Apa Saja Penyebab Insomnia dan Bagaimana Cara Mengatasinya

Hallosehat.xyz - Penyebab Imsomnia dan Cara Mengatasinya, imsomnia adalah sebuah kondisi dimana seseorang mengalami susah tidur. Sobat semuanya yang sering mengalami imsomnia sebaiknya segera diatasi, karena jika sering terjadi akan berdampak buruk bagi kesehatan.

Setiap orang harusnya memiliki istirahat yang cukup, gara-gara imsomnia menjadikan seseorang tidak punya waktu yang cukup untuk istirahat. Efeknya secara langsung pada keesokan harinya, fikiran jadi kurang fokus, kepala menjadi lebih berat, daya tahan tubuh lemah dan bisa mengundang penyakit.

Apa Saja Penyebab Insomnia dan Bagaimana Cara Mengatasinya

penyebab-insomnia-beserta-cara-mengatasinya



Imsomnia bisa terjadi pada siapa saja, kondisi yang sangat tidak nyaman ini sekilas memang tidak berdampak apa-apa, namun jika diteliti lebih lanjut banyak sekali dampaknya. Bisa bedampak pada emosi seseorang, mood, kesehatan tubuh dan ujung-ujungnya akan menyebabkan banyak kerugian dalam kehidupan sehari-hari.

Apa Saja Yang Menjadi Penyebab Imsomnia ?

Orang yang bisa tidur nyenyak adalah yang mempunyai ketenangan dalam fikiran dan juga hatinya, selain itu juga dengan kondisi tubuh yang normal. Namun jika seseorang mengalami gangguan dalam fikiran mereka seperi sedang dalam masalah, sedang cemas atau depresi biasanya mendorong otak dan tubuh tidak mau istirahat dengan tenang.

Penyebab lainnya adalah pola kehidupan sehari-hari, misalnya sering begadang. Awalnya mungkin tidak pernah imsomnia, namun karena beberapa waktu terbiasa begadang ketika ingin tidur lebih cepat biasanya akan lebih susah.

Selain gangguan psikologi dan juga kebiasaan hidup, insomnia juga bisa terjadi karena dampak konsumsi makanan atau minuman tertentu. Misalkan saja kopi, meskipun tidak semua orang juga yang minum kopi jadi susah tidur, namun ada beberapa orang yang sangat sensitif sama kopi, ketika minum otomatis jadi sulit tidur.

Selain konsumsi makanan yang mendorong seseorang susah tidur, juga bisa disebabkan efek samping obat. Ada beberapa jenis obat yang menjadikan seseorang cepat mengantuk, namun sebaliknya ada juga obat yang memberikan efek mata lebih segar sehingga susah tidur.


Bagaimana Cara Mencegah dan Mengatasinya ?

Usaha yang bisa dilakukan untuk mencegah gangguan ini tentunya adalah dengan menerapkan pola hidup yang sehat dan benar. Misalkan saja mengurangi tidur siang, menghindari makan dan minum yang membuat susah tidur.

Pencegahan yang kedua adalah dengan rajin berolahraga. Orang yang rajin olah raga biasanya akan memiliki tidur yang berkualitas. Hal ini dikarenakan memiliki struktur tubuh yang lebih rileks, selain itu dengan olahraga biasanya akan lebih capek sehingga mendorong seseorang lebih cepat tidur.

Kemudian selanjutnya adalah menjaga kesehatan mental. Bagaimana caranya menjalani hidup dengan lebih tenang, lebih rileks dalam memikirkan sesuatu. Faktor mental merupakan sesuatu yang sangat berpengaruh karena fikiran yang tidak tenang pasti akan lebih susah tidur. Hal ini bisa dilakukan dengan memperbanyak ibadah, meditasi dan juga penyegaran terhadap hati dan juga fikiran.

Jika kondisi masih berlanjut sobat bisa berkonsultasi ke dokter. Kenapa harus ke dokter? Agar sobat bisa mendapatkan diagnosa yang tepat. Atau juga jangan-jangan ada penyakit lain dalam tubuh yang perlu diobati.

Pada beberapa kasus orang yang mengalami susah tidur, mereka menggunakan obat tidur. Cara ini sebenarnya kurang bagus, karena obat tidur bisa menimbulkan efek samping berupa kecanduan dan juga efek lainnya. Lebih baik jika mengatasinya dengan cara alami yakni dengan beberapa tips diatas.

Demikian mengenai penyebab imsomnia berserta cara mengobatinya, semoga bisa memberikan manfaat dan terima kasih.

 

Jangan lupa kunjungi : Lifetyle Blog Sakti Prayoga

 

Related Posts

Posting Komentar

Subscribe Our Newsletter