Mengetahui Penyebab Diare dan Cara Mengatasinya

Hallosehat.xyz – Mengetahui Penyebab Diare dan Cara Mengatasinya. Tahukah sobat mengenai penyebab diare dan cara mengatasinya? Diare memang kelihatannya sepele dan tidak berbahaya, namun meskipun itu diare ringan bisa sangat mengganggu aktifitas kita, selain itu juga diare sangat menyakitkan perut dan dalam tingkat lanjut bisa membahayakan diri kita.

Diare adalah sebuah ganggian dalam proses buang air besar lebih sering atau kondisi tidak normal. Semua orang pasti pernah mengalami diare, baik itu masih muda, anak-anak, balita, bahkan sampai orang tua sekalipun bisa diare. Sebagian besar diare tersebut disebabkan karena kesalahan diri sendiri dalam menjaga pola hidup yang sehat.

Mengetahui Penyebab Diare dan Cara Mengatasinya

Gambar oleh Darko Djurin dari Pixabay 

Apa Saja Hal Yang Menyebabkan Diare?

Ada banyak faktor sebenarnya yang tidak disadari seseorang dan itu menyebabkan munculnya penyakit diare. Misalkan saja dari toilet atau tempat yang kotor atau tempat umum lalu tidak segera mencuci tangan, nah pada saat itu tangan berkontak langsung dengan hidung dan mulut kemudian bakteri ikut masuk dalam tubuh. Dan kebiasaan-kebiasaan kurang bersih lainnya juga merupakan faktor utama yang menyebabkan seseorang terkena penyakit diare.

Selain faktor diatas adalah memakan jenis makanan yang bisa memicu terkena diare, entah itu dari makanannya yang kurang bersih atau dari kandungan makanan itu sendiri. Ada beberapa orang yang kondisi tubuhnya sangat intoleransi terhadap makanan tertentu, misalkan saja terkena makanan pedas sedikit langsung diare, ada juga contoh lain ketika menkonsumsi kopi bisa jadi diare, untuk orang-orang seperti itu memang memiliki ketahanan kurang terhadap makanan tertentu.

Faktor yang ketiga adalah makanan yang mengandung zat yang berlebihan atau melewati batas. Kalau ini bisa terjadi pada siapapun, contoh, ketika makan sambal sedikit juga gak akan apa-apa, tapi bagaimana dengan makan sambal 1 mangkok, pasti jadinya diare, untuk yang ketiga adalah komposisi atau zat makanan yang berlebihan

Fakor lainnya adalah karena efek samping jenis obat tertentu juga bisa, atau faktor ususnya sendiri yang bermasalah. Misalkan saja pasca operasi dan sejenisnya, itu juga lebih mudah terserang diare karena dalam kondisi yang kurang sempurna.


Apa Saja Gejala Orang Yang Terkena Diare?

Gejala atau tanda-tanda bahwa seseorang terkena diare antara lain adalah pada saat buang air besar feses jadi lebih cair. Selain itu perut sembelit terus menerus karena pencernaan yang tidak normal. Tanda yang selanjutnya adalah berkali-kali buang air besar.

Tanda-tanda lain dari seorang yang terkena diare adalah dia mengalami kram perut dan mual-mual. Pada diare tingkat lanjut kadang juga menyebabkan seseorang muntah-muntah dan juga mengalami pusing kepala. Untuk tanda-tanda pada anak-anak biasanya anak lebih cepat dehidrasi, selain itu ia jarang buang air kecil, serta pada saat mereka menangis mereka tidak mengeluarkan air mata.


Apakah Diare Bisa Semakin Parah Dampaknya?

Iya benar seseorang yang diare tingkat lanjut alias gak sembuh-sembuh akan menimbulkan efek samping yang lain. Misalkan saja jadi tidak bertenaga atau lemas. Kemudian jika mengalami infeksi besar juga bisa berdampak pada organ-organ lain dalam tubuh seseorang. Saya pernah membaca nya disebuah buku kalau diare yang parah juga bisa menyebabkan kejang serta lumpuh, jadi jika sobat mengalami gejala diare, sebelum menjadi lebih parah, alangkah lebih baik jika segera diatasi atau diobati.


Bagaimana Cara Mencegah dan Mengatasi Diare?

Untuk mencegah anda agar tidak terkena diare yang paling pertama adalah terapkanlah pola hidup sehat. Pola hidup sehat meliputi beberapa hal, makan yang sehat, perilaku yang sehat, tempat yang sehat dan juga aktifitas yang sehat. Untuk contohnya seperti apa saya yakin sobat semuanya sudah paham, yakni menjaga kebersihan tubuh dengan baik, memakan dan minum makanan dan minuman yang sehat serta rajin berolahraga.

Untuk mengatasi atau mengobatu diare, ada beberapa alternative. Sobat bisa mulai dengan obat diare yang alami jika ada, misalkan meminum larutan kunyit, memakan daun jambu dengan garam, itu mungkin sudah sejak dari dulu dipraktekkan bahkan sebelum imu kedokteran maju seperti sekarang, dan buktinya pun cukup manjur

Kemudian bisa juga sobat meminum obat-obatan untuk diare atau apotik terdekat. Namun yang perlu diperhatikan jika diare tidak kunjung sembuh berarti harus segera pergi ke dokter untuk menjalani pemeriksaan, karena bisa jadi ada gangguan kesehatan lainnya.

Oke sobat, itu tadi adalah sharing dari saya mengenai penyakit diare, penyebab, gejala dan juga cara mengatasinya. Semoga saja bermafaat dan terima kasih.


Jangan lupa kunjungi : Blog Lifestyle

Related Posts

Posting Komentar

Subscribe Our Newsletter