Manfaat Buah Apel Bagi Kesehatan Tubuh Yang Luar Biasa

Hallosehat.xyz. Mari kita pelajari apa saja manfaat buah apel apabila mengkonsumsinya bagi kesehatan tubuh dan juga untuk aktifitas sehari-hari kita. Sobat pasti sudah tidak asing lagi dengan buah yang satu ini, buah yang rasanya sangat menyegarkan. Mungkin termasuk dalam buah yang paling populer di Indonesia. Memang kita patut bersyukur karena tinggal di negara yang subur kaya akan buah dan sayuran yang luar biasa kegunaannya.

Bicara mengenai buah apel, buah yang satu ini saya yakin bisa anda dapatkan dengan mudah di sekitar anda, mulai dari tukang buah, minimarkat, pasar atau di tempat jualan juice pasti mudah sekali menemukan buah yang satu ini. Jadi saya yakin anda tidak akan kesulitan jika merasa kangen sama buah yang satu ini.

Selain rasanya yang menyegarkan ternyata buah ini memiliki manfaat yang luar biasa bagi kesehatan tubuh. Hal itu dikarenakan kadungan dalam buah yang satu ini tentunya, buah apel mengandung vitamin C yang tinggi, selain itu mengandung vitamin B6, kolagen dan tentunya juga kandungan air dan juga serat yang tinggi. Makanya tidak heran jika buah ini bisa memberikan efek yang bagus bagi tubuh.


Manfaat Buah Apel bagi Kesehatan Tubuh

manfaat-buah-apel-bagi-kesehatan-tubuh

1. Buah Apel Membantu Menetralisir kadar gula darah

Seperti yang kita tahu bahwa sangat penting untuk memiliki kadar gula yang cukup bagi tubuh kita. Dengan takaran yang pas dan tidak berlebihan. Kadar gula yang berlebihan akan memicu seseorang terkena salah satu penyakit kronis yang bernama diabetes. Penyakit yang sangat perlu disegah karena cukup berbahaya. 

Kandungan vitamin nya yang kaya dan juga mengandung banyak serat membantu tubuh dalam mengontrol kadar gula darah, jadi buah apel ini sangat bagus untuk digunakan sebagai cemilan sehat sehari-hari tanpa harus takut kadar gula berlebih. Tapi ini bukan untuk penderita diabetes yang sudah kronis ya, tentunya akan lebih baik jika anda mendapatkan izin dari dokter kalau sudah terlanjur mengalami diabetes untuk mengkonsumsi buah ini, karena setiap orang memiliki kondisi yang berbeda-beda tentunya.

2. Manfaat Untuk Diet

Pada saat kita menjalani sebuah program diet, sudah barang tentu kita membutuhkan konsumsi yang sehat dan rendah lemak. Buah apel dalam hal ini kaya serat yang bisa membantu tubuh merasa kenyang dan juga konsumsi yang rendah lemak, jadi sangat bagus untuk membantu diet. Selain itu kandungan air nya yang tinggi pasti juga akan membantu kita menghilangkan dehidrasi. Tidak hanya itu jika kita mengkonsumsi buah yang satu ini semasa diet, maka akan membantu kita dalam menyehatkan pencernaan, jadi sangat bagu sekali.

Bahkan ada juga beberapa orang yang menggunakan buah apel ini sebagai konsumsi utama saat diet. Tapi bukan berarti tidak makan nasi ya, diet dengan buah ini biasanya mengkonsumsinya di pagi hari untuk sarapan. Kemudian baru siang dan sore harinya makan nasi setengah porsi, maka program diet akan lebih maksimal.

3. Mencegah Tubuh Mengalami Stroke

Ada manfaat lain bagi kesehatan yang diberikan oleh buah yang satu ini, yakni mencegah seseorang terkena stroke. Hal ini pernah dibuktika oleh sebuah penelitian di Journal Of American Heart Association. Bahwa dari yang satu ini ternyata ditemukan banyak bukti dalam membantu mencegah stroke. Hal itu dikarenakan ada kandungan senyawa phytochemical yang memberikan manfaat seperti antioksidan yang sangat bagus bagi tubuh.

Tentunya dengan dibarengi pola hidup sehat yang lainnya ya, karena stroke biasanya juga terjadi karena pola hidup yang tidak sehat. Banyak melakukan aktifitas yang tidak sehat, jarang olahraga dan juga keseringan mengkonsumsi makanan-makanan dengan kandungan yang tidak sehat. Jadi semua itu akan lebih maksimal jika melakukannya dengan bersamaan.

4. Meningkatkan Kesehatan Menurunkan Kolesterol

Mempunyai kadar kolesterol yang cukup bagi tubuh merupakan hal yang sangat penting, karena jika berlebihan akan memicu penyakit kronis lainnya. Kemudian buah yang satu ini jika di konsumsi setiap hari bisa menggantikan atau mengurangi asupan kelori yang berlebihan. Tentu saja ini akan menjaga kadar kalori yang tetap seimbang. Ini bisa digunakan untuk menyaimbangkan tubuh dalam menerima konsumsi nasi agar kadar lebih seimbang. Kemudian kelebihan lainnya yakni kemampuan buah yang satu ini dalam menekan lemak dan membuagnya dari dalam tubuh, tidak heran ya kalau buah ini saya jelaskan tadi bagus untuk diet.

5. Kesehatan Kulit Lebih Terjaga

Kali ini ada manfaat luar biasa yang lainnya yakni dalam hal menjaga kesehatan kulit seseorang yang rajin mengkonsumsinya. Hal ini tentunya dikarenakan kandungan vitamin yang tinggi yang mampu menjadikan sel-sel baik dalam kulit menjadi lebih terawat. Kandungan lainnya juga menjaga kulit agar tidak mudah kering. Tidak hanya itu, buah apel ini bisa juga digunakan untuk perawatan wajah, Karena membantu menghilangkan noda hitam bekas jerawat dan tentunya juga meremajakan kulit.

Tidak heran jika buah yang satu ini juga bisa digunakan sebagai masker wajah dari bahan alami. Buah yang satu ini juga memiliki peran dalam melindungi wajah dari sinar UV. Selain itu kandungan lainnya yang kaya akan vitamin juga membantu mempeberbaiki robekan-robekan kecil pada kulit wajah sehingga menjadi lebih mulus

6. Mengatasi Susah Buang Air Besar

Sudah saya singgung diatas sedikit, bahwa buah ini memiliki kandungan serat dan juga air yang tinggi. Oleh karena itu buah yang satu ini juga bisa berperan dalam melancarkan buang air besar. Hal ini juga disebabkan efek yang sangat bagus bagi pencernaan yang ditimbulkan oleh buah apel. Jadi proses pencernaan makanan hingga saat pembuangan menjadi lebih lancar. Selain itu juga disebabkan oleh kandungan pektin dalam buah yang satu ini yang membantu membunuh bakteri jahat yang ada pada saluran pencernaan dalam tubuh.

7. Mencegah Penyakit Jantung

Siapa yang mengira buah apel yang menyegarkan ini ternyata juga bisa membantu seseorang terhindar dari penyakit jantung. Begini cara kerjanya, kandungan buah apel ini menjadikan kolesterol jadi lebih seimbang, selain itu membuat pembuluh darah menjadi lebih sehat, akhirnya jantung pun bisa bekerja secara maksimal. Seperti yang kita tahu bahwa kesehatan jantung kita akan sangat terpengaruh oleh sistem peredaran darah dalam tubuh, jika sistem peredaran darah lancar tidak akan mengakibatkan kondisi yang tidak baik bagi jantung kita.

8. Kesehatan Tubuh Lebih Terjaga Dari Resiko Batu Empedu

Seperti yang kita ketahui bersama bahwa penyakit batu empedu merupakan penyakit yang cukup berbahaya. Penyakit satu ini biasa disebabkan karena penumpukan kolesterol berlebih pada saluran empedu dalam tubuh. Dengan mengkonsumsi buah apel akan membantu mengurangi penumpukan tersebut, akibatnya seseorang akan lebih terhindar dari penyakit batu empedu. Selain itu bagi penderita batu empedu biasanya juga mengkonsumsi buah ini agar kondisinya bisa lebih membaik. Tapi jika seseorang yang sudah terlanjur sakit, berulang saya katakan lebih baik mendapatkan anjuran khusus dari dokter, karena kondisi setiap orang bisa berbeda-beda.

9. Mencegah Penyakit Kanker

Penyakit kanker merupakan jenis penyakit berbahaya yang sudah memakan banyak korban di dunia. Penyakit ini dimulai dari berkembangnya sel-sel kanker karena radikal bebas yang masuk kedalam tubuh. Dalam hal ini buah apel banyak mengandung jenis antioksidan untuk menangkal radikal bebas tersebut. Selain itu juga buah ini memberikan manfaat untuk mencegah peradangan dalam tubuh seseorang. Jadi mengkonsumsi buah ini bisa disimpulkan bisa membantu seseorang mencegah penyakit kanker.

10. Bisa Mengobati Asma

Memiliki saluran pencernaan yang sehat merupakan hal yang sangat penting dalam hidup kita. Kemudian dengan mengkonsumsi buah yang satu ini memberikan asupan zat yang sangat bagus bagi saluran pernafasan. Yakni kandungan zat quercetin, zat ini bisa menjadi antioksidan yang bagus sekaligua menjasi anti-histamin dalm salurah penafasan di tubuh kita.

Tentunya semua manfaat diatas akan berguna dan maksimal jika kita menerapkan pola hidup sehat yang lainnya. Dengan begitu manfaat buah apel bagi kesehatan tubuh kita akan berfungi secara baik dan maksimal. Demikian ulasan saya kali ini, semoga bisa memberikan manfaat dan terima kasih.


Jangan lupa kunjungi : Blog Tips Dan Motivasi

Related Posts

Posting Komentar

Subscribe Our Newsletter