Penyakit Flu , Apa Penyebabnya dan Bagaimana Cara Mengatasinya ?

Hallosehat.xyz - Pasti semua orang pernah mengalami yang namanya flu, terus sudah tahu belum apa saja penyebabkan penyakit flu dan juga cara mengatasinya? Yang namanya penyakit pastinya adalah sesuatu yang tidak normal dalam tubuh kita, entah itu kelebihan kandungan tertentu, kekurangan zat tertentu, atau terkena virus atau bakteri.

Sakit flu sendiri adalah sebuah penyakit yang penyebab utamanya adalah virus yang masuk kedalam tubuh kita, mulai dari hidung, lebih dalam lagi masuk ke tenggorokan dan bisa juga ke dalam paru-paru.Selain itu jenis penyakit ini sangat mudah menular, jadi setelah masuk kedalam tubuh seseorang dari situ juga masih bisa menular pada orang lain.

Penyakit Flu , Apa Penyebabnya dan Bagaimana Cara Mengatasinya ?


Penyebab penyakit flu dan cara mengatasinya
Foto oleh Andrea Piacquadio dari Pexels

Lagi-lagi mengenai semua yang terjadi pada diri kita, entah itu baik atau buruk, sehat atau sakit, yang paling utama adalah pola hidup kita sehari-hari. Sudah disiplin dengan pola hidup yang sehat atau belum adalah yang pertama mempengaruhi kesehatan kita.

Apa Yang Menyebabkan Seseorang Terkena Penyakit Flu?

Penyebab utamanya jelas sekali virus influenza yang menyerah tubuh seseorang. Biasanya masuk kedalam tubuh melalui sistem pernapasan. Yang paling rentan adalah orang yang bekerja atau beraktifitas sehari-hari di lingkungan yang kurang bersih, entah itu berdebu atau kotoran lainnya. Penyebab selanjutnya yakni tertular dari virus yang dibawa orang lain tentunya.

Dan orang yang lebih rentan terkena penyakit ini adalah orang yang memiliki daya tahan yang lemah. Dengan imun yang lemah maka sangat mudah terkalahkan oleh virus ini, misalkan saja seseorang yang terlalu lelah juga lebih mudah terkena flu.

Kemudian flu juga lebih mudah menyerang orang yang baru selesai melahirkan, pada balita, lansia dan juga karena mengidap penyakit-penyakit lain seperti obesitas, asma dan juga diabetes. Nah sampai disini sobat bisa melihat pada kondisi sobat sekarang, apakah tergolong dalam orang yang rentan terkena flu atau tidak.


Apa Tanda-tanda Seseorang Mulai Terkena Penyakit Flu?

Seseorang yang terkena penyakit ini akan ditandai dengan beberapa gejala yang tidak normal seperti batuk dengan intensitas yang lebih serong, badan menjadi lebih pegal dari biasanya. Selain itu orang yang mulai terkena flu akan mengalami penurunan nafsu makan mereka, kemudian selain itu juga akan ditandai dengan sakit tenggorokan. Selain itu orang yang terkena virus ini akan lebih mudah pusing kepala.

Sebenarnya untuk penyakit ini ada golongannya, ada flu ringan dan juga yang berat. Flu ringan tidak begitu berdampak dan mudah diatasi. Namun flu berat biasanya adalah jenis flu yang susah di sembuhkan, ini mudah terjadi pada orang dengan kekebalan tubuh yang lemah, jadi untuk menangkalnya lebih lama sehingga flu menjadi lebih parah.


Bagaimana Cara Mencegah Agar Tidak Terkena Flu?

Cara mencegahnya yaitu dengan menghindari virus ini masuk kedalam tubuh kita. Kemudian cara yang kedua tentunya adalah dengan memiliki kekebalan tubuh yang kuat. Virus ini menyebar melalui bersin seseorang yang sudah terjangkit flu atau bisa juga karena kita menyentuh benda-benda yang sudah terdapat virus ini.

Berikut adalah beberapa tips agar tidak terkena flu antara lain :
  • Rajin cuci tangan
  • Menjaga kebersihan diri
  • Meningkatkan kekebalan tubuh dengan asupan sehat
  • Meningkatkan kekebalan tubuh dengan olahraga
  • Menjaga lingkungan sekitar tetap bersih
  • Memakai pelindung mulut jika bepergian
  • Menghindari tempat-tempat yang berdebu
  • Menghindari tempat-tempat yang jorok
  • Dan yang pasti menerapkan pola hidup sehat lainnya.

Bagaimana Cara Mengatasi dan Mengobati Penyakit Flu?

Pada gejala ringan, seseorang bisa melakukan istirahata yang cukup. Dengan istirahat yang cukup akan meningkatkan imun kembali untuk melawan virus ini. Kemudian bisa juga dengan minum air putih yang banyak dan juga menjaga tubuh untuk lebih hangat, karena virus ini akan berkembang pada suhu yang lebih dingin.

Pada tahap lebih lanjut tentunya bisa meminum ramuan-ramuan untuk meningkatkan kekebalan tubuh, misalkan saja jamu atau juga vitamin. Bisa juga dengan membeli obat flu yang tersedia di warung atau apotik.

Sedangkan jika flu tidak kunjung sembuh, sobat harus segera memeriksakannya ke dokter. Jika mengalami flu yang tidak kunjung sembuh artinya memerlukan diagnosa lebih dalam oleh dokter, hal ini ditakutkan ada penyakit lain dalam tubuh yang menghambat penyembuhan panyakit flu ini.

Penyakit ini tidak bisa disepelekan begitu saja karena jika menjadi lebih parah akan menyebabkan komplikasi lain, misalkan saja seragan asma, kemudian Gangguan jatung dan juga infeksi salurang pernafasan, telinga dan hidung. Oleh karena itu diagnosa dan penanganan tepat sangat dibutuhkan.

Demikian mengenai Penyakit Flu , Apa Penyebabnya dan Bagaimana Cara Mengatasinya. Semoga yang saya sampaikan ini bermanfaat dan jangan lupa untuk tetap menjaga pola hidup yang sehat sobat semuanya.
 

Jangan lupa kunjungi : Lifetyle Blog Sakti Prayoga

 

Related Posts

Posting Komentar

Subscribe Our Newsletter