Mengetahui Penyebab Sering Mimpi Buruk dan Cara Mengatasinya

Hallosehat.xyz - Apakah sobat sedang mengalami mimpi buruk akhir-akhir ini? yuk kita cari penyebab serta cara buat mengatasinya atau menghentikan mimpi buruk yang sobat alamin. Jadi yang namanya mimpi itu adalah halusinasi kita. Atau bisa juga berasal dari alam bawah sadar kita.

Mengetahui Penyebab Sering Mimpi Buruk dan Cara Mengatasinya


Peyebab Mimpi Buruk dan Cara Mengatasinya

Banyak mitos dan fakta mengenai penyebab dan akibat mimpi buruk itu sendiri lalu bagaimanakah cara mengatasinya ?. Ada sebagian yang memang benar-benar petanda sesuatu, atau ada juga yang cuma karena halusainasi dan tidak ada hubungannya sama sekali dengan kehidupan nyata.

Sebenarnya kalau sobat mau mengatasi yang namanya mimpi buruk, sobat bisa mempelajari yang namanya hukum tarik menarik. Hukum tarik menarik memang bisa berlaku dalam banyak hal termasuk dalam mengelola mimpi yang bakalan kita alami.


Apa Penyebab Seseorang Bermimpi Buruk?


Apa Saja Yang Menjadi Penyebab Mimpi Buruk

Ada beberapa hal yang dialami seseorang dalam kehidupan nyata yang berdampak sampai pada alam mimpi mereka. Entah itu karena kekhawatiran, ketakutan atau bahkan karena akibat negatif thingking terhadap suatu hal. Siapa saja dapat menglami yang namanya mimpi buruk, baik disebabkan oleh sesutu atau tidak disebabkan sesuatu apapun.

Sekarang yang akan saya bahas adalah mimpi buruk dari dampak kehidupan sehari-hari antara disebabkan :

  • Terlalu cemas akan sesuatu kejadian yang akan datang
  • Terlalu takut dengan sesuatu hal
  • Akibat hal buruk yang dialami dalam dunia nyata
  • Akibat halusinasi buruk yang sudah dibuat oleh diri sendiri
  • Akibat terlalu banyak fikiran atau banyak beban
  • Dalam keadaan terlalu lelah
  • Akibat sedang sakit
Diatas adalah beberapa contoh mimpi penyebab mimpi buruk yang diakibatkan karena pengaruh dari kehidupan sehari-hari. Memang yang namanya halusinasi itu sebagian besar dipengaruhi dari apa yang difikirkan oleh otak, jadi kalau mau berhenti bermimpi buruk yang paling utama adalah membersihkan otak.

Nah ketika sobat bermimpi buruk namun setelah diteliti dalam kehidupan ternyata so far semua baik2 saja. Itu bisa saja sebuah pertanda atau peringatan dari Tuhan, kalau saya sendiri adalah orang yang percaya adanya Tuhan yaitu Allah SWT, jadi sangat mungkin yang namanya Sang Pencipta yang menguasai dan mengontrol seluruh hidup kita akan memberikan mimpi seperti apapun pada kita sewaktu kita tidur.

Yang selanjutnya ada juga jenis mimpi buruk karena kejadian masa lalu yang tersimpan dalam memory kita. Yang namanya memory dalam otak kita kan kapan saja bisa muncul dan mengingatkan kita. Namun diluar ketiga itu bisa jadi tidak ada arti apa-apa, alias cuma halusinasi secara acak saja.

Tentu saja ini bukanlah sesuatu yang menyenangkan, karena yang namanya mimpi buruk pasti sangat mengganggu tidur kita, menyebabkan kecemasan atau ketakutan. Tapi tenang saja tidak ada hal yang tidak mungkin di dunia ini, artinya tidak ada kondisi yang tidak bisa kita rubah selama kita berniat berusaha merubahnya.


Bagaimana Cara Mengatasi Mimpi Buruk Yang Sering Muncul?


Cara Mengatasi Mimpi Buruk

Mimpi buruk bisa dari faktor fisik maupun psikis seperti yang sudah saya sebutkan diatas, lantas cara mengatasinya juga harus dari kedua faktor tersebut. Berikut adalah beberapa tips untuk menghentikan mimpi buruk yang muncul dalam tidur kita, antara lain adalah :

1. Berdoa Sebelum Tidur

Berdoa bisa mencegah mimpi buruk

Berdoa sebelum tidur sebenarnya sudah diajarkan oleh orang tua kita sejak kecil dan juga disekolah. Nayatanya ini ampuh untuk menangkal mimpi buruk yang mungkin terjadi pada tidur kita. Dengan catatan orang tersebut yakin pada doa yang dia panjatkan dan juga untuk orang yang percaya pada Tuhan. Karena jika menyangkut psikis seseorang, pembuktian secara ilmiah saja tidak cukup, melainkan lebih pada keyakinan dalam hati seseorang.

Kenapa berdoa bisa menangkal mimpi buruk ?

jawabannya ada 2 kategori. Yang pertama adalah semua dalam hidup kita terjadi akan ridho Allah, jadi dengan kita berdoa kita akan lebih mendekatkan diri kepadaNya dan memungkinkan kita lebih dekat dengan hal-hal yang baik. Yang kedua karena sugesti seseorang itu sendiri, karena sudah yakin kalau doa bisa menangkal mimpi buruk, makanya fikiran seseorang tersebut menjadi lebih tenang dan rileks karena nyaman jika sudah berdoa.

Selain itu jika sobat merupakan seorang muslim atau muslimah, ketika mengalami mimpi buruk bisa segera mengambil air wudlu dan menunaikan sholat, bisa sholat wajib atau sholat sunnah dengan begitu hati akan menjadi lebih tenang serta bisa terjaga jika kembali tidur lagi.


2. Relaksasi dan Meditasi

Meditasi bisa mengatasi mimpi buruk

Manfaat dari relaksasi atau meditasi itu banyak sekali. Selain bagus untuk kesehatan tubuh karena mempunyai otot-otot yang lebih rileks, meditasi juga bisa menenangkan fikiran seseorang.

Banyaknya hal yang dialami dalam hidup kita, entah itu senang, sedih, takut, khawatir atau hal apapun entah itu mudah atau rumit. Di suatu waktu harus kita letakkan, karena yang namanya fikiran dan hati kita juga butuh istirahatm nah salah satu caranya adalah dengan meditasi atau relaksasi ini.

Jika sobat mengalami mimpi buruk yang berkali-kali, atau baru saja dalam semalam, coba luangkan waktu yang tenang untuk melakukan meditasi. Meditasi adalah memberikan sugesti dan membuang sugesti. Artinya sobat bisa menarik aura positif dan membuang aura negatif dalam diri sobat sendiri.

Berikut adalah beberapa tips atau langkah untuk bermeditasi yang baik, antar lain :

  • Sediakan waktu luang khusus sekitar 20 menit hingga 30 menit
  • Selanjutnya pilihlah tempat yang nyaman dan hening, bisa pilih dengan musik yang tenang juga bisa
  • Duduk dengan tegap dan ambillah posisi duduk yang paling nyaman
  • Lakukan pernafasan dengan tenang yakni dengan nafas yang panjang panjang
  • Mulai lepaskan semua beban dalam hidup sobat, lepaskan saja apapun itu dan biarkan sejenak hati dan fikiran kosong dalam hitungan 1 menitan
  • Kemudian setelah itu sesuai dengan irama nafas yang panjang dan teratur tadi
  • Tarik nafas dengan memberikan sugesti positif berupa keyakinan, harapan, dan juga kenyamanan hidup yang paling nyaman yang berhak sobat miliki
  • Buang nafas dengan memberikan sugesti seolah-olah sobat sedang membuang seluruh kekhawatiran, ketakutan, kejenuhan dan semua perasaan negatif yang sobat miliki buang bersama nafas yang sobat keluarkan secara teratur
  • Jika fikiran terasa lebih tenang, sobat bisa mulai tersenyum dan kembali memberikan sugesti bahwa hidup akan lebih baik dan lebih tenang.
Jika sudah bisa mendapatkan inti dari sugesti tadi, sobat pasti akan bisa merasakan lebih lega. Perasaan seperti inilah yang akan mampu menghentikan mimpi buruk yang tadi sobat alami.


3. Menyelesaikan Masalah Yang Ada


Menyelesaikan masalah bisa mengatasi mimpi buruk

Mimpi buruk juga bisa terjadi karena seseorang dihatui masalah dalam kehidupannya. Solusi ampuh nya segera selesaikan masalah biar menjadi lebih tenang. Masalah bisa berupa persoalan hidup, cobaan atau bisa juga masalah yang berupa merasa bersalah pada orang lain, ini solusinya adalah sobat harus meminta maaf kepada orang tersebut.

Namun sebelum sobat menyelesaikan masalah, selesaikan terlebih dahulu ketegangan dan segala beban dalam fikiran sobat sendiri. Percayalah kalau dalam setiap masalah yang datang selalu berpasangan dengan solusinya.

Dengan sobat berusaha lebih tenang juga bisa mengehentikan mimpi buruk yang sobat alami, selain itu juga dengan fikiran yang lebih tenang akan lebih mudah menemukan jalan keluar dari sebuah masalah.


4. Istirahat Cukup, Berolahraga dan Berpola Hidup Sehat


Olahraga teratur bisa mengatasi mimpi buruk

Seseorang yang terlalu lelah juga bisa menyebabkan terjadinya mimpi buruk. Oleh karena itu buatlah pengaturan aktifitas sehari-hari sobat semuanya dengan lebih baik. Memang yang namanya kebutuhan kadang menuntut seseorang bekerja lebih keras, namun yang namanya istirahat sangatlah penting untuk kesehatan tubuh, otak dan juga kesehatan hati kita.

Selanjutnya adalah olahraga secara teratur dan rutin. Olahraga terbukti bisa membuat seseorang lebih sehat. Selain itu juga bisa meningkatkan mood baik dan juga semangat dalam hidup. Tentu saja ini akan ada hubungannya dengan mimpi buruk yang mungkin sobat alami, cobalah ambil waktu pagi sore hari untuk berolahraga demi mendatangkan mood bagus dan juga perasaan lebih bahagia.


5. Berkonsultasi Kepada Psikolog


Konsultasi dengan psikolog untuk mengatasi mimpi buruk

Selanjutnya adalah tidak semua orang mampu mengatur keyakinan dan juga ketenangan dalam diri mereka sendiri. Oleh karena itu butuh penasehat, bisa dengan orang tua, sahabat atau dengan psikolog. Dengan sobat berkonsultasi akan mendapatkan asupan keyakinan yang mungkin selama ini susah buat sobat bangkitkan sendiri. 

Kesimpulan :
Dari penjelasan saya yang panjang lebar diatas sebenarnya ada pada hukum tarik menarik, yakni apapun yang terjadi dalam hidup ini adalah akibat dari apa yang sudah kita lakukan. Jika kita mengalami sebuah kejadian buruk, coba mengoreksi diri sendiri barangkali ada yang salah. Kemudian untuk menarik hal yang baik, setelah mau mengoreksi diri, perbanyaklah sugesti atau keyakinan positif dan juga perbanyak aktifitas yang positif pula.

Demikian sobat mengenai Mengetahui Penyebab Sering Mimpi Buruk dan Cara Mengatasinya. Apa yang saya sampaikan adalah berdasarkan opini priadi dari pengalaman hidup dan juga orang yang berada di sekitar saya. Jadi jika anda ingin praktek silahkan tanggung resiko sendiri, tapi saya yakin kalau anda bisa mengatasi kejadian buruk dalam hidup anda sendirian.
 

Jangan lupa kunjungi : Lifetyle Blog Sakti Prayoga

 

Related Posts

Posting Komentar

Subscribe Our Newsletter