Perbedaan Surface Web, Deep Web, dan Dark Web

Perbedaan Surface Web, Deep Web, dan Dark Web


Assalamu'alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

Hai, Sobat Edukasit
Apa kabar Anda hari ini ?
Semoga di akhir Ramadhan ini, Anda semua diberikahan manfaat dan keberkahan yang luar biasa oleh Alloh SWT. Amiin.

Pada kesempatan ini, saya akan memberikan artikel tentang perbedaan Surface Web, Deep Web dan Dark Web. Mungkin sebagian dari Anda sudah pernah mengenal dan mendengar beberapa istrilah web tersebut. Bagi Anda yang baru saja tahu, simak artikel ini sampai habis agar Anda paham maksudnya dan mengetahui perbedaan dari ketiga web tersebut.

Berikut ini adalah Perbedaan Surface Web, Deep Web, dan Dark Web :

1. Surface Web (Web Permukaan)

Ini adalah web yang setiap hari Anda akses. Surface Web atau lebih dikenal dengan Visible Web merupakan bagian dari World Wide Web (WWW) yang tersedia untuk umum dan dapat dicari dengan menggunakan mesin pencari web standar. Surface Web merupakan web paling atas dalam indeks pencarian di internet. Surface Web dapat digunakan oleh semua orang untuk mengakses sosial media , belanja, online, belajar hingga bekerja. Semua kegiatan yang dilakukan di Surface Web dapt dilihat oleh penyedia Internet Service Provider (ISP). Browser yang dipakai untuk mengakses Surface Web, yaitu : Firefox, Chrome, Opera dan web browser lain yang umum di gunakan.

2. Deep Web (Web Yang Dalam)

Ini adalah web yang jarang atau bahkan belum pernah Anda akses. Deep Web merupakan level kedua dan lebih dalam setelah Surface Web. Deep Web tidak bisa diakses dengan mudah melalui mesin pencari konvensional seperti Google atau Yahoo. Deep web terdapat bagian khusus yang tersembunyi dan berisi sejumlah besar data dan informasi yang sangat sensitif, rahasia dan penting, seperti situs internal perusahaan besar, situs database instansi pendidikan,situs web yang dilindungi password dengan akses hanya anggota, database perbankan. Browser yang dipakai untuk mengakses Deep Web adalah Tor.

3. Dark Web (Web Gelap)

Ini adalah web yang tidak pernah atau sulit untuk Anda akses. Dark Web atau biasa dikenal dengan Dark Net merupakan bagian yang paling dalam di internet, lebih dalam dari Deep Web dan usernya bersifat anonim. Pengunjung Dark Web biasanya menggunakan perangkat untuk anonimitas khusus seperti Tor untuk menutupi identitas mereka. Dark Web anyak digunakan oleh organisasi kejahatan dan perdagangan ilegal. Ada banyak hal yang bisa ditemukan disini, seperti nomor kartu kredit, paspor palsu, penjualan ganja, pembunuh bayaran bahan peledak plastik, narkoba, senjata, data sensitif milik pemerintah, pelindung tubuh SWAT, hungga replika barang mewah. Wah, jadi ini adallah web khusus orang yang sudah ahli dalam bidang tersebut.

Nah, itulah beberapa Perbedaan Surface Web, Deep Web, dan Dark Web. Jika Anda sudah mengerti, maka gunakanlah internet dengan mengakses sesuatu yang bermanfaat seperti blog ini ya Sobat. Jangan sampai Anda menggunakan internet untuk suatu tindakan yang melanggar hukum. Tetap gunakan internet untuk hal positif dan konsumsi sesuatu yang baik setiap hari. Semoga artikel ini bermanfaat bagi Anda semua. Terimakasih sudah membaca artikel ini.

Wassalamu'alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh
 

Related Posts

Posting Komentar

Subscribe Our Newsletter