Mengetahui Penyebab Kolesterol dan Cara Mengatasinya

Mengetahui penyebab kolesterol tinggi dan cara mengatasinya, setiap orang memang pengennya sehat terus, namun apa daya yang namanya sakit kadang tidak diduga-duga. Entah itu kadang tidak sengaja atau disebabkan pole hidup kita sendiri yang tidak sehat akhirnya menjadika kita sakit.

Salah satu penyakit yang berbahaya yakni kolesterol tinggi. Sebenarnya sih kalau kolesterol standar malah justru bagus, karena bisa membantu tubuh buat membangun sel-sel baru biar seluruh fungsi tubug nomal, selain itu jika memiliki kadar kolesterol yang standart juga bisa membantu dalam proses percernaan agar lebih lancar.

Namun kebalikannya jika kolesterol terlalu tinggi justru akan membahayakan bagi seseorang. Karena kolesterol yang tinggi bukannya membantu menumbuhkan sel baru namun justru sebagian mengendap pada dinding arteri lalu kemudian menjadi penyakit.

Buat yang belum tahu sejatinya kolesterol itu apa, kolesterol sendiri senyawa lemak berlilin  yang banyak atau besar diproduksi didalam organ hati dan sebagian lainnya berasal dari makanan yang kita konsumsi sehari-hari.

Mengetahui Penyebab Kolesterol dan Cara Mengobatinya
Ilustrasi Orang Terkena Kolesterol Tinggi Source : sehatq.com

Penyebab Kolesterol Tinggi

Penyebab dari kolesterol terlalu tinggi ini ada banyak macamnya, karena pola makan yang tidak sehat akhirnya banyak memasukkan zat-zat yang jahat kedalam tubuh. Seperti yang saya sebutkan diatas tadi kalau kolesterol berasal dari makanan yang kita makan, jadi kalau kandungan zat lilinnya berlebihan kolesterolnya pun berlebihan.

Kalau menurut WHO memang 30% persen dari masyarakat Indonesia ini memiliki kemungkinan untuk mengidap kolesterol tinggi. Hal itu dikarenakan pola makan kita yang mengandung banyak minyak, seperti gorangan dan juga banyak makan jenis daging serta sedikit sayuran.

Selain itu karena sebagian orang kurang membudayakan olahraga di keseharian mereka, hanya sibuk bekerja saja.

Selain itu kadang seseorang yang sudah menjaga pola hidup sehat sekalipun bisa terkena kolesterol karena faktor keturunan. Makanya jika ada seseorang yang memiliki keluarga yang mengidap kolesterol alangkah lebih baik jika memeriksakan kadar kolesterolnya.

Resiko mengidap kolesterol tinggi juga bisa di derita oleh para penderita hypertensi, diabetes, kemudian menderita stroke ringan atau penyakit arteri preifer. Karena bisa memberikan efek pengolahan kolesterol yang tidak maksimal.


Gejala atau Tanda-tanda seseorang mengidap kolesterol tinggi

Seseorang yang mengalami kolesterol biasanya akan mengalami nyeri di dada depan, kemudian akan mengalami nyeri pada lengan saat fikiran sedang berat atau stress. Selain itu akan terjadi hambatan aliran darah karena kelebihan kadar kolesterol mengakibatkan hambatan di beberapa titik, bisa di jantung otak dan akan mengalami titik-titik kumpul yang berlebihan pada titik tertentu.

Jika tidak segera ditangani dengan baik bisa berakibat fatal yakni mengalami stroke atau gagal jantung.

Untuk mengetahuinya lebih lanjut diperlukan sebuah diagnosa khusus ke dokter. Biasanya dimulai dari pemeriksaan darah, kemudian pemeriksaan fisik. Untuk tes darah yang biasa digunakan untuk mengecek kolesterol adalah panel lipid.

Alat ini bisa mengukur kadar kolesterol total seseorang, kadar kolesterol LDL dan juga trigliserida. Ketika kita ke dokter untuk melakukan cek kolesterol biasanya dokter akan mengambil sample darah, kemudian akan diberikan pemberitahuan kapan tesnya akan keluar dan akan dhubungi kembali.


Pencegahan dan Cara Mengatasi Kolesterol

Untuk kita semua agar terhindar dari kolesterol tinggi yang utama adalah membiasakan makanan sehat dan juga konsumsi makanan yang rendah lemak. Perbanyak makan-makanan sayur sehat dan juga buah-buahan. Selanjutnya adalah membiasakan diri untuk olag raga. Karena dengan olahraga yang teratur bisa menyeimbangkan kandungan seluruh zat dalam tubuh.

Selanjutnya untuk mencegah kolesterol tinggi kurangi, hindari atau kalau bisa berhenti merokok. Karena zat kimia dalam rokok itu juga bisa memicu terjadinya kadar kolesterol yang berlebihan. Selain rokok ada juga harus menghindari minum-minuman beralkohol karena dengan minuman beralkohol akan lebih sulit system cernanya dan menyebabkan penumpukan dalam tubuh.

Disrankan juga untuk yang memiliki berat badan berlebihan untuk melakukan diet guna mengurangi kolesterol yang tinggi. Karena kandungan lemak jahat yang terlalu banyak bakalan memicu kolesterol tinggi.

Untuk cara mengatasinya yang paling utama ya harus ke dokter. Karena jika ke dokter akan lebih jelas kadar kolesterolnya seberapa tinggi sehingga bisa ditangani dengan tepat. Untuk mengatasi jika terlanjut terkena koleterol tinggi dari diri sendiri harus berperan aktif seperti tips diatas selain mendapatkan pengobatan dari dokter.

Demikian sobat tips kali ini mengenai kolesterol tinggi, penyebab apa dan cara mencegah beserta mengatasinya, semoga bisa bermanfaat dan terimakasih.


Jangan lupa kunjungi : Blog Lifestyle

Related Posts

Posting Komentar

Subscribe Our Newsletter