Cara Agar Wajah Mulus Tidak Berjerawat

Hallosehat.xyz. Cara Agar Wajah Mulus Tidak Berjerawat, sobat hallosehat pasti sudah tidak asing lagi dengan yang namanya jerawat, si kecil mungil namun cukup meresahkan. Baik itu cowok maupun cewek sebenarnya sangat penting untuk merawat muka agar terbebas dari jerawat.

Jerawat itu sendiri datang atau muncul pasti ada sebabnya, entah itu dari permukaan kulit yang kurang terawat atau bisa juga muncul karena dipacu oleh jenis-jenis makanan yang bisa menimbulkan jerawat. Sebenarnya sih jerawat kadang dibiarkan begitu saja juga bisa hilang, namun jangan salah karena terkadang jerawat itu juga bisa menyebar. Dan jika cara menanganinya tidak benar justru bisa merusak wajah, entah itu jadi kasar atau menimbulkan bekas jerawat.

Cara Agar Wajah Mulus Tidak Berjerawat


cara merawat wajah agar kulit mulus tidak berjerawat
Gambar oleh Alexandr Ivanov dari Pixabay

Hal-hal apa saja yang bisa memicu tumbuhnya jerawat?

Proses terjadinya pembentukan jerawat sendiri karena foliker rambut atau tempat tumbuhnya rambut pada kulit tersumbat oleh mintak dan menjadikan sel kulitnya menjadi mati. Nah akibatnya meradang dan ditandai kemunculan simungil yang satu ini. Bentuk jerawat pun beraneka ragam, ada benjolan berwana merah atau kuning, kadang jerawat agak bulat dan merah dan ada juga jenis jerawat kotor yang berwarna kuning dan mengandung nanah.

Kali ini aku coba jabarkan beberapa hal yang bisa menyebabkan timbulnya jerawat antara lain sebagai berikut :

  • Kondisi kelenjar minyak berlebihan, bisa terjadi karena kebiasaan hidup yang kurang sehat atau konsumsi makanan yang mengadung banyak minyak
  • Faktor genetik atau keturunan kadang juga bisa menjadi faktor tumbuhnya jerawat, dalam hal ini karena memiliki struktur kulit berminyak yang sama.
  • Kelebihan produksi sebum, sebum adalah kelenjar dalam kulit yang mencegah kulit kering dan berjerawat.
  • Perubahan hormon dalam tubuh biasanya terjadi pada wanita saat haid atau menstruasi
  • Stress yang berlebihan juga bisa menjadi penyebab tumbuhnya jerawat karena menyebabkan beberapa otot dan zat pada wajah dan kepala bekerja terlalu keras.

Jangan lupa kunjungi my sister's blog : tifaniadelia.com

Bagaimana Cara Pencegahan Yang Baik Agar Jerawat Tidak Muncul?

Pencegahan agar tidak berjerawat bisa dilakukan dengan banyak cara, namun garis bawahnya adalah pada kebersihan dan kesehatan wajah. Sobat bisa melakukan beberapa tips dibawah ini agar terhindar dari munculnya jerawat pada muka.

  • Rajin mencuci muka setelah bepergian kemanapun, guna membersihkan wajah dari debu dan juga bakteri yang akan menempel.
  • Mencuci muka dua kali sehari dengan pembersih wajah yang bebas minyak
  • Membersihkan riasan atau kosmetik apapun sebelum tidur agar netral
  • Menghindari penggunaan kosmetik yang berlebihan apalagi dengan kualitas yang tidak terjamin
  • Menjaga seluruh kebersihan tubuh terutama yang sering kontak langsung dengan wajag seperti kedua telapak tangan kita
  • Mengurangi stress yang berlebihan
Itu adalah beberapa tips agar sobat bisa terhindar dari munculnya jerawat pada muka. Selain itu bisa juga dengan rajin melakukan maskeran dengan bahan alami seperti dengan buah-buahan, karena  lebih sehat dibandingkan dengan kosmetik yang banyak terdapat minyak dan kandungan kimia lainnya.

Bagaimana Cara Mengobati Jerawat Yang Muncul?


Jika jerawat sudah terlanjur muncul ya mau gak mau kita harus mengobatinya. Yang paling pertama adalah sering membersihkan muka dengan air yang bersih. Mengurangi makanan-makanan berminyak dan berlemak terlebih dahulu hingga jerawat hilang.

Jangan lupa juga untuk membersihkan semua alat kosmetik atau alat-alat yang kita pakai sehari-hari misalkan masker atau yang lainnya. Pastikan semua dalam kondisi bersih agar mempercepat hilangnya jerawat. Menggunakan masker alami seperti buah mentimun dan juga buah lain yang banyak mengandung vitamin c untuk kulit. Itu juga bisa kita lakukan secara rutin pada saat jerawat muncul.

Adapun ada beberapa hal yang harus kita hindari pada saat jerawat muncul. Salah satunya adalah memecah jerawat dengan paksa. Memang sekilas cara ini cepat dan efektif, tapi akan merusah kulit disekitar jerawat, selain itu juga bisa menjadikan timbulnya bercak hitam bekas jerawat. Beda dengan jerawat yang pecah dengan sendirinya, jerawat yang pecah sendiri tidak akan merusak area sekita jerawat karena tidak ada tekanan khusus.

Jangan lupa untuk menggunakan sabun yang sehat dan tidak mengiritasi kulit, ini juga bisa mempecepat program penyembuhan jerawat. Kemudian yang gak kalah penting pada saat selsai mandi jangan lupa untuk membilas wajah dan juga tubuh sampai benar-benar bersih, bekas sabun juga bisa memperparah jerawat anda jika sobat tidak maksimal dalam membilasnya.

Buat sobat yang berambut panjang usahakan juga rambutnya tidak selalu menutupi jerawat tersebut, biarkan saja dia mendapatkan asupan udara yang cukup. Dan juga jika memiliki rambut yang panjang lebih rajin lagi dalam mencuci rambut, agar tidak ada bakteri yang nantinya akan memperparah kondisi muka yang berjerawat.

Kemudian jika jerawat tidak kunjung hilang alangkah lebih baik untuk berkonsultasi kepada dokter. Dengan berkonsultasi kepada dokter akan lebih tepat dalam penanganan karena setiap orang memiliki jenis kulit wajah yang berbeda-beda.

Oke sobat demikian sharing saya kali ini mengenai soal jerawat dan disini saya hanya menyampaikan sebatas yang saya tahu saja. Jika ada koreksi silahkan lampirkan pada kolom komentar, kemudian yang paling penting jika anda ingin melakukan tindakan khusus pada muka berjerawat anda jangan lupa untuk konsultasi ke dokter terlebih dahulu karena setiap kulit wajah seseorang berbeda-beda. Itu mengenai Cara Agar Wajah Mulus Tidak Berjerawat. Mudah-mudahan bisa memberikan manfaat dan terima kasih.
 
Jangan lupa kunjungi : Blog Lifestyle

Related Posts

Posting Komentar

Subscribe Our Newsletter