Cara Mengatasi Fobia Sosial Agar Cepat Sembuh

Hallosehat.xyz - Penyebab dan Cara Mengatasi Fobia Sosial, ada sebagian orang yang mengalami ketakutan berlebihan terhadap sosial mereka pasti ada penyebab dan juga cara mengatasinya atau menyebuhkannya.

Biasanya orang yang memiliki fobia sosial cenderung takut berlebihan jika ada keramaian, hal ini disebabkan sigestinya menganggap bahwa dunia sosial seperti halnya momok yang menakutkan bagi dirinya. Orang yang memiliko fobia sosial akan berusaha sekuat mungkin untuk menghindari interaksi dengan banyak orang dan cenderung nyaman dengan kesendiriannya.

Cara Mengatasi Fobia Sosial Agar Cepat Sembuh


Cara Mengatasi Fobia Agar Cepat Sembuh


1. Apa Saja Yang Menyebabkan Seseorang Memiliki Fobia Sosial?


Yang paling utama adalah karena pengalaman hidup dari seseorang itu sendiri. Ada sebuah pengalaman yang membuat si fobia sosial ini membenci atau takut untuk berinteraksi dengan orang lain. 

Misalkan saja di masa lalunya pernah dibully dan juga disakiti oleh banyak orang.Pengalaman tersebut akan membekas dan mensugesti seseorang hingga berkelanjutan. 

Kemudian bisa juga dari lingkungan yang dia tempati ada ketidakcocokan dengan dirinya yang menimbulkan kerakutan berlebihan. Hal ini awalnya mungkin hanya merasa tidak nyaman saja, namun jika seseorang itu terus terancam dan mencoba menghindarinya terus menerus akibatnya akan memiliki phobia sosial yang berlebihan.

Ada juga yang menyebutkan kalau faktor keturunan alias dari keluarga pemalu ada kemungkinan lebih besar untuk terjangkit fobia sosial ini. Kalau menurut saya bukan pada gen keturunannya, namun lebih pada pendidikannya dari lingkungan keluarga yang juga turut membuat seseorang mengalami phobia sosial sejak kecil. Hal itu kita tahu bersama bayi baru lahir tidak memiliki rasa apapun, sedangkan semuanya terbentuk dari keluarga terlebih dahulu.

Atau juga bisa disebabkan karena di masa lalunya pernah dipermalukan atau secara tidak sengaja mengalami hal yang memalukan. Sehingga dia menjadi rendah diri kemudian memiliki kecemasan yang berlebihan untuk berkumpul dengan orang lain.


Bagaimana Cara Mengatasi dan Mengobati Seseorang Yang Terjangkit Fobia Sosial?


Seseorang yang mengalami fobia sosial sebenarnya cukup kasian. Karena mereka takut pada hal yang seharusnya tidak mereka takutkan. Kemudian mengenai langkah-langkah penyembuhannya harus melalui proses tertentu dari dia mulai belajar berani sampai dengan benar-benar sembuh.

Cara yang pertama adalah mendapatkan pendekatan dari orang-orang sekitar. Jika orang-orang di sekitarnya mau mendekatinya kemudian bisa menunjukkan bahwa interaksi dengan banyak orang bukan hal yang menakutkan. Lama-lama sugesti ketakutan tadi juga akan berubah. Hal ini bisa terjadi asalkan orang-orang d sekitarnya peduli dan mau berperan dalam kesembuhan orang tersebut.

Yang kedua adalah mendapatkan pondasi psikologi yang baru dalam dirinya. Biasanya jika mengalami phobia akan bisa disembuhkan oleh psikolog. Karena psikolog tahu bagainana cara mengubah kecemasan dari seseorang itu secara perlahan.

Saya punya sebuah tips, mungkin ini biat kamu sobat yang memiliki gejala fobia sosial ini. 


1. Membangun Sugesti Baru

Jika sobat mengalami hal ini atau orang terdekat dari sobat yang mengalaminya. Coba untuk mulai memasukkan sugesti-sugesti positif mengenai interaksi dengan orang lain. Yang namanya phobia sosial, dia pasti memiliki prasangka buruk tentang interaksi dengan orang lain. Jadi prasangka itulah yang harus mulai dihilangkan diganti dengan prasangkan baik dengan interaksi dengan orang lain.

Sugesti juga bisa dilakukan dengan menonton film-film yang menunjukkan pentingnya interaksi dengan orang lain serta indahnya interaksi dengan orang lain, atau film-film yang menceritakan idahnya kebersamaan.

2. Belajar Mencintai Kebersamaan

Yang kedua adalah berusaha mencintai kebersamaan, mencoba menerima dengan baik bahwa semua yang dilakukan oleh orang lain tidak akan menyakiti dirinya. 

3. Melatih dan Membiasakan

Tips yang ketiga adalah mau mencoba, kalau tidak mau menncoba sampai kapanpun kalau anda memiliki sebuah phobia tidak akan sembuh. Yakinlah bahwa apa yang sebenarnya selama ini sobat takutkan bukanlah hal yang menakutkan, bahkan itu adalah hal yang sebenarnya menyenangkan.

Jika mau nekat mencoba lama-lama anda akan berani menghadapinya. Dan jika sudah sering mencoba, lama-lama sobat bakalan terbiasa dengan itu dan tidak akan takut lagi.

Oke sobat demikian saja sharing dari saya kali ini mengenai cara mengatasi fobia sosial. Mudah-mudahan bermanfaat dan terima kasih.
 
Jangan lupa kunjungi : Blog Lifestyle

Related Posts

Posting Komentar

Subscribe Our Newsletter