Mengetahui Penyebab Sariawan dan Cara Mengobatinya

Hallosehat.xyz – Bagaimana sih cara mengetahui penyebab sariawan sekaligus cara mengobatinya ? Pasti yang namanya sariawan sobat semua pasti pernah ya ngalamin, sariawan ringan hingga yang benar-benar nyakitin. 

Sariawan itu gak enak sama sekali, kadang mau buat makan makanan tertentu jadi gak bisa, kadang juga buat bicara saja sakit. Oke kali hallosehat bakalan ngebahas tentang sariawan, apa saja penyebabnya, cara cegahnya gimana, lalu cara mengobatinya bagaimana.


Penyebab Sariawan dan Cara Mengobatinya
Ilustrasi Terkena Sariawan Foto oleh Anna Shvets dari Pexels


Apa Itu Sariawan ? 

Sariawan adalah luka kecil yang tidak terlalu dalam kemudian menyebabkan sakit rongga mulut. Biasaya luka itu terjadi pada bagian lunak dalam mulut, bisa bagian depan, atas atau samping. Biasa kalau gak segera diobatin juga bisa nyebar kebagian yang lain alias tambah lebar atau menular di titik yang lain. 

Sariawan sendiri bisa sariawan yang ringan atau yang kecil tidak begitu berefek, tapi ada juga sariawan yang besar, jadi lebih lebar atau lebih dalam. Dan mau kecil atau besar tetap mengganggu dan sebaiknya segera di obati, meskipun kadang bisa hilang sendiri. Sariawan adalah penyakit yang umum terjadi di masyarakat, bisa dialami dewasa atau juga bisa anak-anak. 

Tapi untuk yang paling sering itu adalah wanita, karena biasanya terpengaruh oleh hormon yang berubah-ubah, terutama saat mengandung atau saat menstruasi. 


Apa Saja Tanda-tanda atau Gejala Terkena Sariawan ? 

Biasanya muncul seperti cairan di permukaan calon sariawan yang gambang dipecah. Biasanya ada di balik bibir atau sudut bibir, bisa di balik dagu, atau bisa juga di atas tepat bagian bawah hidung. Tanda-tanda yang paling sering adalah rasa nyeri yang bikin malas buat ngomong dan juga malas makan. 

Tanda-tanda secara fisik aadalah adanya luka yang berwarna agak kuning atau agak putih dan di area luka tersebut cenderung warna nya lebih merah dibandingkan dengan permukaan yang lain. Gak Cuma itu, biasanya disekitar daerah luka tersebut terasa nyeri atau panas yang lebih dibandingkan bagian yang lain. 


Apa Saja Hal Yang Menyebabkan Sariawan ? 

Yang pertama dan yang paling sering adalah kegigit gigi sendiri, ini terjadi karena tidak hati-hati dalam makan atau memang tidak disengaja. Dan ini yang bikin anda jengkel sendiri bahkan kenapa harus menggigit mulut anda sendiri. 

Yang kedua adalah faktor makanan yang sobat makan. Jadi ada beberapa jenis makanan yang bisa memicu luka, yaitu makanan-makanan dengan rasa yang terlalu tajam, misalkan saja terlalu panas, terlalu pedas, terlalu asam, dan jenis-jenis makanan terlalu lainnya. 

Yang ketiga memang karena seseorang yang kurang vitamin khusus seperti vitamin C yang menyebabkan untuk asupan kesehatan bagian lunak dalam mulut kurang sehat. Selain vitamin C biasanya juga kekurangan vitamin B, zinc dan zat besi, karena zat-zat itulah yang menjaga kesehatan mulut serta menangkal bakteri, karena kekurangan vitamin tersebut jadi mudah terkena sariawan. 

Selanjutnya disebabkan juga karena alergi pada makanan tertentu, misalkan anda makan sesuatu dan itu bikin mulut gatal dan sejenisnya. Jadi kalau sudah tahu alergi ya jangan dimakan dan lebih hati-hati dalam memilih makanan. 

Sariawan juga bisa terjadi karena adanya perubahan hormon dalam tubuh yang menjadikan area lunak dalam mulut menurun ketahanannya. Selain itu bisa pula karena mempunyai jenis-jenis penyakit tertentu yang bisa memicu timbulnya sariawan, misalkan HIV/Aids Atau kanker dan jenis-jenis penyakit lupus. 


Bagaimana Cara Mencegah dan Juga Mengobati Sariawan ? 

Biar gak mudah terkena sariawan hal terpenting yang harus dilakukan adalah menjaga kesehatan mulut. Entah itu kebersihan atau daya tahan mulut terhadap bakteri. Nah contoh yang paling sederhana adalah rajin sikat gigi dan menjaga mulut tetap bersih. Dengan mulut yang bersih akan lebih sedikit bakterinya, sehingga daya tahan dan juga kesehatan mulut terjaga. 

Kemudian pencegahan selanjutnya menjaga asupan vitamin yang dibutuhkan untuk mulut, misalkan saja dengan banyak mengkonsumsi buah dan sayuran, dengan begitu nutrisi dan vitamin untuk mulut tetap terpenuhi. Langkah lain juga adalah dengan menjaga mulut tidak sampai dehidrasi, rajinlah minum air putih. 

Ada juga cara praktis yang cukup ampuh untuk membunuh bakteri dalam mulut adalah dengan berkumur-kumur dengan garam. Karena garam merupakan zat yang bisa membunuh bakteri dalam mulut. Jika sobat mempunyai alergi seperti yang saya sebutkan diatas ya tentu saja harus dihindari. Dan juga makanlah makanan yang kombinasi rasa dan kandungannya baik atau tidak berlebihan. 

Jika sudah terlanjur terkena sariawan harus segera diobati, jangan mentang-mentang kecil dibiarin, meskipun kadang bisa sembuh sendiri. Takutnya nanti sobat malah terkena jenis sariawan yang bisa nyebar atau bisa nular kebagian yang lain. 

Cara mengobati selanjutnya adalah minum minuman vitamin C atau juga minum obat sariawan yang ada di warung dan apotik. Ada juga jenis obat oles seperti lidocaine dan juga xylocaine yang bisa meredakan nyeri jika dioleskan pada bagian luka. 

Dalam kondisi tertentu misalkan sariawan beberapa hari atau lebih dari 10 hari gak kunjung sembuh, berarti sobat harus pergi ke dokter untuk diperiksa. Takutnya sariawan itu bukan sariawan biasa atau sobat terkena sariawan karena adanya gangguan penyakit yang lain. Jadi dengan pergi ke dokter bisa menjadi lebih jelas dan lebih tepat penanganannya. 

Itu tadi sobat aku sharing mengenai penyebab sariawan dan juga cara mengobatinya. Ini juga saya sharing karena pernah ngalamin yang namanya sariawan dan mengatasinya dengan satu cara yang saya sebutkan tadi. Dan mudah-mudahan bisa memberikan manfaat, terima kasih
 
Jangan lupa kunjungi : Blog Lifestyle

Related Posts

Posting Komentar

Subscribe Our Newsletter