Tips Menjadikan Makan Malam Kita Tetap Sehat

Sobat Hallosehat, mungkin hal ini bukan hanya terjadi pada saya sendiri. Mungkin sobat semuanya pernah juga kepikiran seperti ini “kira-kira jika saya makan malam. Saya bertambah gemuk tidak ya? Sehat tidak ya? Padahal saya lapar sekali, jadi takut”. Hal ini jadi serba salah bagi kita ya kan? Tidak makan malam, malah lapar. Makan malam eh tambah gemuk, naik berat badannya. Nah setelah penulis coba telusuri dan pelajari dari beberapa referensi, ternyata ada tips bagus nih, bagaimana caranya agar kita tetap sehat makan di waktu malam hari. Mari kita bahas bersama ya sobat.

Tips Menjadikan Makan Malam Kita Tetap Sehat

Image by Antonio Cansino from Pixabay.

Tips Makan Malam Hari Agar Tetap Sehat

Ternyata makan di waktu malam ini menjadi suatu polemik di telinga kita. Kenapa bisa ya? Hal ini terjadi karena tingginya aktivitas kita, semakin padatnya kegiatan kita dalam sehari-hari. Saking sibuknya kita, sampai-sampai lupa untuk mengatur pola makan kita dan juga saking padat kegiatannya kita, sampai-sampai malas untuk menyediakan makanan yang lebih sehat, lebih bergizi sehingga lebih memilih makan-makanan yang lebih cepat siap saji, rendah nilai gizi serta dari kebiasaan makan kita ini yaitu lebih banyak nasinya daripada lauknya terutama di negara kita, sangat tidak lepas yang namanya nasi karena kebanyakan dari kita beranggapan seperti ini “Kalau belum makan nasi berarti belum makan”. Tanpa kita sadar, dengan beriringnya kebiasaan ini, secara terus-menerus, dapat menyebabkan menaiknya berat badan hingga dapat di kategorikan obesitas.

Obesitas itu apa ya?

Obesitas yaitu suatu permasalahan gizi yang disebabkan rendahnya output dan tingginya input dalam sehari-hari. Maksudnya suatu sisa zat yang perlu dikeluarkan dari dalam tubuh dari pada zat nutrisi yang dimasukkan ke dalam tubuh sehingga terjadinya ketidakseimbangan/balancing gizi di dalam tubuh dan menjadi suatu penumpukan/penimbunan simpanan nutrisi yang tidak terpakai di dalam tubuh dikarenakan rendahnya penggunaan energi serta pembuangan sisa metabolisme dalam tubuh. Obesitas ini lebih rentan terjadi pada perempuan dari laki-laki sehingga kita perlu perhatian kebiasaan makan kita, apakah sudah termasuk benar atau tidak.

Makan Malam Hari Tanpa takut Gemuk dan Obesitas

Image by Michal Jarmoluk from Pixabay.

Kebiasaan makan atau bisa disebutkan dengan Food habit ini yaitu pola makan kita yang terjadi secara terus-menerus atas dasar suatu hal yang berkaitan dengan perasaan terhadap penilaian soal makanan tersebut. Apabila kebiasaan makan kita ini salah, maka akan menjadi dampak buruk bagi tubuh kita karena kebiasaan makan yang salah dapat menyebabkan obesitas/gizi lebih sehingga dapat menyebabkan penyakit degeratif lainnya seperti diabetes mellitus (DM), hipertensi, jantung koroner, kolestrol, stroke dan lain-lain. Ingat ya sobat, kebiasaan makan yang salah itu dapat menjadi salah satu faktor terjadinya obesitas. Jadi kita wajib untuk memperhatikan secara serius dan terfokus pada kebiasaan makan kita sehari-hari hingga jangan sampai terjadi hal-hal yang kita inginkan/harapkan ya sobat.

Bagaimana Nih Tips nya Biar Makan Malam Itu Tetap Sehat?

Sobat Halosehat, di tubuh kita memiliki adanya siklus proses makanan dalam sehari penuh yang dinamakan dengan circadian rhythm. Pada sistem pencernaan kita, siklus ini terbagi atas 3 siklus yaitu ada siklus pencernaan/pemecahan, absorbs/penyerapan dan terakhir yaitu pembuangan.

  1. Pada siklus pencernaan terjadi dari jam 12.00 siang hingga 20.00 malam. Dalam siklus ini, sistem pencernaan kita sangat aktif sehingga menjadi waktu yang sempurna untuk mengonsumsi makanan/minuman.
  2. Siklus penyerapan, terjadi dari jam 20.00 hingga sampai jam 04.00 pagi sehingga pada periode jam tersebut, tubuh mengalami istirahat. Jadi pada saat kita tertidur, terjadi beberapa proses penyerapan, penyebaran nutrisi ke seluruh tubuh, dan
  3. Pada siklus pembuangan, terjadi dari jam 04.00 hingga sampai jam 12 siang ini, tubuh mulai membuang sisa-sisa proses metabolisme tubuh untuk dikeluarkan ke luar tubuh. Jika sisa-sisa makanan ini tidak dibuang, maka akan menjadi racun yang dapat membahayakan tubuh kita.
Bagaimana Nih Tips nya Biar Makan Malam Itu Tetap Sehat?

Image by PublicDomainPicture from Pixabay.


Nah, sobat Halosehat, jika kita lihat dari siklus proses makanan ini apakah sudah sesuai belum tidak dengan pola makan makan kita terutama kebiasaan makan kita di malam hari. Biasanya dari pengalaman saya, penulis melihat teman-teman yang lain biasa makan malam di malam hari sekitar jam 19.00 hingga jam 20.00. Bukan hanya itu saja, malah makin sibuk kegiatannya kita, waktu makannya kita makin mundur bisa sampai tengah malam jam 24.00 atau lebih dari itu. Seharusnya ya sobat, jam 20.00 malam ke atas itu harusnya kita sudah beristirahat untuk makan karena diatas jam 20.00, tubuh sudah mulai istirahat, adanya penurunan pemecahan/mencerna makanan yang masuk.

Oleh karena itu sobat, ada nih tips baik untuk sobat semuanya. Ini beberapa tips baik dari penulis yaitu :

  • Sebaiknya jumlah porsi makan malam yang mau dikonsumsi itu memiliki kalori yang kecil;
  • Kurangi konsumsi makanan bersumber karbohidrat, lemak dan tinggi kalori;
  • Hindari makan malam diatas jam 20.00;
  • Jika ada rasa lapar dan tidak bisa tidur, maka carilah cemilan ringan yang rendah kalori sehingga dapat membuat tidurmu tenang dan tanpa membuat kita gemuk. Makanan yang rendah kalori itu contohnya buah-buahan, sayur-sayuran dan lain-lain.
Nah Sekian artikel tentang Tips Makan DI Waktu Malam Semoga bermanfaat ya sobat. Jangan lupa dukung situs ini dengan cara share artikel ini ke media sosial kalian agar bermanfaat bagi yang lainnya ya sobat



Related Posts

Posting Komentar

Subscribe Our Newsletter