Manfaat Donor Darah Bagi Kesehatan Seseorang

Hallosehat.xyz - Manfaat Donor Darah. Kapan sobat terakhir kali melakukan donor darah, sudah tahu belum kalau donor darah memiliki manfaat yang luar biasa bagi kesehatan seseorang. Donor darah merupakan kegiatan sosial dalam bidang kesehatan juga bidang kemanusiaan, mengingat donor darah bisa menyembuhkan seseorang dari sakti, atau bahkan menyelamatkan nyawa seseorang.

Di Indonesia sendiri sebenarya kebutuhan untuk stock darah masih belum mencukupi. Terbukti kadang jika ada yang membutuhkan seringkali harus mencari stock kesana kemari dari rumah sakit yang satu ke yang lain.

Manfaat Donor Darah Bagi Kesehatan Seseorang

Foto oleh Pranidchakan Boonrom dari Pexels

Jika kita semuanya memiliki tubuh yang sehat dan bebas dari penyakit sudah semestinya kita turut serta untuk berpartisipasi dalam mencukupi kebutuhan darah di Indonesia. Agar saudara-saudara kita yang dalam kondisi darurat bisa mendapatkan pertolongan segera. 

Sebenarnya saya meyakini jika masyarakat banyak yang bersedia, namun informasi mengenai donor darah sendiri tidak merata di negara ini, terbukti masih banyak masyarakat pedesaan yang belum pernah melakukan donor dan bahkan tidak tahu menahu mengenai hal ini. Selanjutnya selain kita bisa menolong orang lain, melakukan donor darah juga bisa memberikan manfaat untuk pedonornya sendiri.

Manfaat Donor Darah Bagi Kesehatan Seseorang

1. Merawat Kesehatan Organ Hati

Seseorang yang rutin melakukan donor darah secara otomatis darah akan dikeluarkan dan berganti dengan yang baru. Dengan proses ini akan menyeimbangkan kandungan zat besi dalam tubuh seseorang. Karena dengan zat besi yang berlebihan seseorang lebih rentan terkena hepatitis C

2. Menurunkan Resiko Penyakit Jantung

Donor darah secara rutin akan menjadikan darah dalam tubuh seseorang menjadi lebih sehat. Karena kekentalan darah akan berkurang jika rutin melakukannya. Darah yang terlalu kental akan memicu gesekan-gesekan yang tidak sehat antara darah dan juga pembuluh darah, dan akibatnya akan merambat pada jantung. 

3. Menurunkan Kolesterol Yang Berlebihan

Akibat dari darah terlalu kental akan memicu seseorang memiliki kolesterol yang berlebihan, dengan melakukan donor darah seacara rutin, secara tidak sadar sudah merawat tubuh kita dari resiko terkena kolesterol tinggi.

4. Otomatis Check Kesehatan Rutin

Dengan rutin melakukan donor darah, kita sebenarnya juga secara otomatis sudah memeriksakan kesehatan diri kita. Karena setiap seseorang akan mendonorkan darahnya akan di cek terlebih dahulu kandungan darahnya, dan kita bisa tahu lebih dini jika mengalami gangguan kesehatan dari cek darah tersebut.

5. Meningkatkan Produksi Darah dan Mempercepat Penyembuhan Luka

Dengan melakukan donor darah secara berkala, ternyata dapat merangsang sel-sel yang bekerja untuk menghasilkan darah baru menjadi lebih sehat. Jadi logikanya meskipun kita memberikan darah kita kepada orang lain, namun secara otomatis sudah meningkatkan produksi darah dalam tubuh kita.

Selain itu tentunya akan berimbas pada kemampuan tubuh dalam menyembuhkan luka dikarenakan mempunyai sel darah merah yang cukup.

Selain kelima manfaat diatas, donor darah juga akan membantu menurunkan berat badan karena kandungan dalam tubuh kita lebih sehat. Dari sisi lain donor darah juga bisa menjadikan diri kita memiliki jiwa sosial yang tinggi. Karena dengan melakukan donor darah secara rutin, kita juga meningkatkan kepedulian kita terhadap sesama. 

Mungkin masih banyak masyarakat awam yang belum menyadari akan hal ini, namun bagi kita yang sudah tahu, kita bisa melakukannya jika mempunyai kesempatan, kapan lagi kita bisa beramal secara gratis dengan modal pemberian Tuhan yang sangat luar biasa.

Demikian mengenai Manfaat Donor Darah Bagi Kesehatan Seseorang, Mudah-mudahan bisa menjadi informasi yang bermanfaat dan terima kasih.

Jangan lupa kunjungi : Lifetyle Blog Sakti Prayoga

Related Posts

Posting Komentar

Subscribe Our Newsletter