5 Tips Menjaga Kesehatan Hati Dalam Keseharian Kita

Hallosehat.xyz - Hallo sobat hallosehat, kali ini saya ingin membahas sesuatu yang termasuk kedalam daftar kunci kebahagiaan hidup ini, yakni memiliki hati yang sehat. Banyak orang mungkin yang melupakan perkara yang satu ini, dimana kesehatan hati bahkan juga menentukan kesehatan jasmani kita.

Ngomong-ngomong soal kesehatan hati, sebenarnya hati yang sehat seperti apa dan yang seakit itu seperti apa sobat? Hati yang sehat tentunya yang dalam keadaan baik-baik saja, damai, bahagia dan yang penting dalam keadaan yang tenang dan juga sadar.

Lalu hati yang sakit seperti apa? Hati yang sakit akan cenderung gelisah, tidak tenang, marah tau juga sakit karena kecewa atau hal yang tidak menyenangkan lainnya.

5 Tips Menjaga Kesehatan Hati Dalam Keseharian Kita


tips menjaga kesehatan hati
Ilustrasi Foto oleh Pixabay dari Pexels

Tidak berbeda dengan kesehatan badan, hati juga perlu kita rawat kondisinya agar bisa tetap sehat dan juga hidup dengan baik. Kali ini saya akan berbagi beberapa tips pada sobatku semuanya mengenai cara menjaga hati kita agar tetap sehat. Antara lain sebagai berikut :

1. Rajin Beribadah

Yang pertama adalah ibadah atau hubungan baik kita dengan Tuhan. Bagi yang muslim mungkin dengan rajin menjalankan sholat dan juga rukun islam lainnya. Kenapa rajin beribadah bisa menjaga kesehatan hati kita? Yang perlu kita semuanya ingat adalah kedamaian dan juga keresahan hati kita bisa terjadi karena kehendakNya. Jadi dengan kita rajin beribadah kita akan lebih mungkin untuk mendapatkan ridhoNya.

Sebenarnya ibadah bukan cuma soal kewajiban kita, Tuhan tidak disembahpun Dia tetap Kekal, tetap Abadi. Sebaliknya dengan kita, kalau kita tidak beribadah kita yang akan jauh dari ridhoNya dan akan lebih dekat pada murkaNya. Hal ini tentunya akan menjadikan kita memiliki ketidakbahagiaan dan ketidaktenangan.

Kalau bicara mengenai ibadah, mari kita lakukan sesuai dengan keyakinan masing-masing. Saya menulis ini pun bukan berarti saya lebih rajin beribadah ketimbang sobat semuanya, tapi saya menulis ini juga untuk memotivasi diri saya agar bisa rajin beribadah.


2. Berfikir Positif/Prasangka Baik

Tips yang kedua agar kita bisa menjaga kesehatan hati kita adalah dengan berfikiran positif atau memperbanyak prasangka baik. Seperti yang kita ketahui sobat, seandainya kita banyak prasangka buruk dan juga kekhawatiran yang berlebihan membuat hati dan hidup kita tidak tenang.

Berfikir positif juga banyak dampaknya dalam kehidupan kita, kita bisa menjadi lebih optimis dan juga bisa menjadi lebih tenang dalam menjalani hari-hari kita. Selain itu dengan berfikir positif akan menarik hal-hal baik akan terjadi. Tidak hanya itu, dalamilmu psikologi mengatakan jika kita sering berfikir positif akan menarik segala macam keberuntungan dalam hidup kita.

Yuk kita belajar untuk mensugesti hari-hari kita dengan fikiran yang positif, kata-kata yang positif juga prasangka yang baik terhadap orang lain, dengan begitu hidup kita akan lebih baik karena memiliki hati yang tenang.

Berfikir positif juga akan mengundang tindakan-tindakan yang positif dalam keseharian kita, misalkan saja sering tersenyum, jadi ramah dengan orang lain, tidak baperan, makanya bisa mendukung sekali untuk menjaga kesehatan hati kita


3. Pandai Bersyukur

Tips yang ketiga untuk menjaga kesehatan kita adalah dengan pandai bersyukur atas keadaan atau kejadian apapun dalam hidup kita.

Yang perlu kita ingat adalah :

" Semua yang kita harapkan belum tentu akan terjadi
Semua yang datang kepada kita belum tentu hal yang kita inginkan
Dan semua perlakuan orang lain belum tentu seperti yang kita harapkan
Tapi semua yang terjadi, maka sudah pasti ada pada diri kita "

Dari pernyataan diatas sangat jelas sekali, bahwa dalam hidup ini tidak semua yang kita inginkan akan tercapai. Makanya jalan pintas utama untuk bahagia adalah mensyukuri terlebih dahulu apa yang ada. Dengan bersyukur kita bisa berdamai dengan keadaan sobat, dan dengan bersyukur kita akan tahu lebih banyak lagi hal-hal indah dalam hidup kita yang selama ini jarang kita sadari.


4. Berbagi Dengan Sesama

Tips selanjutnya agar kita bisa menjaga kesehatan hati kita adalah dengan berbagi dengan sesama. Seseorang yang mempunyai kepedulian terhadap orang lain pastinya akan memiliki hati yang lebih lembut. Jika kita belum bisa melakukannya, maka kita bisa belajar, saya pun begitu, masih terus belajar.

Dengan berbagi kita akan tahu bagaimana beban orang lain. Dengan berbagi pula kita juga berbagi kebahagiaan yang kita miliki. Rumus kebahagiaan dalam hidup, ketika kita bagikan justru semakin bertambah. Sobat gak percaya? Coba praktekin sendiri kalau tidak percaya, maka akan tahu rasanya lebih bahagia dengan berbagi.

Berbagi tidak harus selalu banyak, sedikit namun ikhlas maka akan menjadi bernilai. Dan berbagi tidak selalu soal uang, berbagi nasehat dan rejeki kita yang lain seperti barang dan makanan juga bisa membuat hati kita lebih sehat.


5. Memiliki Cinta

Tips yang kelima mengenai menjaga hati agar tetap sehat adalah dengan kita memiliki cinta. Cinta gak selalu dengan pacar atau kekasih, namun juga cinta yang kita miliki untuk orang-orang disekitar kita. Mulai dari keluarga, teman, sahabat atau orang lain.

Seseorang yang memiliki cinta hidupnya akan lebih bahagia, dengan begitu hatinya akan tetap sehat. Berbeda dengan orang yang tidak memiliki cinta pasti akan hampa atau juga dipenuhi dengan kebencian.

Oke sobat hallosehat, demikian sharing dari saya hari ini mengenao bagaimana caranya menjaga kesehatan hati kita. Semoga bisa memberikan manfaat dan terima kasih.

 

Jangan lupa kunjungi : Blog Lifestyle

Related Posts

Posting Komentar

Subscribe Our Newsletter