Mengetahui Penyebab Sakit Tenggorokan, Pencegahan dan Cara Mengobatinya

Hallosehat.xyz - Mengetahui hal-hal apa saja yang menjadi penyebab sakit tenggorokan, pencegahan dan cara mengobatinya. Pasti sebagian dari sobat pernah mengalami yang namanya sakit tenggorokan atau biasa dikenal kebanyakan orang dengan radang tenggorokan. Memang sekilas jenis penyakit yang satu ini tidak terlalu berbahaya, namun tetap saja mengganggu aktifitas kita sehari-hari.

Untuk yang paling sering terjadi adalah rasa nyeri dan gatal, dan yang paling sering adalah rasa sakit ketika menelan makanan. Mugkin hampir mirip dengan mengalami amandel cuman bedanya kalau amandel adanya tonjolan daging amandel, kalau sakit tenggorokan ya sakitnya asli pada tenggorokan itu sendiri.

Mengetahui Penyebab Sakit Tenggorokan, Pencegahan dan Cara Mengobatinya

penyebab-sakit-tenggorokan-dan-cara-mengatasinya

1. Penyebab Sakit Tenggorokan

Banyak faktor yang bisa menyebabkan sakit tenggorokan, namun yang paling sering terjadi adalah disebabkan karena konsumsi jenis makanan yang salah dan bisa mengakibatkan luka pada tenggorokan. Dari segala sesuatu yang masuk kedalam mulut inilah yang bisa membawa bakteri dan mengakibatkan infeksi pada tenggorokan, makanya paling sering dan rentan adalah pada anak-anak berusia 3 tahun sampai dengan dia bersekolah sekitar 12 tahun, karena anak-anak dimasa itu memang rawan sekali.

Faktor yang lain yang bisa menyebabkan sakit tenggorokan jika pada orang dewasa adalah asap rokok, alergi minuman dan bisa juga karena sistem kekebalan tubuh yang lemah. Untuk jenis virus yang menyebabkan sakit tenggorokan sendiri seperti halnya virus yang menyebabkan sakit flu, seperti virus influenza, campak, cacas dan monokleosis.

Kalau secara pola kehidupan sehari-hari, sakit tenggorokan bisa disebabkan karena udara yang kurang sehat, banyak polusi, dan asupan asupan yang tidak sehat yang di konsumsi seseorang, misalnya alkohol dan rokok. Bisa juga disebabkan gangguan asam lambung yang naik dari perut menuju pada tenggorokan.

Selain adanya nyeri, gatal dan sakit pada tenggorokan, sakit tenggorokan juga ditandai dengan bersin, perut mual, demam dan hidung banyak beringus. Apalagi jika sakit ini terjadi pada anak-anak pasti mudah ditandai dengan demam.


2. Pencegahan Sakit Tenggorokan

Sebenarnya untuk bisa mencegah penyakit apapun bisa dilakukan dengan cara wajib yakni pola hidup sehat. Dengan menerapkan pola hidup sehat, seseorang akan mempunyai imun tubuh yang dengan rajin berolahraga. Dan juga badan akan tetap sehat dikarenakan makanan yang di konsumsi adalah makanan-makanan yang sehat.

Kemudian jika beraktifitas sehari-hari untuk menghindari sakit tenggorokan adalah menggunakan masker jika bepergian, rajin mencuci tangan agar tangan tidak membawa bakteri ke mulut dan juga membiasakan mempunyai lingkungan sekitar yang bersih dari debu dan kotoran. Selain itu juga bisa dilakukan dengan rajin mengkonsumsi vitamin.


3. Cara Mengobati Sakit Tenggorokan

Bila sobat mungkin sudah terlanjur terkena sakit tenggorokan, pengobatannya bisa disesuaikan dengan jenis sakitnya. Karena sakit tenggorokan sendiri ada yang ringan dan ada yang berat. Yang ringan biasanya akan sembuh dalam beberapa hari dan maksimal satu minggu. Untuk jenis sakti tenggorokan berat bisa ditandai dengan kesemmbuhan yang lebih lama atau lebih dari satu minggu namun belum sembuh-sembuh.

Ketika sudah mengalami gejala-gejala sakit tenggorokan baiknya langsung melakukan tindakan pengobatan, mulai dari sendiri terlebih dahulu. Misalkan saja meminum air hangat yang dilarutkan garam di dalamnya. Menghindari jenis makanan yang keras agar saat menelan makanan tidak semakin memberatkan tenggorokan. Kemudian bisa juga membeli obat di apotik terdekat untuk jenis sakit tenggorokan dan juga demam.

Sakit tenggorokan terkadang sulit disembuhkan sendiri apabila dalam kondisi kronis. Biasanya ditandai dengan terganggunya pernafasan, seperti merasakan sesak, sulit menelan makanan, atau juga ketika membuka mulut saja terasa sakit dan nyeri. Bila sudah terjadi kondisi tersebut tentunya harus segera dibawa ke dokter. Karena jika sakit tersebut tidak kunjung sembuh harus memdapatkan diagnosa yang mendalam. Hal itu dikarenakan ada kemungkinan jenis penyakit lain dalam tubuh. Dengan berkonsultasi dan berobat ke dokter tentunya akan mendapatkan diagnosa yang lebih tetap serta penanganan yang tepat pula.

Demikian mengenai Mengetahui Penyebab Sakit Tenggorokan, Pencegahan dan Cara Mengobatinya. Semoga bermanfaat dan terima kasih


Jangan lupa kunjungi : Lifetyle Blog Sakti Prayoga

Related Posts

Posting Komentar

Subscribe Our Newsletter