mendukung Banyak Bahasa Pemrograman

Hal ini yang sangat dibutuhkan oleh programmer untuk memudahkan kerja mereka. Linux mendukung banyak bahasa pemrograman , seperti C, C++, C#, Javascript, Pascal,Java, Phyton, Ruby, Perl, PHP dan masih banyak lagi. Dengan begitu para programmer jadi lebih efisien dan efektif dalam bekerja.

5. Selalu Update

Linux merupakan sistem operasi yang mengalami update cukup cepat dan pada umumnya Linux update setiap 6-9 bulan sekali. Update tersebut berupa pembaharuan keamanan dan fitur-fitur lainnya. 

Baca Juga : Perbedaan Surface Web, Deep Web, dan Dark Web

Nah, itulah beberapa Alasan Mengapa Programmer Memakai Linux. Jika Anda tertarik untuk mencoba menggunakan sistem operasi Linux, maka Anda harus siap berpaling hati dari sistem operasi yang Anda gunakan sekarang. Semua pilihan tergantung dari Anda masing-masing, karena Anda yang lebih tahu kenyamanan dalam menggunakan sesuatu.

Jika ada alasan lain Mengapa Programmer Memakai Linux, maka bisa Anda tulis d kolom komentar. Semoga artikel ini bermanfaat bagi Anda. Terimakasih sudah membaca.

Wassalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

Related Posts

Posting Komentar

Subscribe Our Newsletter