Hati dan Jiwa Yang Sehat Adalah Yang Jauh Dari 5 HaL Ini !

Hallosehat.xyz - Hati dan Jiwa Yang Sehat, ngomongin masalah sehat gak selalu soal fisik, dari selain fisik ada beberapa kesehatan lain yang harus kita jaga. Baik itu fikiran, hati, hubungan atau juga kesehatan keuangan... eitss .. tp kali saya mau bahas salah satu saja yakni mengenai kesehatan hati kita, hati kita yang paling dalam.


Ilustrasi Foto oleh chris howard dari Pexels


Dengan mempunyai hati dan jiwa kita bisa menggerakkan raga kita, bisa melakukan banyak, bisa pula merasakan banyak hal. Perbuatan baik, buruk, rasa senang, sakit, bahagia, kecewa, marah dan lain sebagaianya..
Hemm... lagi-lagi anugrah Tuhan memang tidak terbatas, kita sebagai manusia diberikan banyak sekali rasa dan kondisi yang aku sebutkan tadi. 

Pada dasarnya setiap orang terlahir murni, iya... bersiihh sekali.., 
Sobat bisa melihat pada anak kecil yang mungkin baru lahir sampai dia beranjak menuju balita, hatinya bersih tidak ada kebencian, tidak ada iri hati, rasanya damai juga kalau melihat anak kecil yang dengan tulus dan lepas dia tertawa.

Seiring berjalannya waktu, akhirnya seseorang tumbuh dan berkembang, ketemu orang-orang, melakukan banyak hal, menerima banyak hal baru, dan akhirnya membentuk karakter tersendiri. Yang pastinya jauuh sekali dengan waktu seseorang masih kecil. Bahkan ada yang sudah tidak pnya belas kasihan, iri hati, kasar, dan seperti sudah tidak punya hati lagi. Sebenarnya bukan tidak punya hati, tapi bisa dibilang hatinya sakit atau mengalami kelainan.

Hati yang sehat dan hati yang sakit, apa akibat yang ditimbulkan keduanya?
Bedanya secara garis besar adalah ketenangan dan kebahagiaan. Seseorang yang sehat akan lebih bahagia, sedangkan yang hatinya tidak sehat, akan sebaliknya. Berikut adalah beberapa sifat dalam hati seseorang yang menjadikan hatinya tidak sehat.


1. Iri hati

Tidak suka kalau ada orang lain bahagia menjukkan jiwa yang kotor. Hal ini tentunya harus kita hindari sobat. Karena orang selalu iri hati hidupnya gak akan pernah bahagia, dia selalu mengukur kebahagiaan dari standart orang lain. Dia selalu saja membanding2kan dan lupa kalau didalam dirinya ada sesuatu juga yang sangat pantas disyukuri.

Tidak ada hal yang sempurna di dunia ini. Kalau kita terus menbanding-banding kan pasti tidak akan ada hbisnya. Lebih baik jika kita ikut bahagia jika orang lain bahagia. Lebih baik kita mensyukuri apa yang ada, karena setiap orang memiliki rejeki sendiri, kelebihan dan kekurang masing-masing.


2. Kebencian Yang Berlebihan

Sebenarny wajar sih di dunia ini ada yang kita sukai dan ada pula yang kita tidak sukai. Tidak suka tidak harus benci, maksudnya kita boleh tidak suka pada sesuatu namun tidak boleh membencinya secara berlebihan.

Kenapa demikian?

Kebencian berlebihan termasuk hati yang tidak sehat yang akan menyiksa diri seseorang. Tahukan kamu kalau di dunia ini semua hal diciptakan ada tujuannya. Jangan sampai kita menyesal karena sikap benci berlebihan yang selama ini ada di diri kita.

Misalkan saja anda benci berlebihan pada seseorang, bisa saja suatu saat orang itu anda butuhkan, orang itu yang menjadi penolong bagi anda.

Selain itu benci berlebihan juga akan membuat diri kita sendiri tersiksa, iyaa... karena kita secara tidak langsung memupuk penolakan yang kuat terhadap sesuatu.


3. Sombong

Sifat selanjutnya yang menjadikan hati seseorang tidak sehat adalah kesombongan mereka. Sombong merupakan sebuah sifat yang sangat merugikan. Karena kesombongan seseorang merasa dirinya paling hebat dan tidak mau belajar lagi, karena keseombongan pula seseorang jadi memandang rendah dan tidak menghargai orang lain.

Sebagus apa pun rupamu, jangan sombong, diluaran sana masih banyak yang lebih cantik dan lebih tampan. Seakaya apapun kamu dan hartamu, jangan sombong, karena semua itu bukanlah hal yang abadi di dunia ini.

Selainitu seseorang yang memiliki kesombongan yang tinggi, dia akan lupa dengan kekurangan dirinya sendiri. Bahkan dengan kesombongan, seseorang juga bisa celaka.


4. Ketakutan

Tahukah kamu kalau sebenarnya ketakutan yang berlebihan juga merupakan sebuah tanda bahwa hatimu sedang tidak sehat. Apalagi kalau yang kamu takutkan sebenarnya bukanlah hal yang menakutkan.

ketakutan yang berlebihan biasanya terjadi karena trauma akan sesuatu, karena kejadian di masa lalu, karena halusinasi yang berlebihan, karena lingkungan, karena perlakuan dari orang lain yang pernah diterima seseorang dan masih banyak lagi penyebab nya.

Hidup gak perlu terlalu berani, namun juga jangan terlalu takut. Biasa-biasa saja donggg... lagian apapun hasilnya nanti sudah ada Tuhan yang menentukan kok. 

Apa ketakutan mu sekarang ? 
bisa jadi kalau gak segera kamu atasi kamu akan menyesal.
bisa jadi kalau gak segera kamu atasi sudah tidak ada kesempatan lagi.
bisa jadi kalau gak segera kamu atasi, kamu akan segera gagal.

Apa ketakutanmu sekarang?
hanya kamu sendiri yang tahu !


5. Terlalu Sensitif Alias Baperan

Tanda hati yang tidak sehat selanjutnya adalah terlalu sensitif atau baperan. Jelas banget.
Baperan adalah memberikan sebuah respon yang berlebihan dengan perasaan. 
ini sih sebenarnya bahasa anak mudah sekarang ya, kalau dicari dalam KBBI mungkin tidak kamu temukan.

Terlalu sensitif atau baperan biasanya akan merespon sebuah kejadian dengan negatif. Contoh kecil saja, pacar atau kekasihmu lama sekali balas pesan darimu, dan kamu akan berasumsi kalau dia sedang sibuk dengan yang lain, padahal dia sebenarnya lagi tidur.

Contoh lain, ada orang yang niat bercanda dengan kamu dengan menyebut anda gendut, tapi kamu menanggapinya dengan negatif kalau temanmu sedang menghinamu dan menjelekkanmu.

Sensitifitas yang seperti ini akan merugikan seseorang, dan membawa segala sesuatu dalam sudut pandang yang negatiF. Akhirnya hiduppun jadi tidak tenang.

Solusi mengatasi penyakit hati yang satu ini adalah "Santai saja dan positif thingking"
Arahkan segala sesuatu dalam sudut pandang yang positif, maka akan jadi lebih baik.

Dan masih banyak lagi tanda-tanda bahwa  hati kita sedang tidak sehat yang lainnya, yang perlu kita pahami bahwa memiliki hati yang sehat adalah hati yang jauh dari sifat tercela dan juga hal-hal buruk, tentunya bukanlah hal yang mudah buat kita, namun apa salahnya jika kita saling berusaha masing-masing dan saling menasehati.

Oke sobat, aku rasa sharing hari ini cukup ya, sebenarnya hati kita memang tetap harus kita jaga kesehatannya, karena kalau udah terlanjut sakitnya dalam pasti susah ngobatinnya, yang paling parah bisa dibawa kerumah sakit jiwa, beneran alurnya seperti itu. 

Mudah-mudahan bermanfaat terutama untuk diriku sendiri dan smeoga juga bisa bermanfaat buat kamu yang membaca tulisan ini. Terima kasih . . .


Jangan lupa kunjungi : Blog Lifestyle

Related Posts

Posting Komentar

Subscribe Our Newsletter