Mengetahui Penyebab Anemia, Pencegahan dan Cara Mengobatinya

Halo sobat hallosehat.xyz , setelah lelahnya beraktifitas sehari-hari dan juga banyaknya hal yang harus dikerjakan, jangan lupa untuk sediakan waktu mu sedikit untuk bersantai dan juga beristirahat, karena yang namanya daya tahan tubuh itu selalu ada batasannya. Daya tahan tubuh yang kuat dengan aktifitas yang sehat akan bagus untuk menahan dan menangkal penyakit, begitu juga sebaliknya.

Jangan sampai juga sobat semuanya terkena penyakit yang namanya anemia, karena salah satu faktornya adalah pola hidup yang terlalu lelah dan juga tidak sehat. Anemia merupakan sebuah kondisi seseorang yang mengalami kekurangan sel darah merah, yaitu pada saat ketersediaan sel darah merah berada dibawah normal.

Anemia terjadi ketika hemoglobin tidak mencukupi di dalam darah merah itu sendiri, faktor lain yang sengat berpengaruh adalah ketika protein nya sangat kurang, menjadikan keterlambatan membawa pasokan oksigen dari paru-paru menuju ke seluruh tubuh yang dibawa oleh sel darah merah itu sendiri.


Penyebab anemia dan cara mengobatinya


Penyebab Seseorang Terkena Anemia

Orang yang menderita anemia pada dasarnya adalah keterlambtan dari pembentukan sel darah merah yang baru. Iya karena sel-sel darah tua didalam tubuh itu selalu digantikan dengan yang baru, dan jumlah sel darah merah yang ada itu akan bertahan dari 90 hari hingga 120 hari. Dengan hitungan tersebut jika terjadi keterlambatan, itulah yang dinamakan kekurangan sel darah merah.

Hemoglobin di dalam tubuh seseorang harus selalu terjaga ketersediaannya, karena hemoglobin ini betugas membawa okesigen pada sel darah merah. Yang terjadi jika seseorang mengalami anemia dia berarti kekurangan hemoglobin.

Penyebab utama seseorang terkena anemia adalah kurangnya kekebalan tubuh, jadi struktur sel baik tersebut banyak yang tidak seimbang alias kurang. Bisa saja karena seseorang terlalu lelah dalam beraktifitas atau juga karena asupan gizi yang kurang atau tidal sehat.

Penyebab lain dari timbulnya anemia juga dikarenakan penyakit yang ada didalam tubuh seseorang. Biasanya untuk orang yang mengalami penyakit kronis akan lebih mudah terkena anemia, misalkan saja ginjal dan kanker, itu akan memicu penyakit yang satu ini.

Anemia juga sering terjadi pada ibu hamil, karena ibu hamil cenderung kekebalan tubuhnya menurun dan sebenarnya membutuhkan lebih banyak hemoglobin dan protein guna memperlancar pada saat pembuatan sel darah merah yang baru.

Anemia sendiri ada banyak macam jenisnya, dikategorikan berdasarkan jnis kekurangannya dalam tubuh. Antara lain adalah :

  • Anemia defisiensi B12.
  • Anemia defisiensi folat.
  • Anemia defisiensi besi.
  • Anemia karena penyakit kronis.
  • Anemia hemolitik.
  • Anemia aplastik.
  • Anemia megaloblastik.
  • Anemia pernisiosa.
  • Anemia sel sabit.
  • Talasemia.

Selain penyebab diatas seseorang yang mengalami penyakit ini juga disebabkan karena gangguan pada usus, lantaran usus bertugas menyerap nutrisi dan vitamin. Jika usus mengalami gangguan, maka pasokan hemoglobin juga akan berkurang.

Gejala Atau tanda-tanda seseorang terkena anemia

Orang yang terkena penyakit ini biasanya ditandai dengan emosi yang meningkat dan mudah marah. Selanjutnya tubuh lemas dan jika beraktifitas sebentar saja mudah lelah. Selanjutnya adalah tiba-tiba mengalami sakit kepala tanpa sebab lain.

Selain gejala diatas, pada tingkat lanjut pengidap anemia juga ditandai dengan keinginan makan yanga aneh-aneh, entah makanan apapun yang belum dia makan, atau bahkan makanan yang tidak masuk akal, hal ini diakibatkan rangsangan tubuh dan otak yang tidak biasa dampak dari anemia.

Tanda-tanda yang lain bisa diketahui dari kondisi tubuh kita ketika beraktifitas, misalkan saja mudah pusing ketika berdiri, warna kulit menjadi lebih pucat dari biasanya, kemudian nafas terasa sesak dan juga sakit pada lidah yang tidak biasa

Pencegahan dan Pengobatan

Sebenarnya segala macam penyakit itu bisa dicegah, asalkan menerapkan pola hidup sehat serta memakan makanan yang sehat. Yang berhubungan dengan anemia, bisa dicegah dengan meningkatkan kekebalan tubuh. Bisa dengan olahraga rutin, tidur yang cukup, jangan bekerja terlalu berlebihan dan juga menerapkan pola makan yang sehat.

Selanjutnya sobat juga bisa mengkonsumsi jenis-jenis makanan penambah darah, contohnya adalah makanan yang kaya akan zat besi, makanan yang mengandung asam folat yang cukup dan juga mengandung vitamin B12. berikut adalah contoh makanan-makanan tersebut :

Makanan kaya zat besi antara lain :
  • Sayur bayam
  • Sawi
  • Sayur-sayuran hijau dari kebun lainnya
Makanan mengandung asam folat contohnya :
  • Kacang Polong
  • Kacang Merah
  • Kacang Hijau
  • Jeroan
  • Dan Sayuran Hijau
Makanan yang cukup vitamin B12 antara lain :
  • Jeroan
  • Ikan
  • Daging Telur
  • Susu
  • Sereal
Pencegahan tingkat selanjutnya adalah ketika sudah ada tanda-tanda gejala diatas segera lakukan peningkatan imun dan coba untuk segera konsultasikan ke dokter. Karena dengan berkonsultasi ke dokter, sobat jadi lebih mudah dikenali penyakit yang sebenarnya serta mendapatkan penanganan yang tepat.

Untuk pengobatan di dokter sendiri biasanya akan diberikan obat untuk kekebalan tubuh dan jika perlu akan diberikan transfusi darah guna mensuplly hemoglobin dari darah lain yang lebih sehat. 


Ketika anda sudah mengalami gejalanya segeralah untuk berobat, karena jika dibiarkan lebih lanjut, anemia yang dalam waktu lama akan memicu penyakit kronis lain, misalnya kerusakan otak, jantug atau organ-organ dalam di tubuh seseorang. Makanya penting sekali untuk segera berkonsultasi kedokter agar mengetahui jenis anemia apa yang sedang diderita, lalu obat-obat apa saja yang lebih tepat.

Oke sobat, itu tadi sharing dari saya mengenai peyakit anemia, mulai dari penyebab, pencegahan dan cara mengobatinya. Saya sharing berdasarkan pengetahuan saya sendiri, jadi saya harap ini sebagai refrensi saja, untuk gejalan tingkat lanjut jika sobat mengalaminya alangkah lebih baik jika menanyakannya kepada dokter langsung, karena setiap orang memiliki daya tahan tubuh yang berbeda-beda. Sekian, semoga bermanfaat dan terima kasih.


Jangan lupa kunjungi : Lifetyle Blog Sakti Prayoga

Related Posts

Posting Komentar

Subscribe Our Newsletter