Hubungan Antara Waktu dan Kesehatan Ternyata Sangat Erat

Halo sobat hallosehat, kali ini aku mau mengulik atau mengulas mengenai tips bagaimana cara menggunakan waktu kita dengan baik agar memiliki kesehatan tubuh  dan fiiran yang sehat pula. Jika kita berfikir kalau kita cuek dengan waktu yang selama ini kita lewati dan menganggapnya sebagai hal yang tidak berpengaruh apa-apa mungkin itu bukan hal yang tepat.

Didalam pola hidup yang sehat terdapat beberapa hal yakni makan makanan yang sehat, menjaga kebersihan diri dan lingkungan dan ada juga aktifitas yang sehat. Nah aku bakalan berikan beberapa tips bagaimana memanfaatkan waktu kita sehari-hari agar memiliki tubuh yang sehat.


hubungan antara waktu dan kesehatan
Ilustrasi Foto oleh Mike dari Pexels

Hubungan Antara Waktu dan Kesehatan Ternyata Sangat Erat

1. Sediakan Waktu Olahraga

Yang pertama adalah sediakan waktu untuk olahraga dalam keseharian kita. Entah itu beberapa kali dalam seminggu atau pun juga bisa beberapa menit dalam sehari akan lebih bagus jika sediakan waktu olahraga setiap hari. Orang yang hobi olahraga secara tidak langsung sudah berusaha merawat tubuhnya dengan baik. Dengan gemar berolahraga artinya rajin menjaga otot tetap kuat, rajin membersihkan racun dalam tubuh, dan juga rajin meningkatkan metabolisme serta daya tahan tubuh kita.

Tipsnya adalah sediakan waktu minimal 10 hingga 15 menit dalam sehari untuk berolahraga, dengan begitu hidup kita akan lebih sehat. Selain itu juga akan berdampak pada kesehatan otak kita, karena bisa memiliki fokus yang baik dalam beraktifitas.

2. Usahakan Waktu Tidur Yang Cukup

Hubungan antara waktu dan kesehatan yang kedua adalah waktu tidur yang cukup. Dengan banyak begadang, seseorang akan mempunyai imun yang rendah dan rentan terkena penyakit. Selain itu dengan seseorang yang bergadang berlebihan akan menjadikan otak tidak bekerja dengan baik. Waktu tidur yang baik setahu saya adalah 9 jam untuk anak-anak dan 6-7 jam untuk dewasa. Secukupnya yang penting jangan lupa sediakan waktu tidur yang cukup dan tidur yang berkualitas.

3. Mengatur Waktu Makan Yang Tepat

Tips yang ketiga dalam hubungan waktu dan juga kesehatan adalah mengatur waktu makan atau jadwal makan yang tepat. Dengan makan yang teratur tubuh akan lebih maksimal dalam metabolisme dan juga bisa menyehatkan pencernaan itu sendiri. Kita juga sebenarnya sudah diajarkan dari waktu kecil bahwa kita harus makan setidaknya dalam 3 kali dalam sehari. Itu sebenarnya adalah ukuran yang pas untuk tubuh kita. 

Yang pertama adalah untuk sarapan, mengawali hari kita dengan energi yang cukup. Yang kedua adalah makan siang, agar tetap bertenaga dalam menyelesaikan aktifitas seharian. Dan yang ketiga adalah waktu makan malam untuk mengurangi lelah dan juga menjaga ketahanan tubuh. Dengan memiliki waktu makan yang teratur kesehatan kita juga akan lebih teratur, jangan berlebihan namun juga jangan sampai kekurangan.

4. Mengatur Waktu Bekerja dan Waktu Beristirahat Yang Benar

Pada point ke empat ini saya akan membahas dua pengaturan waktu sekaligus yakni mempunyai waktu kerja dan istirahat yang benar. Memang terkadang kebutuhan hidup memaksa kita untuk bekerja penuh waktu, namun jangan lupa untuk mengistirahatkan tubuh kita dengan baik. Sebenarnya pemerintah sendiri sudah membuat peraturan tentang waktu kerja yang baik yakni 8 jam sehari dan maksimal dalam seminggu adalah 45 jam kerja. Ini dimaksudkan juga demi kesehatan yang kita miliki.

Tipsnya adalah jangan terlalu memporsir diri kita secara berlebihan dalam bekerja. Kalau memang merasa kebutuhan benar-benar memaksa diri, fikirkanlah bagiamana caranya menghasilkan uang lebih dalam waktu yang standart. Jangan terus memaksa diri kita untuk bekerja melebihi batas waktu dari kemampuan tubuh kita sendiri. 

Selain itu punyailah istirahat yang cukup dan berkualitas agar kita bisa fresh dan bertenaga kembali untuk bekerja. Misalkan saja menyediakan waktu bersantai di sore hari setelah bekerja atau memaksimalkan istirahat di waktu hari libur. Dengan begitu keseimbangan tubuh kita akan jauh lebih sehat.

Saya menuliskan beberapa tips ini juga sebagai pengingat bagi diri saya sendiri, kadang memang sakitng asiknya kita beraktifitas sampai lupa waktu istirahat. Kadang pula saking asiknya nonton film atau ngumpul sama teman jadi lupa waktu buat tidur malam yang cukup. 

Yang gak kalah penting juga jangan terlalu banyak waktu santai alias malas, kebalikannya dengan point-point diatas. Jika seseorang terlalu malas juga akan kurang sehat karena tidak ada reaksi dalam tubuh sehingga bagian dari tubuh kita tidak terlatih dan tidak terawat dengan baik.

Oke sobat semuanya itu adalah sharing saya hari ini mengenai hubungan antara waktu kita sehari-hari dengan kesehatan yang kita miliki. Mudah-mudahan bisa bermanfaat baik itu buat saya pribadi atau juga buat sobat semua hallosehat. Terima kasih dan jangan lupa tetap jaga kesehatan
 
Jangan lupa kunjungi : Blog Lifestyle

Related Posts

Posting Komentar

Subscribe Our Newsletter