Apa saja yang menjadi penyebab sakit pinggang dan cara mengobatinya ?

penyebab sakit pinggang dan cara mengatasinya

Hallosehat.xyz – Apa saja yang menjadi penyebab sakit pinggang beserta bagaimana cara mengobatinya? Sakit pinggang adalah gangguan pada pinggang berupa rasa nyeri, linu atau juga rasa sakit yang tak tertahankan. Seperti yang kita ketahui sobat, bahwa sakit pinggang bisa terjadi pada siapapun entah itu masih muda atau dewasa.

Untuk jenis sakit pinggang sendiri ada beberapa macam. Ada sakit pinggang ringan dan juga akut atau kronis. Sakit pinggang ringan biasanya sebentar dan jika diistirahatkan bisa sembuh. Sedangkan untuk sakit pinggang kronis butuh butuh waktu yang lama untuk sembuh atau butuh penanganan khusus dari dokter.

Sakit pinggang memang sangat mengganggu aktifitas kita sehari-hari. Mau gerak gimanapun juga jadi tidak nyaman bahkan sakit rasanya kalau sakit sedang sakit pinggang. Maka itu sobat semua, kita perlu mengetahui hal-hal apa saja yang selama ini menyebabkan kita sakit pinggang dan juga cara mengatasinya.


Hal Apa Saja Yang Menyebabkan Sakit Pinggang?


1. Salah Posisi Duduk Atau Posisi Gerak

Yang pertama kalau kita duduk terlalu lama atau berdiri terlalu lama bisa memicu yang namanya sakit pinggang. Hal itu dikarenakan otot-otot pada pinggang stress karena tidak bergerak terlalu lama atau menahan sesuatu terlalu lama. Yang selanjutnya juga tulang kita jika dalam posisi tertentu terlalu lama juga akan mengalami gangguan tertentu, khususnya pada tulang-tulang pada pinggang.
Kemudian sakit pinggang juga bisa terjadi karena salah gerak alias terkilir, dan ini kalau tidak ditangani dengan benar maka efek sampingnya akan buruk, yakni akan berpengaruh pada tulang ekor pinggang dan bisa menjalar pada saraf.


2. Faktor Penyakit

Ada beberapa jenis penyakit yang bisa menyebabkan terjadinya rasa sakit di pinggang. Contohnya jika seseorang mengalami sakit usus buntu, usus buntu merupakan kantong sebesar jari yang terhubung dengan usus besar yang mengakibatkan rasa nyeri pada bagian perut bawah dan memberikan efek juga ke pinggang.
Penyakit selanjutnya yang menyebabkan sakit pinggang adalah sakit kram usus, kista ovarium, radang panggul serta sindrom iritasi usus. Nah beberapa penyakit tersebut memang terhubung langsung dengan pinggang dan bisa menyebabkan sakit pinggang. Memang yang namanya organ tubuh manusia yang ada pada diri kita ini saling terkait dan terhubung, makanya jika ada salah satu yang sakit maka saluran yang terkait juga akan terganggu.


3. Obesitas

Penyebab seseorang mudah terkena sakit pinggang yang selanjutnya adalah obesitas. Seseorang yang mempunyai kelebihan berat badan tentunya memiliki struktur tubuh yang tidak seimbang. Secara logika saja jika pinggang harus menahan tubuh yang berat pasti akan mudah sakit.
Selain itu seseorang yang memiliki obesitas juga kandungan zat dalam tubuh tidak seimbang dan banyak benih penyakit. Maka dari itu ketahanan otot dan tulang pinggang akan lebih lemah dibandingkan dengan orang normal pada umumnya.
Bicara mengenai obesitas sebenarnya tidak Cuma mengakibatkan mudah sakit pinggang, namun bisa memicu banyak penyakit lainnya seperti asma, gagal jantung, asam urat, stroke dan beberapa penyakit lainnya karena kandungan lemak yang berlebihan.


 4. Asupan Makanan dan Minuman Yang Tidak Sehat

Selain beberapa faktor diatas, seseorang yang mudah terkena sakit pinggang adalah karena makanan dan minuman yang dikonsumsi tidak sehat. Misalkan saja kurang minum air putih dan telalu banyak minum minuman kemasan, itu akan memicu sakit pinggang. Karena banyak sekali minuman kemasan yang mengandung kimia pengawet yang sama sekali tidak bagus untuk tubuh kita.

Selanjutnya adalah makanan yang dikonsumsi tidak sehat, misalkan saja seseorang jarang sekali makan sayur yang bagus untuk tulang namun terus makan makanan berlemak tinggi. Selain itu terlalu banyak makan makanan berminyak juga akan memicu terjadinya sakit pinggang. Banyak sebenarnya makanan cepat saji yang mengandung bahan kimia tidak menyehatkan untuk tubuh. Contoh lain yang sering dilakukan orang-orang namun tidak disadari adalah berlebihan dalam konsumsi mie instan.

Secara garis besar mengenai apa saja yang menyebabkan seseorang mudah sakit pinggang adalah aktifitas tidak sehat, makanan tidak sehat dan kurang menjaga kesehatan pinggang seperti jarang olah raga dan juga terlalu sering malas-malasan dalam bergerak.


Cara Mencegah dan Mengobati Sakit Pinggang

Sebelum terkena sakit pinggang sebenarnya kita bisa melakukan pencegahan dalam sehari-hari kita agar pinggang tetap sehat dan juga kuat. Misalkan saja dengan memperbanyak minum air putih, memperbanyak olahraga dan pelenturan di pagi hari, dan juga menghindari aktifitas-aktiftas lain yang memicu datangnya sakit pinggang ini.

 Kita juga bisa melakukan beberapa olahraga khusus yang bisa memberikan kekuatan pada otot pinggang dan juga perut. Agar bisa lebih terhindar lagi dari yang namanya sakit pinggang. Selain itu perbanyak juga konsumsi sehat sepeti buah-buahan dan juga sayuran.

Jika sudah timbul gejala alangkah lebih baik untuk segera dihadapi. Jangan sampai dibiarkan hingga berlarut-larut. Misalkan saja melakukan kompres pada bagian yang sakit kemudian minum jamu-jamu yang bikin pinggang lebih sehat.

Dan ada satu opini saya yang menyatakan kalau obat warung justru malah mengakibatkan kecanduan, saya gak bisa nyebut merknya yang jelas hmpir di setiap warung ada dan cukup manjur untuk sakit pinggang, akhirnya banyak yang beli konsumsi secara rutin. Efek sampingnya jika tidak minum obat tersebut, sakit pinggang kumat lagi dan menyebabkan tulang jadi keropos.

Dalam kondisi yang lebih lanjut tentu sobat semuanya harus segera konsultasi ke dokter agar mendapatkan diagnose dan juga penanganan yang tepat. Misalkan saja sakitnya gak tertahankan atau sakit pinggang yang tak kunjung sembuh dalam beberapa hari. Bisa jadi karena ada penyakit lain dalam tubuh.

Oke sobat itu tadi sharing saya hari ini mengenai sakit pinggang tentang apa saja yang menjadi penyebab serta bagaimana cara mencegah dan mengtasinya. Setiap sharing yang saya tulis dalam blog ini adalah sebatas pengetahuan saya saja. Jika ada yang kurang saya siap dikoreksi lagi. Dan terima kasih


Jangan lupa kunjungi : Blog Lifestyle

Related Posts

Posting Komentar

Subscribe Our Newsletter