Cara Merawat Kesehatan Mental Dalam Kehidupan Sehari-hari

Hallosehat.xyz - Cara Merawat Kesehatan Mental, dalam diri kita ada 2 unsur yakni fisik dan juga psikis atau mental atau bisa disebut juga dengan rohani kita. Nah dari kedua usur tersebut tentunya harus sehat semua. Jika ada salah satu yang merasa sakit maka akan berdampak pula pada bagian lainnya. Kesehatan fisik merupakan segala sesuatu yang terlihat dari diri kita, bisa dilihat dan juga bisa diraba secara fisik. Kemudian kesehatan mental adalah sesuatu yang kita bisa rasakan namun tidak pernah nampak secara kasat mata.

Kesehatan fisik bisa dijaga dengan cara menerapkan pola hidup yang sehat, mulai dari pola makan yang sehat, pola olahraga yang sehat, dan juga aktifitas sehari-hari secara teratur. Berbeda dengan kesehatan mental kita, dipengaruhi oleh kejadian yang ada di sekitar kita dan juga dipengaruhi sugesti yang ada pada diri kita.

Cara Merawat Kesehatan Mental Dalam Kehidupan Sehari-hari

cara-merawat-kesehatan-mental

Foto oleh Andrea Piacquadio dari Pexels

Bagaimana Ciri-ciri Mental Yang Sehat ?

Kondisi mental seseorang dipengaruhi oleh beberapa hal, mulai dari hal-hal yang dialami dalam keseharian sampai dengan perlakuan dari orang lain. Berikut adalah ciri-cir mental yang sehat :
  • Mampu berfikir dengan jernih membedakan baik dan buruk
  • Suasa hati tenang dan damai
  • Mampu merespon dengan baik
  • Mampu jujur
  • Lebih berani menghadapi sesuatu
  • Melakukan sesuatu sesuai dengan takaran dan tidak berlebihan

Bagaimana Ciri-ciri Mental Yang Sakit ?

Mental yang sakit akan lebih sensitif dan tidak bekerja secara maksimal. Bisa ditandai  dengan hal-hal sebagai berikut :

  • Tidak memiliki kesadaran yang cukup
  • Memiliki ketakutan yang berlebihan
  • Memiliki kecemasan yang berlebihan
  • Jauh tidak rasional
  • Emosional
  • Dan kadang tidak bisa membedakan mana yang baik dan mana yang buruk.

Bagaimana Cara Menjaga Mental Kita Tetap Sehat ?

Kunci untuk menjaga mental kita agar tetap sehat adalah pada pola kehidupan sehari-hari. Untuk memiliki mental yang kuat tentunya kita harus melatihnya. Tidak ada satu orang pun yang bermental bagus tanpa sebuah proses dan latihan yang benar. Berikut adalah beberapa tips yang bisa sobat praktekkan agar menjaga mental kita tetap seha, antara lain :

1. Rajin Beribadah dan Berdoa

Jika menjaga kesehatan tubuh adalah dengan olahraga secara rutin, menjaga kesehatan mental kita adalah dengan cara mendamaikan mental itu sendiri. Kedamaian terbesar dalam diri kita bisa kita peroleh salah satunya adalah beribadah kepada Tuhan. Siapa lagi yang paling berkuasa di dunia ini selain Tuhan, Selama Allah masih meridhoi kita, situ kita masih diberikan ketenangan dan juga diberikan kondisi mental yang sehat.

2. Berfikiran Terbuka dan Mau Menerima Keadaan

Banyak orang yang mengalami gangguan mental karena dia shock dan frustasi menghadapi kehidupan yang dia alami. Dengan memiliki pemikiran yang lebih terbuka dan lapang dada, kita jadi lebih siap menghadapi kondisi apapun di dunia ini, imbasnya adalah ketenangan hati dan juga mental yang kuat. Selain itu orang yang memiliki fikiran yang terbuka dirinya akan mampu berdamai dengan segala keadaan dalam diri sehingga menjauhkan diri dari depresi dan tekanan dalam hidup.

3. Mau Terus Belajar

Orang yang terus mau berlajar pola fikirnya akan lebih berkembang. Imbasnya pada mental adalah dengan pengetahuan lebih luas mental akan menjadi lebih baik. Menjadi lebih dewasa dan juga bisa menjadi lebih baik dalam menghadapi setiap persoalan kehidupan. Selain manfaat untuk mental menjadi lebih baik, dengan terus belajar hidup kita akan menjadi lebih baik. Jangan merasa puas dengan keilmuan kita sekarang, karena hari esok tanggungjawab kita pastinya lebih berat dari hari ini.

4. Positif Thingking

Orang yang selalu positif thingking mentalnya akan jauh lebih kuat. Jauh dari rasa kuatir, rasa takut dan juga tidak dihantui dengan bayangan-bayangan buruk dalam fikiran. Positif thingking akan mendorong seseorang melakukan hal-hal yang baik dalam kehidupan, selain itu dengan positif thingking akan menjadikan seseorang lebih beruntung.

5. Bergaul Dengan Lingkungan Yang Baik

Terkadang orang yang depresi dan memiliki mental yang terganggu juga karena pergaulannya. Bisa karena bullying, atau juga bisa dengan mengikuti gaya hidup teman-temannya yang tidak cocok dengan dirinya sendiri. Bergaullah dengan lingkup dan lingkungan yang mampu membuatmu menjadi lebih tenang, menjadi lebih dewasa dan yang pasti memberikan kebaikan untukmu.

Demikian sobat, mengenai Cara Merawat Kesehatan Mental Dalam Kehidupan Sehari-hari, semoga bisa memberikan manfaat dan terima kasih.

Jangan lupa kunjungi : Lifetyle Blog Sakti Prayoga

Related Posts

Posting Komentar

Subscribe Our Newsletter