Apa Saja Penyebab Sakit Maag Beserta Cara Mengobatinya

penyebab sakit maag dan cara mengobatinya

Halo sobat hallosehat, tahukan kamu hal apa saja yang menjadi penyebab sakit maag dan cara mengobatinya ? penyakit maag mungkin sudah banyak tahu. Penyakit dengan nama lain dispesia ini menyerang lambung hingga rasanya pun nyeri. Untuk jenis maag sendiri ada 2 jenis, yakni maag yang ringan yang terjadi pada waktu tertentu saja namun segera hilang dan juga maag berat yang memang sudah menjadi kekurangan atau di derita seseorang dalam waktu yang lama.

Yang namanya kondisi didalam tubuh kita, entah itu sehat, entah itu sakit pasti semua ada penyebabnya. Mulai dari faktor eksternal alias makan dan pola makan yang salah. Kemudian bisa juga karena pola aktifitas yang salah dan bisa juga maag terjadi karena dampat dari penyakit lain. Oke sobat, aku bakalan jabarkan beberapa hal yang memicu atau menyebabkan sakit maag dan cata mengobatinya.


Hal-hal yang bisa menyebabkan sakit maag.

Ada beberapa hal yang menjadi penyebab seseorang mengidap penyakit maag. Secara umum orang yang menderita maag adalah mengalami luka pada lambung mereka atau juga lambungnya terinfeksi akhirnya menimbulkan rasa sakit.

Yang pertama adalah makanan. Karena semua makanan yang masuk dalam tubuh kita akan melewati lambung, lalu jika makanan tersebut tidak seimbang atau kandungan zat brlebihan, makan akan menyebabkan zat asam dalam lambung memacah yang menyebabkan sakit. Pola makan dan juga jenis makanan yang dikonsumsi seseorang akan sangat berpengaruh pada oragn tubuh. 

Pola makan yang tidak teratur berakibat tidak baik untuk lambung seseorang. Pola makan tidak teratur dibedakan menjadi bbrapa hal
- makan terlalu banyak 
- makan terlalu sedikit
- makan terlalu sering
- makan terlalu jarang
Hal-hal tersebut diatas dapat memicu sakit maag karena asupan tidak teratur. Kemudian selanjutnya juga bisa diaebabkan karena kandungan dalam makanan berlebihan. Misalkan terlalu pedas, terlalu asin dan terlalu yang lainnya.

Faktor lain yang bisa meyebabkan sakit maag adalah infeksi. Infeksi bisa di sebabkan karena bakteri yang masuk ke lambung, atau bisa juga efek lainnya dari sebuah penyakit, beberapa penyakit yang bisa menimbulkan efek samping berupa sakit maag antara lain batu empedu, kanker pankreas, penyumbatan usus, kanker lambung atau penyakit lain yang organnya terhubung dengan lambung.


Pencegahan dan Pengobatan

Gak cuma sakit maag, banyak penyakit yang terjadi atau menjangkit seseorang awalnya karena orang tersebut tidak menerapkan pola hidup sehat. Agar tetap memiliki tubuh yang sehat serta tidak sakit-sakitan tetunya harus pola hidup sehat dulu, makan teratur, olahraga teratur, aktifitas teratur dan istirahat teratur. Dengan begitu seseorang akan dijaugkan dari penyakit, tarmasuk sakit maag. Secara detailnya antara lain
- kurangi makanan dengan zat asam tinggi
- makan dengan teratur sesuai jadwal
- buang kebiasaan minum alkohol
- hindari kondisi stress yang berlebihan
- jangan langsung berbaring setelah makan
- dan pola hidu sehat lainnya.

Dengan menerapkan pola hidup sehat, maka tubuh menjadi sehat, kuat, begitu juga dengan asupan yang masuk kelambung juga menyehatkan. Meskipun penyakit ini mudah diredakan dalam waktu dekat, namun jika sudah mengalami gejala dan tidak segera diobati nanti bisa berbahaya bagi tubuh.

Sobat bisa mulai melakukan pencegahan dan pengobatan apabila gejala-gejala sakit maag mulai muncul, mulai dari lambug yang rasanya sesak atau tidak seperti biasa, dan juga sering mengeluarkan uap mulut yang panas.

Jika sudah terlanjur mengalami sakit maag ya mau ga mau harus segera diobati. Agar tidak menjadi maag kronis, karena kalau sudah maag kronis hidup sehari-sehari akan sangat terganggu. Pengobatan bisa dimulai dari minum obat maag yang biasa ada di apotik atau di warung. 

Namun apabila dalam waktu dekat tidak kunjung reda maka harus segera ke dokter. Karena bisa jadi ada penyakit atau faktor lain yang menyebabkan sakit maag. Jika ada penyakit lain yang menyebabkan sakit maag maka yang harus ditangani terlebih dahulu adalah penyakit tersebut terlebih dahulu, dan untuk diagnosa dan penanganan, dokter lah yang lebih tahu.

Oke sobat, itu tadi sharing saya hari ini perihal sakit maag, penyebab sakit maag dan juga cara mengobatinya. Mudah-mudahan bisa memberikan manfaat, jangan lupa untuk selalu jaga kesehatan dan terima kasih.
 
Jangan lupa kunjungi : Blog Lifestyle

Related Posts

Posting Komentar

Subscribe Our Newsletter